JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

11 Pantai Eksotis Ini, Hidden Paradise di Gunungkidul, Jogja!

headline-image-028

Kamu hobi traveling tapi bosen naik gunung terus? Kalau gitu kamu wajib mengunjungi 11 pantai tempat wisata yang belum terekspose di Gunungkidul ini. Selain tempatnya yang masih sepi, kamu juga bisa menyaksikan sunset yang keren banget!

Di Kabupaten Gunungkidul, terdapat banyak sekali pantai yang menawan dan cocok untuk kamu yang hobi traveling dan camping. Dari semua pantai yang sudah populer, ada banyak pantai yang masih tersembunyi dan pastinya belum kamu tau. Penasaran kan? Yuk, bahas satu persatu!

 

1. Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput

Pantai Ngrumput via 1.bp.blogspot.com

Pantai ini terletak bersebelahan dengan Pantai Drini, hanya dipisahkan oleh bukit. Kamu bisa mencapainya dengan berjalan kaki melewati bukit ini kurang lebih 15 menit saja. Lokasinya yang cukup tersembunyi, sepi dan areanya yang tidak terlalu luas menjadikan pantai ini cocok untuk camping.

Bersebelahan dengan pantai ini kamu bisa menyaksikan sunset yang oke banget dari atas bukit yang oleh warga dinamakan Bukit Kosakora. Bukit ini juga bisa digunakan untuk camping hanya saja kamu harus melakukan pendakian yang lumayan melelahkan untuk ke atas bukit ini. Tapi dijamin kamu bakal ketagihan deh, dan pingin balik lagi buat nikmatin sunset dari atas bukit ini.

 

2. Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu via jogjaempatroda.com

Seperti pantai-pantai yang sudah diuraikan di atas, pantai ini juga masih asri dan sepi. Pantai ini terletak di Desa Nglaos, Dusun Wiroso, desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Untuk mencapai tempat ini, kamu cukup mengikuti arah jalur menuju pantai Kesirat, karena pantai ini terletak di sisi timur Pantai Kesirat.

Pantai ini terbilang cukup kecil, lebarnya sekitar 20-25 meter saja dengan bukit karang tinggi di kedua sisinya. Di pantai ini terdapat banyak bongkahan batu besar yang bisa menjadi tempat untuk kamu selfie keren. Di bukit sebelah kanan terdapat cekungan karang yang cukup besar seperti membentuk goa, nah cekungan itu bisa kamu gunakan kalau mendadak hujan atau berteduh dari teriknya matahari lho!

3. Pantai Lolang

Pantai Lolang

Pantai Lolang via 4.bp.blogspot.com

Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Pantai ini bersebelahan dengan Pantai Sepanjang dan Pantai Kukup, dan bisa menjadi pilihan travelingmu. Jalur menuju pantai ini cukup mudah, hanya perlu mengikuti arah menuju Pantai Sepanjang.

Pantai ini tidak terlalu luas, hanya mempunyai lebar sekitar 20-25 meter. Dan di sini juga terdapat pohon Duras, yang menjadi maskotnya Pantai Pok Tunggal. Untuk para jomblo yang galau terus, di sini kamu dapat menenangkan diri sepuasnya karena suasana yang masih sepi dan tenang.

 

4. Pantai Greweng

Pantai Greweng

Pantai Greweng via 1.bp.blogspot.com

Pantai ini terletak di Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, tepatnya di sisi timur Pantai Wediombo. Pantai ini sangat bagus untuk kamu yang hobi traveling atau camping. Selain belum banyak dikunjungi orang, pantai ini juga tenang dan jauh dari keramaian.

Untuk sampai ke pantai ini, kamu harus berjalan kaki melewati jalan setapak dan ladang penduduk selama kurang lebih 1 jam. Selama perjalanan, kamu akan disuguhi suasana yang masih sangat asri. Kamu juga akan melewati perbukitan yang dari celahnya terlihat birunya air laut Pantai Greweng.

Di pantai ini kamu dapat melihat 2 mata air, dimana sumber yang berada di utara bisa langsung diminum dan sumber yang berada di selatan yang tidak bisa diminum karena digunakan untuk keperluan mandi para wisatawan.

 

5. Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat via klxadventure.com

Pantai ini terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunungkidul. Pantai ini terbilang cukup unik, karena merupakan satu-satunya pantai yang tak berpasir. Mau tahu kenapa? Karena tepi pantai ini merupakan tebing-tebing yang langsung berhadapan dengan laut.

Hal istimewa yang dapat kamu lakukan di sini adalah camping sambil menikmati sunset, dan memancing di dekat pohon abadi. Di sini kamu dapat melihat sunset yang eksotis tanpa terhalang pohon atau bangunan apapun. Kamu juga bisa rock fishing di sini, karena konon, Pantai Kesirat merupakan salah satu tempat terbaik untuk hal tersebut.

 

6. Pantai Ngrawah

Pantai Ngrawah

Pantai Ngrawah via jogjalan.com

Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Saptosari, Gunungkidul,Yogyakarta. Untuk dapat sampai ke pantai ini, kamu harus berjalan kaki dari Pantai Ngrenehan, karena belum ada akses jalan yang bisa dilalui oleh kendaraan bermotor. Waktu yang dibutuhkan kira-kira 30 menit berjalan kaki.

Seperti di pantai Greweng, pantai ini juga masih sepi, bersih dan jauh dari keramaian. Di sini juga terdapat sumber air tawar yang dapat kamu gunakan untuk air minum dan mandi, jadi tak perlu takut kehabisan stok air, traveler!

 

7. Pantai Butuh

Pantai Butuh

Pantai Butuh via 1.bp.blogspot.com

Secara geografis pantai ini terletak di Desa Krambilsawit, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini berdekatan dengan pantai Ngeden dan Nglimun. Kamu dapat membawa kendaraan pribadi untuk sampai ketempat ini, namun perlu kewaspadaan yang cukup tinggi karena medan yang cukup ekstrim.

Dengan pemandangan alam yang keren abis, rasanya perjalanan kamu ga bakal sia-sia deh. Bagi kamu yang doyan fotografi, pantai ini akan menjadi tempat hunting foto yang tepat. Pastinya siapkan cadangan untuk baterai ya.

Pantai ini masih terbilang minim fasilitas. Tapi tenang saja. Kamu bisa bersenang-senang di Pantai ini. Kamu bisa ketempat ini sama teman-temanmu sambil bawa gitar dan bola sepak. Dijamin ga bakal bosen deh!

 

8. Pantai Ngunggah

Pantai Ngunggah

Pantai Ngunggah via jarwadi.files.wordpress.com

Pantai ini terletak di Desa Giriwungu, Kecamatan panggang, Kabupaten Gunungkidul. Medan menuju pantai ini terbilang cukup sulit. Tapi kalau kamu sudah sampai di sini, dijamin ga bakal nyesel!

Mungkin beberapa dari kamu bertanya-tanya, apa sih yang membuat pantai ini wajib dikunjungi? Nah, jawabannya adalah di Pantai Ngunggah ini, terdapat banyak sekali tebing. Dan di dekat salah satu tebing yang mengelilingi pantai ini terdapat sebuah mata air yang bernama mata air Watutumpeng.

Warga sekitar memanfaatkan sumber mata air ini untuk kebutuhan air tawar sehari-hari seperti memasak, mandi, dan mencuci. Selain itu, di pantai ini terdapat banyak warga yang mencari rumput laut. Kalau kamu tertarik, kamu bisa ikut mencari rumput laut juga lho!

 

9. Pantai Widodaren

Pantai Widodaren

Pantai Widodaren via 3.bp.blogspot.com

Pantai ini terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Pantai ini terbilang masih sepi dan minim fasilitas publik. Untuk sampai ke pantai ini, kamu harus berjalan kaki sekitar 2 Km atau kurang lebih 40 menit dari pantai Ngrenehan karena akses untuk kendaraan bermotor belum ada.

Kenapa bisa disebut widodaren? Jawabannya adalah karena di pantai ini terdapat butiran kristal pasir kecil yang putih yang membuat pantai ini terlihat sangat menawan, sehingga dinamakan Pantai Widodaren atau Bidadari. Kamu bisa berjalan-jalan santai, dan relaksasi pikiran di sini.

 

10. Pantai Ngitun

Pantai Ngitun

Pantai Ngitun via 2.bp.blogspot.com

Pantai ini terletak di Desa Sureng, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai pantai ini kamu harus melewati medan berbatu yang cukup sulit. Panjang pantai ini sekitar 75 meteran, dengan dua bukit di kedua sisinya yang dapat kamu daki.

Di pantai yang belum terjamah orang banyak ini, kamu bisa menikmati sunset yang keren abis dari bukit melewati jalur kanan, yang dinamai warga sebagai bukit Watu Gentong. Di jalur sebelah kiri kamu akan menemukan sebuah pohon besar dengan satu makam di bawahnya yang belum diketahui makam siapa.

 

11. Pantai Timang

Pantai Timang

Pantai Timang via www.wisata.gunungkidulkab.go.id

Sudah bukan rahasia lagi kalau di Kabupaten Gunung Kidul terdapat banyak pantai yang indah, salah satunya adalah Pantai Timang yang terletak 35 kilometer di selatan Wonosari. Pemandangan ombak yang menghantam tebing dan batu karang di sini sungguh menakjubkan.

Pengunjung dapat menguji nyali mereka dengan menyeberang ke Pulau Watu Panjang menggunakan ‘kereta gantung’ sederhana yang terbuat dari kayu. Dan bukannya, meluncur di kabel berbahan baja, yang menahan ‘kereta gantung’ ini adalah tali tambang biasa!

Nah, itu tadi 11 pantai eksotis di Gunungkidul yang wajib kamu kunjungi saat traveling. Gimana? Keren kan? Siap-siap aja habis ini kamu langsung nyari peralatan travelingmu dan meluncur kesana. Enjoy your adventure, traveler!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *