JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

16 Tempat Eksotis di Bumi Papua Ini Akan Membuat Hidupmu Serasa Berada di Surga!

headline-image-020

Pulau Papua merupakan pulau terbesar kedua di Indonesia dan berada di paling ujung timur Indonesia. Di dalamnya tersimpan potensi sumber daya alam yang luar biasa seperti adanya Freeport tambang emas terbesar di dunia. Tapi tahukah kamu bahwa bumi Papua juga menyimpan tambang keindahan alam yang akan membuatmu takjub jika mengunjunginya.

 

1. Mulai dengan menghirup udara sejuk di Lembah Baliem

Lembah Baliem

Lembah Baliem via travellingnusantaraku.com

Lembah Baliem terletak disekitar pegunungan Jayawijaya yang ketinggiannya mencapai 1600 meter di atas permukaan air laut. Jika berwisata di Lembah Baliem, maka kamu akan dapat menyaksikan keindahan alam sekaligus berinteraksi langsung dengan keunikan tradisi dari suku Dani dan suku – suku yang ada di sekitar Lembah Baliem.

Pada bulan Agustus, masyarakat selalu menggelar festival Lembah Baliem yang berkisah tentang peperangan antar suku dan suhu di Lembah Baliem sangatlah sejuk.

 

2. Hidup hanya sekali setidaknya sempatkanlah untuk mendaki dan merasakan salju abadi di Puncak Jayawijaya

Gunung Jaya Wijaya

Gunung Jaya Wijaya via indonesia.travel

Gunung Jayawijaya merupakan satu – satunya gunung di Indonesia yang memiliki salju abadi di puncaknya. Tak hanya salju abadi, gunung tertinggi di Indonesia ini juga memiliki pesona keindahan alam yang luar biasa yang dapat dinikmati bagi siapa saja yang melihatnya. Bahkan pesonanya itu mengundang banyak pendaki tertantang untuk menaklukan dan menikmati keindahannya.

3. Mengagumi ciptaan Tuhan sambil memancing di Danau Sentani

Danau Sentani

Danau Sentani via sentaniarts.files.wordpress.com

Danau Sentani terletak di antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. Di sana kamu dapat menjelajahi 21 pulau yang terdapat di Danau Sentani dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh warga setempat. Bersantai sambil memancing di Danau Sentani sambil menikmati keindahan alamnya merupakan kenikmatan yang tiada tara. Biasanya setiap pertengahan bulan Juni juga diadakan festival Danau Sentani yang pastinya akan menambah nilai plus dari keindahan danau ini.

 

4. Rencanakan untuk mengenal biota laut terlengkap di dunia dengan diving di Raja Ampat

Raja Ampat

Raja Ampat via dtrip.us

Siapa yang tidak mengenal Raja Ampat? Tempat wisata Indonesia yang satu ini menyimpan sejuta pesona di bumi Papua. Destinasi wisata ini sudah sangat terkenal dengan keindahan bawah lautnya, bahkan dapat predikat pertama di dunia untuk kelengkapan biota laut yang jumlahnya sangat beragam.

Tak hanya itu, Raja Ampat yang terdiri dari beberapa gugusan pulau dapat memberikan pesona tersendiri yang memanjakan mata jika memandangnya. Dan wow! Seoalah – olah seperti surga jatuh ke Bumi!

5. Menenangkan diri dengan melihat jernihnya air dan tenangnya ombak Pantai Waiwo

Panta Waiwo

Panta Waiwo via wndtrip.com

Pantai Waiwo merupakan pantai yang terletak di Raja Ampat tepatnya di dermaga Waigeo, Pulau Waigeo. Pantainya memiliki pasir putih dan airnya yang begitu jernih. Dan karena begitu jernihnya, kamu sampai dapat melihat ikan yang berenang bebas.

Ombaknya pun juga tidak terlalu besar, jadi cukup aman jika kamu ingin berenang di sana. Di Pantai Waiwo juga terdapat dua buah dermaga, yakni Dermaga Kayu dan Dermaga Apung. Dermaga Kayu bisa menjadi tempat memancing dan Dermaga Apung dimana kamu bisa memberi makan ikan – ikan di sana,

 

6. Sudah tak di ragukan lagi keindahan Pantai Cemara

Pantai Cemara

Pantai Cemara via piknikdong.com

Siapa yang tidak suka menikmati keindahan pantai pasir putih? Yup! Pantai Cemara yang berdekatan dengan Pantai Waiwo bisa kamu jadikan tujuan destinasi kamu selanjutnya. Cukup 30 menit dari ibukota Raja Ampat, Waisai kamu bisa mencapainya. Apa sih kelebihan dari pantai ini? Sesuai dengan namanya, pantai ini menawarkan pemandangan pohon – pohon cemara laut di sekitar pantainya.

Jadi pastinya sudah terbayang bukan akan indahnya pasir putih dengan diiringi semilirnya hembusan angin pantai yang melewati relung daun pohon cemara laut? Benar-benar tidak bisa dilewatkan!

 

7. Menikmati indahnya Pantai Yeben di pulau tak berpenghuni

Pantai Yeben

Pantai Yeben via us.images.detik.com

Pantai Yeben terletak di pulau Yeben, Raja Ampat. Butuh sekitar 1,5 jam dari Pantai Cemara, dengan menyebrang ke Pulau Yeben dimana merupakan pulau kecil yang tak berpenghuni. Pantai Yeben memiliki air laut yang sangat jernih. Di sini kamu bisa menikmati indahnya gradasi warna mulai dari biru muda, hijau toska, hingga biru tua, pasirnya pun putih dan sangat halus.

Airnya yang tenang cocok untuk kamu yang hobi snorkeling. Jangan lupa mengabadikan biota laut dan terumbu karangnya yang terkenal dengan keindahannya ya!

 

8. Mengenal tradisi Bameti di Pantai Arborek

Pantai Arborek

Pantai Arborek via innasky.com

Bameti? Mungkin Tidak semua orang tahu akan tradisi ini. Bameti adalah sebuah kegiatan yang biasanya dilakukan oleh penduduk setempat untuk menyusuri pantai guna mengumpulkan sumber daya laut yang benar-benar kaya akan sumber protein hewani. Dan biasanya mereka bersembunyi di balik terumbu karang.

Di Pantai Arborek ini biasanya dilakukan tradisi ini. Pantai ini masih berada di kawasan Raja Ampat. Jarakanya sekitar 1 jam dari Waisai ibukota Raja Ampat. Pantai ini memiliki pasir putih yang menyelimuti seluruh pulau bahkan hingga rumah – rumah warga pun ikut beralaskan pasir putih.

Selain pasir putihnya, kamu juga dapat menikmati keindahan lautnya dengan snorkeling ataupun diving. So, siapkan peralatan menyelam sebelum kesana ya!

 

9. Jika ke Manokwari, sempatkanlah menyapa burung rusa di Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon

Pulau Rumberpon via mostvacationindonesia.blogspot.co.id

Butuh waktu kurang lebih 5 jam perjalanan dari Manokwari untuk mencapai Pulau Rumberpon dengan menggunakan kapal. Cukup lama juga, tapi jangan takut, karena lamanya perjalananan kamu akan terbayarkan ketika kamu tiba dan disambut dengan jajaran pohon bakau yang mempesona dan padang alang – alang di sepanjang pantai.

Dan tak lupa juga, kamu akan menemukan kumpulan burung rusa yang pastinya akan menambah cerita unik di moment travelingmu.

10. Berpetualang makin mengasyikan di Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih

Taman Nasional Teluk Cendrawasih via huwisa.com

Taman Nasional Teluk Cendrawasih terletak di bumi Papua Barat. Di sini kamu bisa menemukan banyak spesies biota laut termasuk biota yang sudah langka. Amazing!

Taman Nasional ini adalah yang terluas di Indonesia ini dimana 89 persennya adalah perairan. Jangan heran kalau kamu di sana menemukan pantai yang luas dimana terkandung sejuta koleksi biota laut di dalamnya. So, di samping kamu berpetualang, kamu bisa belajar tentang satwa air. Benar-benar tidak boleh dilewatkan!

 

11. Berkunjunglah ke Biak dan bersantailah di Pantai Bosnik

Pantai Bosnik

Pantai Bosnik via travelliatours.com

Pantai Bosnik yang berjarak 15 km dari kota Biak ini pastinya akan membuat betah karena sesampainya di sana kamu akan disambut oleh hamparan pasir yang luas dan jernihnya air yang berwarna biru. Serasa hati akan terasa tentram jika melihatnya. Tak lupa juga, pantai ini dihiasi oleh lambaian pohon kelapa di sepanjang pinggiran pantainya.

 

12. Menikmati pasir putih tanpa kerikil di Pantai Harlem

Pantai Harlem

Pantai Harlem via too-chocoholics.blogspot.co.id

Sebuah pantai tanpa kerikil? Apa mungkin? Why not! Kamu bisa menemukannya di Pantai Harlem. Sebuah pantai yang merupakan pantai pasir putih tanpa kerikil dan berair jernih.

Pantai ini memiliki garis pantai sekitar 700 meter dan terletak di distrik Depapre, kampung Tablanusu, kabupaten Jayapura. Di Pantai ini juga disediakan fasilitas pemondokan untuk kamu yang ingin menikmati malam panjang ditemani sejuknya semilir angin Pantai Harlem.

 

13. Memberi makan ikan di Pantai Bakaro

Pantai Bakaro

Pantai Bakaro via hingga.com

Pantai ini berada di daerah Manokwari. Di Pantai Bakaro ada atraksi unik nan menarik yaitu atraksi pemanggilan ikan dari laut lepas ke perairan tepi pantai dengan menggunakan peluit dari kulit kerang. Lalu ikan-ikan tersebut akan mendekat dan akan diberi makan.

 

14. Teduhnya pepohonan di Pantai Amai

Pantai Amai

Pantai Amai via utariwonderfulPapua.blogspot.co.id

Pantai Amai terletak kurang lebih 50 km dari kota Jayapura, tepatnya di distrik Depapre. Perjalanan yang lumayan jauh dari pusat kota akan segera terobati dengan keindahan Pantai Amai yang teduh dengan banyaknya pepohonan rindang di sekitar bibir pantainya. Pantai ini juga berpasir putih dan airnya jernih.

Saat mengunjungi pantai ini, kamu hanya dikenakan biaya parkir dan harus jalan kaki melewati hutan dan melewati aliran sungai sampai menemukan Pantai Amai. Unik ya! Karena jarang- jarang berpetualang mencari sebuah pantai dengan menyusuri hutan.

 

15. Menikmati Oase Kota Sorong di Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari via wisatari.blogspot.co.id

Saat berkunjung ke kota Sorong sempatkanlah berkunjung ke Pantai Tanjung Kasuari. Kamu cukup memerlukan waktu 30 menit menggunakan angkutan umum dari pusat kota Sorong menuju pantai Tanjung Kasuari.

Pantai yang berpasir putih dan airnya biru jernih ini seolah menjadi oase kota Sorong. Kalau berkunjung ke pantai ini pada hari – hari biasa jika ingin menikmati suasana yang tenang karena jika hari libur atau akhir pekan akan sangat ramai.

 

16. Pijat refleksi di Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu

Pantai Tablanusu via laughingfrogphotography.com

Pantai Tablanusu merupakan pantai yang berbeda dari kebanyakan pantai yang berada di bumi Papua, karena di pantai ini tidak ada pasir pantai melainkan hamparan batu kerikil pipih. Rasanya seperti pijat refleksi jika tanpa memakai alas kaki menyisiri pantai ini. Airnya yang begitu jernih dan bersih memungkinkan untuk berenang, menyelam, atau bermain banana boats. Pantai Tablanusu terletak di distrik Depapre.

Itulah beberapa refrensi mengenai surga yang ada di bumi Papua, mungkin kamu dapat menuliskan resolusi atau merencanakan dalam hidupmu dari sekarang untuk bertravelling dan menikmati eksotisnya alam di bumi Papua yang mungkin tak ada di belahan bumi manapun. Let’s make your unforgettable moment in there!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *