10 Tips Sederhana Ini, Pasti Menjadikan Travelingmu Lebih Menyenangkan!

headline-image-018

Bagi sebagian orang yang memiliki jadwal padat, terutama yang tinggal di kota-kota besar, traveling adalah hal yang paling menyenangkan sekaligus ditunggu-tunggu. Traveling membuat kita bisa keluar dari berbagai macam deadline dan kepenatan aktivitas kantor. Traveling juga dapat menghilangkan stres, bersantai-santai sejenak menikmati waktu bersama teman ataupun keluarga. Apalagi jika tinggal di kota yang macet, traveling menjadi agenda yang sangat tepat untuk dilakukan.

Namun terkadang ada hal yang membuat traveling menjadi kurang menyenangkan. Hal ini bisa terjadi dari berbagai macam faktor. Misalnya biaya perjalanan yang lebih mahal dari biasanya, tidak mendapatkan tempat-tempat yang menyenangkan, tidak mendapatkan tiket pada tanggal yang telah direncakan, serta tidak mendapatkan tempat menginap yang sesuai.

Apalagi jika traveling yang sudah dinanti-nantikan dari jauh-jauh hari menjadi batal akibat penolakan cuti, tentulah apa yang kita rencanakan menjadi sia-sia. Kurangnya persiapan yang matang dapat membuat travelingmu menjadi kacau. Nah, bagi kamu yang ingin menghindari hal-hal tersebut, tidak ada salah mengikuti 10 tips dan trik di bawah ini:

 

1. Rencanakan Traveling Dari Jauh-Jauh Hari

Merencanakan Perjalanan
Merencanakan Perjalanan via thetravelearn.com

Merencanakan traveling dari jauh-jauh hari dapat membuatmu terhindar dari berbagai macam persoalan. Seperti permasalahan cuti. Usahakanlah untuk mengajukan cuti dari jauh-jauh hari, setidaknya dapat membuatmu terhindar dari kesamaan jadwal cuti. Bayangkan saja, jika segala sesuatunya telah dipersiapkan dengan matang, tiba-tiba travelingmu batal, hal ini tentulah akan membuat jengkel.

Tidak hanya itu merencanakan travel jauh-jauh hari juga dapat membuatmu terhindar dari mahalnya biaya perjalanan, seperti harga tiket pesawat, harga hotel yang membludak, selain itu kamu juga bisa memastikan ketersediaan tiket perjalanan, agar kamu bisa memastikan keberangkatanmu tidak tertunda.

 

2. Buatlah Catatan

Membuat Catatan
Membuat Catatan via duniatraveling.com

Membuat catatan dapat membuatmu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Setidaknya kamu bisa mengingat barang apa saja yang akan kamu bawa, misalnya barang-barang yang dapat mendukung kenyamanan perjalananmu. Seperti tiket pesawat, charger hp, kamera, dll.

Sepertinya memang tampak sederhana, tetapi bayangkan jika kamu lupa membawa charger handphone, tentu komunikasimu menjadi terhambat dan membuat segala rencanamu menjadi terganggu, oleh karena itu, sebisa mungkin buatlah catatan kecil mengenai persiapan travelingmu.

 

3. Sempatkan Diri Untuk Mencari Tahu Daerah Yang Akan Kamu Kunjungi

Mencari Tahu Tujuan Perjalanan
Mencari Tahu Tujuan Perjalanan via gadling.com

Dengan melakukan cara ini kamu bisa mengetahui sedikit informasi mengenai daerah yang akan kamu kunjungi. Kamu bisa memastikan apakah tempat yang ingin kamu kunjungi itu sesuai dengan keinginanmu atau tidak. Selain itu kamu juga bisa mencari tahu mengenai biaya perjalanan yang meliputi tiket pesawat, biaya penginapan, biaya akomodasi, dll.

Untuk kamu yang gemar mengabadikan gambar, kamu bisa mengetahui objek-objek mana saja yang wajib kamu kunjungi, yang bisa kamu gunakan untuk ber-selfie atau memotret keindahan tempat tersebut. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memburu kuliner-kuliner daerah setempat yang direkomedasikan oleh para blogger.

 

4. Obat-Obatan

Mempersiapkan Obat-Obatan
Mempersiapkan Obat-Obatan via vemale.com

Jika kamu memiliki penyakit yang membutuhkan penanganan khusus, tak ada salahnya jika kamu membawa persediaan obatmu, pastikan bahwa obatmu telah tersedia, seperti asma, gula darah, dll. Bayangkan jika kamu lupa membawa obat, tentu kamu merasa cemas harus mencari obat tersebut yang belum pasti tersedia di daerah yang akan kamu kunjungi.

 

5. Jaga Kesehatan

Menghirup Udara Segar
Menghirup Udara Segar via yukpiknik.com

Pastikan kesehatanmu selalu terjaga, perjalanan yang jauh biasanya akan membuatmu lelah. Stamina yang fit akan membuatmu menikmati perjalanan, bayangkan saja jika kesehatanmu terganggu di saat kamu sedang melakukan traveling, tentu saja kamu tidak bisa sepenuhnya menikmati keindahan tempat yang sedang kamu kunjungi. Oleh karena itu jangan lupa mengonsumsi vitamin yang akan menjaga stamina tubuhmu.

 

6. Sunscreen

Traveling di Pantai
Traveling di Pantai via liburmulu.com

Bagi kamu yang berencana melakukan traveling di alam atau di pantai, sunscreen dapat melindungi kulitmu dari sengatan terik matahari yang menyebabkan kulitmu terbakar bahkan iritasi, oleh karena itu sediakan sunscreen, agar kamu bisa terhindar dari iritasi kulit.

Hal ini juga dapat menghindari ketidaknyamananmu akibat perbedaan warna kulit setelah melakukan traveling, terutama bagi kamu yang akan melakukan pejalanan ke pantai, usahakan tidak lupa menggunakan sunscreen.

 

7. Carilah Hotel atau Penginapan Yang Sesuai

Mencari Penginapan
Mencari Penginapan via huffingtonpost.com

Jika kamu seorang traveler dengan tingkat ekonomi yang pas-pasan, usahakan mencari tempat penginapan yang sesuai dengan isi dompetmu, setidaknya kamu bisa mengalokasikan anggaran tersebut untuk pengeluaran yang lebih mendesak. Kecuali jika kamu memang sudah menganggarkan biaya perjalananmu, tak ada salahnya kamu mencoba tipe-tipe hotel dengan arsitektur yang didesain dengan budaya setempat.

Menginap di hotel yang kental dengan budaya daerah yang akan kamu kunjungi pastinya akan membuat travelingmu menjadi sangat mengasyikan. Selain itu kamu juga bisa mencari hotel-hotel dengan view yang langsung terhubung dengan objek wisata setempat, misalnya langsung dapat melihat laut, gunung, pantai, dll.

 

8. Buatlah Ringkasan Singkat Perjalananmu

Membuat Cerita Perjalanan
Membuat Cerita Perjalanan via happytravels-puravida.com

Banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika membuat ringkasan singkat mengenai perjalananmu. Setidaknya kamu bisa berbagi informasi kepada traveler berikutnya yang akan mengunjungi tempat yang telah kamu tuju. Jangan lupa memposting tulisanmu di blog pribadi, dengan cara ini informasi yang kamu sampailam dapat terbaca oleh semua orang.

Selain itu, ringkasan singkat juga dapat membantumu mengingat kembali nama-nama tempat yang pernah kamu kunjungi, sehingga kamu dapat mengenang kembali perjalananmu yang penuh dengan pengalaman menarik.

 

9. Posting Setiap Aktivitasmu

Mengabadikan Wisata
Mengabadikan Wisata via joebaldwinakavizlable.wordpress.com

Jangan lupa memposting setiap detail perjalananmu di media social seperti facebook dan instagram, setidaknya kamu dapat berbagi cerita kepada teman-teman yang ingin melihat daerah wisata yang sedang kamu kunjungi. Sertakan juga hashtag nama tempat yang kamu tuju, agar orang-orang menjadi mudah mencari postinganmu.

Selain itu kamu juga dapat membantu mempromosikan daerah yang sedang kamu kunjungi, mana tahu hasil postinganmu akan membuat banyak lagi orang yang akan melakukan traveling ke daerah tersebut, secara tidak langsung kamu dapat membantu perekonomian daerah tersebut.

 

10. Beburu Kuliner Khas Daerah Yang Kamu Kunjungi

Berburu Kuliner
Berburu Kuliner via yusufmewah.blogspot.com

Jangan lupa untuk mengunjungi kuliner khas daerah yang sedang kamu tuju, setidaknya kamu bisa merasakan racikan masakkan khas daerah tersebut, yang mungkin tak akan kamu dapatkan di daerah asalmu. dengan begitu kamu bisa membagi pengalaman kepada teman-temanmu yang juga memiliki hobi kuliner. Kamu bisa merekomendasikan makanan mana saja yang wajib untuk dicicipi.

Itulah tips wisata yang bisa kami sampaikan agar travelingmu menjadi lebih menyenangkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *