JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

10 Tempat Wisata Di Padang ini Dijamin Membuat Liburanmu Akan Semakin Berkesan!

headline-image-kanan

Banyak cerita seputar kota Padang. Mulai dari tempat wisatanya, budayanya, bahkan wisata kulinernya.

Padang merupakan ibu kota provinsi Sumatera Barat. Padang yang identik dengan simbol rumah gadang ini merupakan salah satu kota yang menjadi pilihan banyak orang ketika ingin berlibur ke pulau Sumatera. Banyak hal-hal unik yang bisa kamu temui ketika kamu berada di Padang.

Mulai dari bahasa daerah yang kental, karakter serta budaya yang berkembang di lingkungan masyarakat Padang, makanan khas Padang yang pasti kamu sudah pernah mencicipi seperti sambal yang pedas dan bumbu kuah santan di setiap masakannya, serta kamu juga bisa menikmati berbagai macam tempat wisata yang ada di Padang.

Nah, sekarang pasti kamu ingin tahu banyak tentang tempat wisata yang perlu kamu kunjungi untuk mengisi liburanmu ketika kamu berada di Padang. Ini dia 10 tempat wisata yang harus kamu kunjungi di Padang!

 

1. Air Terjun Tigo Tingkek

Air Terjun Tigo Tingkek

Air Terjun Tigo Tingkek via dyoungestdream.files.wordpress.com

Lokasi wisata yang satu ini terletak di Desa Cendikar, Padang. Lokasi wisata ini masih sangat alami dan memang belum terkenal seperti tempat wisata lainnya. Meskipun demikian, pemandangan yang disuguhkan tempat wisata ini tidak boleh dianggap remeh. Seperti namanya air terjun ini memiliki tiga tingkat.

Kamu bisa mencapai semua tingkat tergantung apakah kamu sanggup mendakinya atau tidak. Semakin tinggi tentu jalanan yang harus kamu lewati akan semakin terjal dan licin juga tentunya.

 

2. Miniatur Makkah

Miniatur Makkah

Miniatur Makkah via 3.bp.blogspot.com

Lokasi wisata lain yang tidak boleh kamu lupakan untuk dikunjungi adalah miniatur Makkah atau biasa dikenal dengan Makkah mini. Kamu akan menemukan Makkah mini ini di Lubuk Minturun. Tempat wisata ini juga menjadi lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan.

Selain bentuknya yang unik karena benar-benar menyerupai dengan bentuk aslinya, kamu juga bisa berlatih di tempat ini sebelum berangkat ke tanah suci.

 

3. Pantai Nirwana

Pantai Nirwana

Pantai Nirwana via bestwisatakarimunjawa.com

Siapa sih yang tidak menyukai wisata ke pantai? Nah, ternyata di Padang juga ada lho wisata pantai yang indah dan cocok banget untuk destinasi liburan wisata kamu.

Namanya Pantai Nirwana, pantai ini memiliki pemandangan yang bagus dan indah. Ditambah lagi memiliki lingkungan pantai yang bersih, hamparan pasir putih serta deburan ombak yang tidak terlalu besar semakin membuat pantai ini cocok untuk menjadi pilihan liburan kamu bersama keluarga ataupun kerabat.

 

4. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis

Pantai Air Manis via beritadaerah.co.id

Siapa yang pernah mendengar kisah anak durhaka Malin Kundang? Katanya karena durhaka si Malin Kundang ini dikutuk dan berubah menjadi batu.

Entah benar atau tidak mitos ini. Tapi, yang terpenting adalah kamu bisa melihat wujud batu yang menyerupai manusia yang sedang bersujud atau bersimbah layaknya seperti cerita Malin Kundang.

Kamu bisa menemukan batu ini di Pantai Air Manis. Pantai dengan hamparan pasir cokelat ini bisa kamu temui ketika kamu berada di Padang dekat dengan Pelabuhan Teluk Bayur. Selain menikmati pemandangan alamnya, tentu saja kamu bisa mengambil foto bersama dengan batu-batuan si Malin Kundang ini juga lho!

 

5. Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya via 3.bp.blogspot.com

Kamu pernah mendengar cerita kisah cinta Siti Nurbaya? Pasti pernah dong ya, karena cerita ini sangat populer bahkan saking populernya ada yang menuangkan kisah cerita ini ke dalam sebuah film.

Kisah Siti Nurbaya ini merupakan salah satu kisah percintaan romantis yang sangat populer khususnya bagi masyarakat Padang sendiri yang pertama kali diceritakan dalam bentuk buku novel. Tapi, sampai sekarang belum ada kepastian apakah ini kisah nyata atau bukan.

Meskipun demikian, kisah Siti Nurbaya tetaplah terkenal. Bahkan sampai pemerintah daerah sendiri menamakan sebuah jembatan penghubung antara Gunung Padang dengan Kota Padang sebagai Jembatan Siti Nurbaya lho.

Penasaran kan? Tentu saja kamu harus mengunjungi jembatan ini. Selain namanya yang unik, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan yang indah jika kamu berkunjung pada saat matahari terbenam. Serta kamu juga bisa melihat indahnya lereng Gunung Padang yang dipenuhi kelap-kelip lampu pemukiman.

 

6. Sitinjau Lauik

Padang Scenic Point

Padang Scenic Point via ayowisata.com

Sitinjau Lauik atau terkenal dengan sebutan Padang Scenic Point merupakan lokasi dengan panorama yang sangat indah. Lokasi Sitinjau Lauik ini terletak di jalur lintas Padang-Solok yang jika diukur ketinggiannya bisa mencapai 1000 m di atas permukaan laut. Umumnya pengunjung yang berada di lokasi ini dapat menikmati pemandangan alam yang indah nan memesona.

Jika kamu datang saat siang kamu akan menikmati indahnya kehijauan pepohonan serta birunya air laut dari kejauhan. Namun, jika kamu datang saat malam hari, maka kamu bisa menikmati keindahan terangnya kelap-kelip lampu pemukiman kota Padang dari kejauhan.

 

7. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman

Museum Adityawarman via 4.bp.blogspot.com

Kamu penyuka sejarah? Maka tidak ada salahnya mengunjungi Museum Adityawarman. Museum yang namanya diambil dari nama seorang raja besar ini merupakan museum budaya yang sangat terkenal dan sangat penting di Kota Padang. Di dalam museum ini kamu akan menemukan beberapa peninggalan benda-benda bersejarah seperti cagar budaya.

Kamu akan menemukan beberapa jenis cagar budaya di Museum Adityawarman ini contohnya cagar budaya dari Nusantara, cagar budaya dari Minangkabau dan cagar budaya dari Mentawai.

 

8. Lembah Anai

Lembah Anai

Lembah Anai via imperial-tt.com

Nah, Lembah Anai merupakan salah satu lokasi wisata yang unik. Mengapa? Karena kamu akan menemukan lembah anai berada di pinggir jalan. Kamu akan menemukannya ketika kamu akan bepergian dari Padang ke Bukittinggi ataupun sebaliknya. Lembah anai ini merupakan salah satu lokasi wisata yang terkenal, kamu bisa melihat air terjun yang langsung jatuh ke lembah dari pinggir jalan.

Tapi, kamu juga bisa kok berfoto-foto dekat dengan lembah, tidak harus melihat hanya dari pinggir jalan. Selain itu di sana kamu juga akan menemukan monyet-monyet liar yang ada di sekitar lembah.

 

9. Taman Siti Nurbaya atau Taman Gunung Padang

Taman Siti Nurbaya

Taman Siti Nurbaya via 2.bp.blogspot.com

Taman Siti Nurbaya atau yang biasanya dikenal dengan Taman Gunung Padang ini  sebetulnya bukanlah sebuah gunung, melainkan sebuah perbukitan. Perbukitan yang penuh dengan kehijauan ini akan membuat kamu semakin menikmati pemandangan di tempat ini.

Di perbukitan ini kamu akan menemukan sebuah goa yang di dalamnya ada sebuah makam dan usut punya usut makam ini adalah makam dari Siti Nurbaya. Tapi, kebenarannya belum bisa dipastikan ya dan sumber beritanya pun belum jelas.

 

10. Pulau Cubadak

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak via lh3.googleusercontent.com

Pulau Cubadak merupakan salah satu pulau di kawasan Mandeh, yang mana sudah dikelola menjadi sebuah objek wisata berskala internasional oleh investor dari Italia. Resort ini kini memiliki 13 bungalows dan satu suite dengan arsitektur alamnya yang didukung oleh beberapa sarana hiburan untuk kegiatan diving, fishing, dan snorkeling. Resort ini dilengkapi pula dengan speedboat, dermaga dan beberapa fasilitas bahari lainnya.

 

Nah, itu dia 10 destinasi yang bisa menjadi pilihan kamu ketika liburan di Kota Padang. Terlihat menyenangkan dan pastinya akan mengesankan bukan? Jadi, segera tetapkan tanggal keberangkatan liburan kamu ke Kota Padang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *