JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

10 Destinasi Wisata Alam yang Bisa Menginspirasi Liburanmu di Akhir Tahun Ini!

headline-image-kanan-082

Betapa bersyukurnya kamu bisa hidup di Indonesia. Kenapa demikian? Ribuan tempat wisata Indonesia yang menyuguhkan panorama alam menakjubkan terdapat di negara kita tercinta ini. Mulai dari gunung, laut, sungai, candi, budaya, dan masih banyak lagi. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesia pun kamu sudah bisa menikmati berbagai keindahan alam tersebut.

Dari berbagai jenis tempat wista alam yang ada, gunung dan laut merupakan destinasi paling favorit untuk dikunjungi. Yuk tentuin mana yang akan kamu pilih, gunung atau pantai untuk destinasi liburanmu.

 

1. Taklukkan gunung Rinjani, gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia.

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani via www.cabeoutdoorservice.com

Gunung Rinjani berlokasi di Lombok Utara Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki tinggi lebih dari 3.700 meter di atas permukaan laut.

Buat kamu yang mengaku seorang pendaki dan pecinta alam khususnya gunung, belum lengkap rasanya kalo ngga menaklukkan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini.

Daya tarik lain dari gunung Rinjani adalah panorama alam terbaik yang disuguhkan membuat siapa saja tercengang. Selain pemandangan alam yang memukau, terdapat juga berbagai macam flora yang akan dijumpai seperti pohon cemara dan bunga edelweiss.

Untuk fauna juga akan kamu jumpai di rinjani, yakni monyet usil yang sering mengambil makanan yang ada di tenda pendaki. So, patut hati-hati ya guys.

 

2. Ingat gambar danau tiga warna di uang lima ribuan keluaran lama? Gunung Kelimutu pastinya!

Gunung Kelimutu

Gunung Kelimutu via 3.bp.blogspot.com

Gunung Kelimutu, salah satu gunung berapi di Indonesia yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Terdapat danau kawah di gunung ini yang dikenal dengan nama Danau Tiga Warna.

Dinamakan Danau Tiga Warna dikarenakan memiliki warna yang berbeda pada setiap danau, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut bisa berubah seiring berjalannya waktu dan tergantung kondisi alam.

Warna alami yang terdapat di ketiga kawah tersebut pasti akan bercedak kagum bagi siapa saja yang melihatnya. Sungguh salah satu warisan alam yang luas biasa ya!

 

3. Jangan sampai kamu lewatkan menikmati keindahan sunrise dari Gunung Bromo!

Gunung Bromo

Gunung Bromo via 4.bp.blogspot.com

Gunung yang berlokasi di provinsi Jawa Timur ini seringkali menjadi salah satu destinasi yang paling banyak didatangi wisatawan. Berbagai wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Gunung Bromo terletak di empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Karena letaknya yang berada di empat kabupaten, memudahkan akses dan transportasi ke Bromo.

Sangat rugi kalau kamu belum pernah berkunjung kesini untuk menikmati keindahan sunrise dari balik gunung Bromo dan objek menarik lainnya di. Transportasi yang mudah serta keindahan alam yang tersaji, apakah masih bikin kamu ragu untuk berkunjung?

 

4. Wow! Ada Blue Fire di kawah ijen Banyuwangi.

Kawah Ijen

Kawah Ijen via 1.bp.blogspot.com

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Banyuwangi. Kawah yang terdapat di gunung Ijen ini adalah salah satu kawah paling asam terbesar di dunia.

Kawah Ijen  memiliki tingkat keasaman mendekati nol, sehingga bisa melarutkan tubuh manusia. Tidak perlu takut karena dibalik itu ternyata kawah ini menyajikan pesona keindahan yang menakjubkan.

Pesonanya yang sangat terkenal  adalah blue fire yang hanya bisa dinikmati saat malam hari. Kawah Ijen mengeluarkan warna biru yang begitu indah. Tidak akan menyesal bila kamu berkunjung ke kawah Ijen.

 

5. Yuk! Kapan Lagi Mendaki Gunung Semeru, Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa.

Gunung Semeru

Gunung Semeru via 3.bp.blogspot.com

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak tertingginya Mahameru (3.676 mdpl). Semenjak menjadi latar tempat di film 5 cm, Semeru mendadak menjadi sangat diminati para pendaki.

Salah satu spot favorit para pendaki dalam pendakian menuju puncak mahameru adalah Ranu Kumbolo. Di Ranu Kumbolo terdapat danau dengan air yang jernih serta pemandangan yang sangat indah. Di sinilah biasanya para pendaki mendirikan tenda sambil menikmati pemandangan.

 

6. Berjumpa Kadal Raksasa Pemakan Dagung di Pulau Komodo. Buktiin Keberanian Kamu?

Pulau Komodo

Pulau Komodo via www.travelplusstyle.com

Bagi kamu traveler yang ngaku cinta sama pantai, jangan sampai kamu ga kesini nih. Yap! Pulau Komodo, pulau yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Banyak keindahan yang terbentuk secara alami disuguhkan di pulau ini.

Yang paling menraik dari Pulau Komodo adalah kamu bisa melihat komodo secara langsung di alam bebas.

Di pulau ini terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup bebas. Di pulau ini juga kamu bisa mengamati saat-saat komodo berburu mangsanya secara langsung.

Dan yang terpenting, kalau kamu mau berkunjung ke Pulau Komodo harus ditemani pemandu untuk alasan keselamatan agar liburanmu aman dan menyenangkan.

 

7. Menikmati Berbagai Gugusan Pulau Yang Tersebar Di Kepulauan Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat via www.likethisadventure.com

Siapapun pasti tercengang dengan keindahan alam dari gugusan pulau yang tersebar di Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat. Keelokan alamnya sudah terkenal di seluruh dunia.

Salah satu bentuk kepopuleran Raja Ampat adalah dengan adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang berjudul “Edis Paradies 3” dimana film ini memperlihatkan keindahan bawah laut Raja Ampat.

Walaupun keindahan bawah laut dari Raja Ampat yang menjadi maskot utama, namun bagi kamu yang tidak suka dengan diving dan snorkeling tidak perlu khawatir. Ada keindahan lain yang tetap bisa dinikmati.

Dengan kamu bermain air di tepi pantai dan menikmati keindahan pantai yang airnya sangat jernih ini bakal membuat kamu ngga bosan ada di Raja Ampat. Nggak bakal nyesel deh kalau kamu pilih destinasi ini.

 

8. Keindahan Alam Taman Laut Bunaken Yang Membuat Kamu Tidak Perlu Berpikir Dua Kali Untuk Berkunjung.

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken via 3.bp.blogspot.com

Taman Laut Bunaken  merupakan destinasi wisata andalan Manado, Sulawesi Utara. Dan merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup di taman laut bunaken.

Bagi kamu yang gemar dengan wisata bawah laut, bunaken bisa menjadi salah satu referensi wajib  untuk diving dan snorkeling. Seperti pada foto di atas, kamu bisa melihat penyu dan berbagai jenis ikan laut yang cantik.

Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut dikarenakan berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste dan kepulauan Solomon.

 

9. Berwisata Ke Kepulauan Derawan Menikmati Keindahan Pantai dan Bawah Lautnya!

Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan via intaninchan.files.wordpress.com

Kepulauan Derawan merupakan sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang saat ini masuk ke wilayah Kalimantan Utara.

Di kepulauan ini salah satu objek wisata yang paling diminati adalah wisata bawah lautnya. Di Kepulauan ini terdapat empat pulau yang terkenal untuk dikunjungi yaitu Pulau Maratua, Sangalaki, Kakaban, dan Derawan sendiri.

Di Derawan kamu juga bisa menginap di resort banyak menawarkan fasilitas untuk menikmati keindahan laut di Derawan.

 

10. Berkunjung Ke Negeri Laskar Pelangi Di Pulau Belitung Yuk!

Pulau Belitung

Pulau Belitung via bisnistravelbelitung.files.wordpress.com

Jujur kamu pasti pernah nonton film “Laskar Pelangi” kan? Pasti kamu terpukau dengan keindahan latar tempat di film tersebut. Ya, Pulau Belitung merupakan latar tempat dalam film “Laskar Pelangi”.

Pulau Belitung  atau Belitong berlokasi di bagian timur Sumatra. Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung beribukota di Tanjung Pandan dan Belitung Timur beribukota Manggar.

Di pulau Belitung kamu bakal menikmati keindahan pantai ala “Laskar Pelangi” dan bisa menikmati juga wisata minum kopi di Manggar. Menarik kan?

Jadi, nggak perlu pusing lagi nentuin mana destinasi buat liburan kamu kali ini kan? Yuk share cerita liburan kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *