10 Tips Penting untuk Memulai Traveling Ala Backpacker!

headline-image-019

Berbicara mengenai Traveling, dewasa ini sudah banyak sekali orang yang mulai melakukan perjalanan wisata sebagai Backpacker. Sebenarnya apa sih Backpacker itu? Backpacker adalah sebuah istilah yang digunakan para traveler untuk melakukan perjalanan dengan budget yang minimalis namun bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Ada beberapa tips untuk memulai perjalanan sebagai Backpacker. Sebagai seorang traveler, apa saja ya tips untuk menjadi seorang backpacker? Let’s scroll down!

 

1. Mulailah Mencari Informasi Seputar Travel Destination yang Akan Kamu Kunjungi

Mencari Informasi Seputar Lokasi Tujuan
Mencari Informasi Seputar Lokasi Tujuan via www.foodfuntravel.rocks

Melakukan pencarian referensi tempat wisata yang akan kamu datangi adalah salah satu langkah yang harus kamu lakukan sebelum melakukan perjalanan. Sungguh tidak mungkin bukan kalau kamu akan pergi ke sebuah tempat tanpa mengerti seluk beluknya. Dan wajib kamu list ya, tempat mana saja yang akan kamu datangi.

Dengan itu akan meminimalisir kamu akan mendapatkan zonk nantinya. Karena sebagai wisatawan, kamu harus mengerti dimana lokasi yang bikin kamu penasaran, oleh-oleh atau merchandise apa saja, tempat ibadah, tempat penginapan, dan tempat makan pastinya.

 

2. Usahakan Membawa Satu Ransel agar Lebih Mudah Membawanya Nanti

Penggunaan Satu Ransel
Penggunaan Satu Ransel via www.vhi.ie

Jumlah barang dan beban yang ditanggung oleh tubuh adalah berbanding lurus. So, jika kamu ingin menjadi seorang bacpaker, sangat disarankan agar meringkas seminimalis mungkin barang bawaan kamu. Dan alangkah baiknya kalau kamu punya list barang apa saja yang kamu bawa. Hitung-hitung agar tidak ada yang tertinggal ataupun tertukar oleh travelmate atau teman kamu nantinya.

Oh iya, dan untuk lebih praktisnya, sebaiknya kamu menyiapkan sendiri tas kecil seperti tas pinggang, di situ kamu bisa menyimpan handphone, kamera, obat-obat pribadi, buku catatan, dompet, dan lainnya.

 

3. Dengan Pengeluaran Minimal Kamu Bisa Menjelajah Seluruh Travel Destination-mu

Memperhitungkan Pengeluaran Pribadi
Memperhitungkan Pengeluaran Pribadi via www.strategi5.com

Pengeluaran adalah hal terpenting bagi seorang Backpacker. Kok bisa ya? Kenapa gitu? Karena seorang Backpacker sudah seharusnya memiliki teknik mengatur keuangan dengan baik. Kerennya sih dengan prinsip ekonomi. Dengan modal sedikit-dikitnya tapi bisa menikmati hasil yang semaksimal mungkin.

Maka dari itu, sebelum maupun jika sudah di sana, kamu harus mencatat setiap detail pengeluaran untuk menghindari pengeluaran yang tak terduga. Kamu gak mau kan, kehabisan bekal di tengah liburan kamu? Oh no! Jangan sampai ya!

 

4. Buatlah Jadwal Perjalanan Kalian.

Pembuatan Jadwal Perjalanan
Pembuatan Jadwal Perjalanan via kontenesia.com

Mencari informasi, menyiapkan barang yang dibawa, mencatat pengeluaran dan sekarang saatnya kamu untuk membuat jadwal perjalanan kamu. Untuk kamu yang masih amatir sebagai seorang backpacker, kamu bisa mencari informasi paket perjalanan yang ditawarkan oleh travel agent.

Dan pembuatan jadwal ini penting sekali agar kamu bisa mencapai seluruh destination yang kamu ingin datangi. Dan bagi kaum hawa, harap ditahan ya naluri shopping-nya, karena hal ini jika tidak kamu rencanakan bisa mengubah jadwal kamu nantinya.

 

5. Keluarlah dari Zona Nyaman Kamu Selama Ini

Keluar dari Zona Nyaman
Keluar dari Zona Nyaman via game.chinanews.com

Jika ingin menjadi seorang backpacker, sudah wajib hukumnya untuk bisa keluar dari zona nyaman kamu selama ini. Siapa sih yang tidak mau menginap di hotel atau penginapan yang nyaman, belanja untuk oleh-oleh, berkuliner ria dengan ragam makanan yang belum pernah kamu nikmati sebelumnya.

Hal seperti itulah yang mungkin kamu harus tinggalkan sejenak guna menjadi seorang backpacker. Gak ada salahnya untuk mencoba bukan?

Tapi gimana sih caranya keluar dari zona nyaman tersebut? Mudah saja, contohnya kamu bisa menghemat pengeluaran transportasi dengan menggunakan angkutan umum, atau bahkan menumpang di truk yang arahnya sejalan dengan tujuan kamu. Dan kejadian seperti itu, yang mungkin nantinya jadi salah satu unforgettable moments liburan kamu.

 

6. Periksa Kondisi Alam Tempat Tujuan Kamu

Winter di Korea
Winter di Korea via c6.staticflickr.com

Karena kamu berasal dari Negara yang mempunyai dua musim, alangkah baiknya kamu mencari tahu keadaan alam tempat tujuan kamu. Jadi kamu bisa mempersiapkan pakaian hangat atau property lainnya jika tempat tujuan kamu sedang berada di musim dingin.

 

7. Traveling Bukan di Saat High Season

Traveling di saat High Season
Traveling di saat High Season via blog.airyrooms.com

Liburan adalah saatnya kamu menghilangkan kepenatan diri akibat rutinitas padat sehari-hari. Maka dari itu, penting halnya jikalau kamu berangkat berlibut ketika hari-hari biasa bukan pada waktu high season. Kamu tidak mau kan, niat berlibur tapi malah harus berpusing-pusing ria dengan lamanya antrian masuk ke tempat wisata, berdesak-desakan dengan kerumunan orang, mahalnya biaya akomodasi, dan masih banyak yang lainnya.

Dan tidak menutup kemungkinan, kalau di hari biasa banyak tempat wisata atau tempat penginapan tertentu menawarkan sejumlah promo, ya hitung-hitung bisa menekan anggaran pengeluaran kamu.

 

8. Waspada di Segala Kondisi dan Waktu

Kamu masih ingat akan kata si Bang Napi? Bahwa “Kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat si pelaku, namun karena ada kesempatan”. Berdasarkan dari kutipan itu, kamu bisa mengambil pelajaran jika sedang berlibur kemana pun, haruslah tetap waspada.

Sebaiknya pisahkan id penting kamu seperti KTP, paspor, SIM, dan lainnya di tas kecil terpisah agar sekiranya tas atau dompet kamu hilang, kamu masih punya kartu identitasmu.

 

9. Uang Kecil atau Receh Sebaiknya Disimpan di Tempat yang Mudah Kamu Raih

Money in pocket
Money in pocket via cmsuploads.mybudget.com.au.s3.amazonaws.com

Ternyata mempersiapkan uang kecil di kantung celana itu penting. Jadi jika kamu ingin membeli minum, cemilan, membayar biaya angkutan umum atau lainnya tidak perlu repot-repot membongkar dompet atau tas kecilmu. Safety travelling ya! Dan sedikit saran buat solo traveller, usahakan jangan perlihatkan kalau kamu sedang bepergian sendiri ya!

 

10. Persiapkan Fisik Kamu Sebelum Memulai Perjalanan

Backpacker
Backpacker via www.vtic.com.au

Setelah semuanya siap, kembali ke diri kamu lagi traveller. Perhatikan benar kondisi fisik kamu sebelum berangkat. Dan pertimbangkan betul dengan kondisi tempat yang akan kamu kunjungi.

Kamu tidak mau bukan jika niatnya untuk menyegarkan kembali pikiran tapi malah berujung sakit di sana. So, siapkan seperangkat obat-obatan atau peralatan medis khusus untuk kamu yang mempunyai penyakit yang mudah kambuh. Prepare for the worst ya!

Mulailah mencari Negara tujuan atau tempat wisata ya backpacker mania! Mumpung selagi masih muda dan jiwa berpetualang kamu masih membara, tidak ada salahnya jika kamu menjelajah belahan dunia bagian lain atau mengulik tempat wisata dari dalam negeri kamu sendiri.

Banyak hal yang akan kamu dapat dari menjadi seorang backpacker. Sepeti banyak kenalan, banyak pengalaman, banyak moment yang menggelitik, dan pastinya banyak cerita yang akan menghiasi hidupmu nantinya. So, have you ready to be a backpacker? Get your amazing life story!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *