JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

12 Festival Tahunan Terunik di Dunia Ini Sayang Banget Kamu Lewatkan Saat Berkunjung ke Negaranya!

headline-image-kanan-065

Festival merupakan perayaan khusus yang diadakan sekali setahun. Festival diadakan untuk memperingati berbagai peristiwa seperti penghormatan, perayaan keagamaan, perayaan panen, menyambut awal musim, peristiwa bersejarah, atau menyambut kemerdekaan dan lain sebagainya.

Umumnya festival menggambarkan suasana gembira, namun ada juga yang menggambarkan suasana duka. Setiap Negara di dunia memiliki festivalnya masing-masing. Festival tersebut ada yang menggembirakan, menyedihkan, menyeramkan dan aneh.

Sambil menyelam minum air, sambil keliling tempat wisata dunia namun bisa sekaligus menikmati uniknya festival tahunan dari berbagai belahan dunia kenapa nggak? Yuk cek dimari kapan saatnya festival-festival tersebut diadakan!

 

Harbin International Ice and Snow Festival, China

Festival Salju dan Es

Festival Salju dan Es via www.fest300.com

Dilaksanakan pada 5 Januari hingga 5 Februari setiap tahunnya, festival ini merupakan festival salju terbesar di dunia. Di sini terdapat berbagai macam bentuk bangunan dan patung yang semuanya terbuat dari balok es. Pada malam hari, balok-balok es tersebut akan bercahaya karena disinari lampu. Para pengunjung yang datang bisa bermain salju dan ice skating.

 

Holi, India

Holi

Holi via www.superiorcelebrations.com

Holi merupakan festival keagamaan bagi penganut agama Hindu. Negara yang emrayakan adalah Negara pemeluk agama hindu terbesar yaitu salah satunya India. Holi juga dikenal sebagai festival warna-warni, karena dalam festival ini masyarakat India melakukan aksi saling lempar tepung warna warni.

Festival ini bertujuan untuk menyambut datangnya musim semi di India. Namun ada beberapa tempat di Indonesia, juga mengadakan perayaan Holi lho! Let’s try, traveler!

 

Cascamorras, Baza, Spanyol

Cascamorras

Cascamorras via d.ibtimes.co.uk

Setiap tanggal 6 September ada festival unik yang dilakukan di Baza, Spanyol. Festival tersebut adalah “mandi” minyak hitam. Festival ini dilakukan untuk memperingati dua kota Baza dan Guadix yang berjuang memperebutkan patung Vingen de la Piedad. Setiap 6 September penduduk Guadix atau Cascamorras berjalan tiga kilometer ke Baza untuk merebut patung tersebut.

Lalu warga Baza akan mengusir mereka menggunakan minyak hitam. Festival ini begitu popular di dunia, banyak wisatawan asing datang ke Spanyol untuk ikut merayakan festival tersebut tiap tahunnya.

 

Carnevale, Venice, Italia

Carnevale

Carnevale via www.fest300.com

Carnevale atau Carnival merupakan salah satu festival yang menjadi tradisi di Venice, Italia setiap tahunnya sekitar tanggal 14 Februari hingga 4 Maret. Dalam festival ini seluruh manusia dari berbagai belahan dunia datang dan berkumpul di Venice dengan menggunakan kostum dan berbagai macam topeng sembari menari dan bermain musik, berkeliling Venice.

 

Up Helly Aa, Lerwick, Skotlandia

Up Helly Aa

Up Helly Aa via cdn.roughguides.com

Festival api ini dirayakan setiap malam hingga pagi pada akhir bulan Januari oleh masyarakat Shetland di Skotlandia. Festival ini merupakan festival api terbesar di daratan Eropa. Lebih dari seribu obor akan dinyalakan dan di bawa berkeliling kota Lerwick di Shetland.

Tujuan dari festival ini adalah untuk menghormati nenek moyang dan sejarah Shetland. Dalam perayaan ini masyarakat Shetland membawa perahu ala Viking dan berpakaian ala Viking sembari membawa obor berkeliling kota. Awesome!

 

Mardi Gras, New Orleans

Mardi Gras

Mardi Gras via cdn.everfest.com

Festival Mardi Gras biasa dirayakan sebelum hari Rabu abu, menjelang Paskah. Festival ini merupakan festival terbesar di New Orleans. Pada festival ini seluruh akses jalan di kota ini ditutup, para peserta Mardi Gras berpesta mengelilingi kota dengan menggunakan kostum dan mobil hias. Tujuan festival ini adalah untuk menyambut paskah dan datangnya musim semi.

 

Oktoberfest, Munich, Jerman

Oktoberfest

Oktoberfest via cbsla.files.wordpress.com

Setiap akhir minggu bulan September di Munich, Jerman selalu diadakan sebuah festival yang dinamakan Oktoberfest. Festival ini identic dengan sajian bir dalam jumlah besar dan makanan tradisional Jerman. Dalam Oktoberfest, orang-orang berpesta dan menari sembari minum bir.

 

La Tomatina, Spanyol

La Tomatina

La Tomatina via nebula.wsimg.com

Warga Spanyol di festival ini akan saling melempar tomat untuk merayakanya. Tomat-tomat akan bertebangan pada festival ini, jalan – jalan dan gedung pun dipenuhi dengan tomat. Festival ini sudah terkenal di dunia dan berhasil menarik perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Negara ini. Wanna try?

 

Festival Balon Udara, Alburqueque

Festival Balon Udara

Festival Balon Udara via ramblingcrowells.files.wordpress.com

Festival ini merupakan festival balon Udara terbesar di dunia. Di sini kamu bisa melihat berbagai macam model balon udara diterbangkan. Festival ini selalu menarik dan diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai belahan dunia.

 

Pamplona, Spanyol

Pamplona

Pamplona via gotravelaz.com

Kalau traveler ingin meraskan adrenalinmu ditantang, maka kamu harus datang ke festival yang satu ini. Pamplona adalah festival dimana kamu akan berlari untuk menghindari banteng.

Kamu harus memastikan kalau kamu bisa berlari secepat mungkin untuk menghindari banteng yang mengejarmu. Pamplona merupakan festival yang paling menegangkan untuk pesertanya maupun penontonnya. Festival ini biasanya diadakan setiap bulan July dari tanggal 6 sampai 14 July.

 

Festival Lumpur, Boryeong, Korea Selatan

Festival Lumpul

Festival Lumpul via 2.bp.blogspot.com

Kalau traveler ingin liburan di Korea Selatan pada musim panas, maka jangan lewatkan festival yang satu ini. Setiap musim panas di Boryeong selalu diadakan festival lumpur.

Festival ini diadakan di sepanjang pinggir pantai Daecheon, dalam festival ini kamu akan merasakan keseruan bermain lumpur yang sangat menyenangkan. Para peserta dari berbagai belahan dunia ikut merayakan festival ini, kamu bisa bermain lumpur dengan cara yang tak biasa.

Akan ada beberapa wahana seperti seluncuran maupun outbond yang disiapkan oleh panitia dalam festival ini. Setelah bermain dengan lumpur kamu bisa membersihkan dirimu langsung di laut lepas Daecheon. Can’t wait to join!

 

Festival Air, Songkran, Thailand

Festival Air

Festival Air via story.tourders.com

Setiap bulan april di Chiang Mai, Thailand selalu diadakan festival unik yaitu festival air. Orang – orang akan saling menyiapkan pistol air atau seember air untuk saling ditembak dan dilemparkan kepada siapapun yang lewat. Festival ini sebagai pertanda masuknya musim panas di Thailand.

Nah, itulah tadi beberapa festival unik dari berbagai Negara. Jadi, traveler tertarik mengikuti festival yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *