6 Keuntungan yang Kamu Dapatkan Jika Berencana Liburan Saat Hari Kerja!

headline-image-kanan-085

“Memiliki tujuan di akhir perjalanan adalah sesuatu yang bagus, tetapi pada akhirnya yang terpenting ialah perjalanannya” -Ernest Hemingway

Jalan-jalan disaat liburan memang menyenangkan, terlebih jika kamu baru saja mendapat THR. Dan akan semakin menyenangkan lagi jika liburanmu sesuai dengan rencana yang telah kamu buat. Tetapi terkadang kamu harus merelakan untuk merubah rencana berliburmu karena berbagai faktor seperti kemacetan, tiket habis atau mungkin hal lain.

Hal di atas tentu saja tidak kamu inginkan. Apalagi jika kamu sudah merencanakan liburanmu sejak jauh-jauh hari dengan teman – teman kamu. Karena itu, kamu perlu sekali – kali mencoba berlibur saat masa kerja kamu. Kamu harus merilekskan dirimu di tengah kesibukan kamu.

Terlebih saat kamu disibukkan dengan kerjaan yang sedang menumpuk, hal ini akan menjadi tekanan tersendiri buat kamu. Apalagi saat-saat menjelang deadline sudah di depan mata. Saat tekanan sudah menumpuk, kamu perlu untuk menenangkan pikiranmu. Tapi saat liburan telah tiba, bukannya liburan yang kamu peroleh tetapi malah kemacetan yang kamu dapatkan.

Selain itu, kamu harus ekstra sabar untuk mengantri dan akan sangat menyebalkan jika kamu harus rela untuk membatalkan liburanmu karena kehabisan tiket. Kamu juga harus merogoh kocek lebih dalam karena biasanya saat musim liburan tarif penginapan akan naik. Belum lagi tarif tiket masuk menuju tempat wisata yang terkadang meningkat hingga dua kali lipat.

Bahkan terkadang muncul pungutan liar yang tidak jelas asalnya. Liburanmu akan semakin membuat kamu merasa tertekan karena kamu harus kehilangan uang lebih banyak dan waktumu terbuang begitu saja.

Maka, sekarang sudah saatnya kamu harus mencoba untuk mengambil cuti disaat hari kerja untuk berlibur. Banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh jika kamu mau meluangkan waktu cuti kerjamu untuk berlibur. Berikut hal yang perlu kamu pertimbangan mengapa liburan dihari kerja perlu kamu coba.

 

Liburanmu bakal Anti-macet

Liburanmu Bakal Anti-Macet
Liburanmu Bakal Anti-Macet via Trisvelogue.com

Di saat musim liburan, banyak orang yang berlibur ke tempat wisata, mungkin kamu salah satunya. Tapi terkadang bukan liburan yang kamu dapat, malah stress yang kamu peroleh karena terjebak kemacetan di jalan.

Setiap hari kamu sudah cukup lelah dengan kemacetan, tentu kamu tidak ingin melewatkan liburanmu dengan kemacetan. Belum lagi jika ternyata bensinmu hampir habis saat kamu sedang terjebak kemacetan. Hal ini akan semakin membuat liburanmu menjadi mimpi buruk.

Saat hari kerja, kamu akan terhindar dari kemacetan saat berada di kawasan wisata. Jalan menuju kawasa wisata akan menjadi lebih lengang sehingga kamu dapat memaksimalkan liburanmu. Tentu saja kamu dapat memperoleh hal  tersebut jika kamu mau untuk memanfaatkan cuti dihari kerjamu untuk berlibur.

 

Kamu Bisa Menghindari Antri yang Panjang

Menghindari Antri yang Panjang
Menghindari Antri yang Panjang via litalubisblog.blogspot.co.id

Saat musim liburan kamu harus ekstra sabar karena kamu harus siap untuk antri. Kamu harus siap untuk antri untuk memasukin kawasan wisata, kamu harus antri untuk membeli oleh-oleh. Hal ini akan sangat menjenuhkan.

Bahkan terkadang setelah kamu mengantri, ternyata kamu tidak mendapatkan hal yang kamu tuju. Liburanmu bisa menjadi beban yang seharusnya dapat kamu hindarkan.

Jika kamu mau meluangkan hari kerjamu untuk cuti berlibur, kamu dapat menghindari antrian yang seharusnya bisa kamu hindari.

Kamu Bisa Menghemat Waktumu

Menghemat Waktumu
Menghemat Waktumu via kompasiana.com

Saat berlibur dihari kerja, kamu tidak perlu repot-repot mengantri untuk membeli tiket wisata. Kamu juga akan terhindar kemacetan di jalan. Selain itu, kamu dapat lebih mudah memperoleh kursi dalam kereta, pesawat maupun bus. Hal ini akan sangat menguntungkan buatmu.

Apalagi jika kamu seorang pekerja sibuk yang tidak bisa meninggalkan pekerjaan begitu lama, kamu dapat menghemat banyak waktu dibandingkan kamu berlibur disaat musim liburan.

Di samping itu, kamu juga bisa memaksimalkan waktu berliburmu jika kamu terhindar dari kemacetan dan antrian yang panjang.

Kamu tidak perlu pusing mencari jalan alternatif yang memerlukan waktu jauh lebih lama. Dan kamu akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk melakukan berbagai hal.

 

Liburan Hemat Itu Mungkin Jika Kamu Tau Caranya

Liburan Hemat
Liburan Hemat via ciricara.com

Saat tidak musim liburan, kamu akan memperoleh tarif hotel jauh lebih rendah daripada saat musim liburan. Selain itu, kamu bisa memperoleh tiket promo untuk penerbangan maupun kereta yang tentunya jauh lebih murah. Hal itu karena saat tidak musim liburan kamu akan memperoleh harga off-peak yang tentunya bisa menjaga kantongmu agar tidak menipis.

Kamu juga bisa berhemat dengan memanfaatkan kendaraan umum yang lebih mudah untuk kamu tumpangi atau mungkin kamu dapat mencoba naik kendaraan bak terbuka milik penduduk lokal yang bisa kamu naiki dengan cuma-cuma.

Jika kamu berencana untuk mengendarai kendaraan sendiri , kamu dapat lebih hemat dalam memakai bahan bakar karena kamu bisa terhindar dari kemacetan yang mengular. Kamu juga dapat menghindari tarif retribusi, parkir dan tarif lainnya yang terkadang tidak wajar saat liburan.

Saat off-peak, biasanya tidak begitu banyak pungutan liar. Tentunya hal ini akan menguntungkan buat kantong kamu.

 

Kamu Bisa Memperoleh Privasi yang Biasa Tidak Dapat Kamu Peroleh Saat Musim Liburan

Memperoleh Privasi Dalam Liburan
Memperoleh Privasi Dalam Liburan via pegipegi.com

Saat musim liburan, terkadang kamu harus rela berdesak-desakan dengan pengunjung lain. So, kamu harus bersiap untuk berbagi dengan yang lain. Hal ini akan membuat kamu merasa tidak nyaman jika kamu ingin memperoleh “me time”.

Kamu bahkan tidak bisa menghindari keramaian dimanapun lokasi wisata yang kamu tuju. Kamu juga harus bersiap untuk berbagi tempat dengan pengunjung lain. Bahkan kamu juga terkadang harus rela berbagi meja dengan pengunjung lain.

Kamu akan merasa kurang nyaman jika kamu sedang dalam kondisi tidak ingin diganggu orang lain.

Jika kamu mau memanfaatkan waktu cutimu, kamu bisa menghindari kepadatan yang biasa kamu peroleh saat musim liburan. Terkadang pengunjung relatif sepi sehingga kamu bisa merasakan ketenangan, bahkan mungkin hanya kamu sendiri pengunjung yang ada sehingga kamu dapat merasa berwisata seperti milikmu sendiri.

Kamu bisa lebih leluasa dalam melakukan berbagai aktivitas saat berlibur.

 

Kamu Bisa Meperoleh Liburan Yang Berkualitas

Liburan Yang Berkualitas
Liburan Yang Berkualitas via www.ummi-online.com

Di musim liburan, kamu harus rela untuk berbagi, mengantri, terkena macet dan sebagainya. Kamu harus ekstra sabar dalam berlibur.

Dengan kamu mencoba berlibur dihari kerja, kamu bisa terhindar dari hal di atas. Kamu bisa memperloleh liburan yang berkualitas.

Kamu bisa memaksimalkan waktu libur dan uangmu dengan terhindar dari macet dan antrian yang panjang serta memperoleh tarif tiket maupun hotel yang lebih murah dibandingkan hari liburan.

Jadi, mengapa kamu tidak mencoba dari sekarang saja, guys?

Selamat berlibur!

9 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan Singkatmu di Jogjakarta!

headline-image-kanan-084

Jogja… Jogja… Jogja Istimewa… Tidak hanya istimewa orangnya, melainkan tempat wisatanya pun juga gak kalah istimewa! Hari gini siapa sih yang gak kenal dengan kota sejuta pesona yang satu ini? Kota yang mempunyai magnet besar untuk menarik para traveler berkunjung ke kota ini.

Jogja selalu punya cerita bagi para turis yang berkunjung kesini. Banyak tempat wisata alam yang pastinya bikin kamu gak mau melepaskan tangan kamu dari kamera guna mengabadikan momen itu. Well, apa aja sih tempat wisata alam yang ada di kota sejuta pesona ini? Let’s go!

 

1. Bukit Watu Lumbung

Kedai Wedangan Watu Lumbung
Kedai Wedangan Watu Lumbung via scontent.cdninstagram.com

Punya hobi nongkrong? Bukit Watu Lumbung bisa jadi salah satu pilihan kamu, traveler! Kedai yang satu ini terletak di Bantul, Yogyakarta.

Kedai ini sudah lama terkenal. Kenapa kedai ini recommended banget? Karena di kedai ini ada yang menarik dan wajib kamu coba, traveler! Baru-baru ini Watu Lumbung menyediakan sebuah kedai buat kamu yang ingin menikmati pemandangan alam sambil bersantai dan ber-selfie bersama teman-temanmu!

Kedai ini menyediakan bermacam-macam menu minuman dan makanan yang gak kalah oke lho! Contohnya ada wedang jahe, wedang uwuh, wedang ronde, dan masih banyak lagi menu andalan lainnya. Menikmati pemandangan alam yang dihiasi rona merah matahari terbenam ditambah dengan ditemani si dia sekaligus sambil minum yang hangat-hangat sepertinya sayang untuk dilewatkan.

Jumlah kedai yang ada di Bukit Watu Lumbung ini tidak hanya berjumlah satu kedai saja, akan tetapi banyak kedai yang dibuat lengkap untuk melihat sisi mana yang ingin kamu nikmati. Sehingga kamu tinggal pilih kedai mana yang menurutmu menarik untuk kamu kunjungi!

 

2. Desa Wisata Kalibiru

Kalibiru
Kalibiru via blog.via.id

Memanjat pohon demi bisa menikmati pemandangan alam dari atas pohon dengan si dia boleh juga dicoba! Ditambah dengan angin sejuk yang akan menemani waktu santaimu. Wow! Kamu bisa mendapatkan semua itu hanya di Kalibiru, traveler!

Kalibiru adalah tempat yang tak lagi di ragukan keindahanya. Cukup masukkan Koordinat Gps S 7.80823 derajat T 110.12941 derajat, kamu akan dipandu dalam perjalanan untuk sampai di lokasi.

Tempat ini pas banget buat kamu yang suka outbound. Karena di sini disediakan arena games yang bisa kamu cobain bersama semua temanmu.

Dan buat kamu yang suka dengan dunia fotografi, jangan lupa bawa kamera terbaikmu dan berikan jepretan dengan hasil semaksimal mungkin. Karena panorama sekeren ini wajib banget kamu abadikan, traveler!

 

3. Kebun Teh Nglinggo

Piknik Kebun Teh Nglinggo
Piknik Kebun Teh Nglinggo via 4.bp.blogspot.com

Samigaluh, Kulon Progo tepatnya di desa Nglinggo, terdapat sebuah kebun teh yang baru-baru ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru kota. Perkebunan teh yang sangat luas ini tertata indah dan rapi. Di sini kamu diperbolehkan berfoto dan melihat secara langsung pohon teh yang berada di desa Nglinggo.

Selain kebun teh, ternyata ada air terjunnya juga lho traveler! Air terjun Watu Jonggol terletak di bawah persis kebun teh ini. So, buat kamu yang mau menikmati dinginnya gemericik air terjun, jangan lupa mampir ya!

 

4. Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo
Puncak Suroloyo via piknikasik.com

Selamat pagi traveler! Siapkah kamu naik ke puncak pagi ini? Jika sudah siap, yuk kita olah raga pagi! Perkenalkan dulu, Puncak Suroloyo ini sudah sangat lama menjadi wisata yang sangat menarik sebenarnya namun kurangnya informasi maka puncak ini tidak seheboh tempat wisata lain.

Namun di luar itu semua, puncak ini istimewa sekali traveler! Bagaimana tidak? Meskipun Suroloyo berada di kabupaten kulon Progo kamu bisa mengintip Candi Borobudur dan Gunung Merapi dengan sangat jelas dari sini. Bisa dibayangkan seberapa tinggi Puncak Suroloyo ini?

Perlu Traveler ketahui, untuk bisa naik sampai puncak, traveler harus bisa taklukan ribuan anak tangga berjalan naik. Maka benar-benar siapkan stamina kamu ya!

 

5. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan via berangkaaat.files.wordpress.com

Kebun Buah Mangunan berada di desa wisata Mangunan, Imogiri. Di kebun buah ini, kamu tidak hanya menikmati beragam buah-buahan melainkan kamu bisa menikmati indahnya pemandangan di atas awan. Yap! Buat kamu pengejar sunrise, ini tempat recommended banget buat menikmati indahnya kabut pagi ditemani dingin yang menusuk kulit.

Kamu bisa menikmati sunrise atau pendar merah sunset di gardu pandang. Tapi biasanya sih pengunjung sudah berdatangan dari jam 5 pagi lho demi menikmati keindahan matahari terbit. So, siap-siap bangun pagi ya traveler kalau mau menikmati keindahan matahari terbit di kebun buah ini!

 

6. Paralayang Parangtritis

Paralayang Parangtritis
Paralayang Parangtritis via yogyawisatadannusantara.files.wordpress.com

Yuhuu! Pantai! Main air! Basah-basahan!

Weits, jangan salah traveler! Di pantai yang satu ini kamu gak hanya bisa bermain dengan ombak lho! Tapi kamu bisa ber-paralayang ria menguji adrenalinmu.

Tapi tunggu, pantai apa sih yang menawarkan uji adrenalin ini? Yap! Parangtritis! Pantai yang terkenal dengan pasir hitamnya. Pantai ini berada di daerah Bantul. Di sekitaran pantai ini juga terdapat beberapa pantai lainnya yang gak kalah oke juga lho!

Buat kamu yang ingin mencoba paralayang di Parangtritis, kamu bisa datang ke pantai ini. Jangan bingung jangan heran, meluncur darimana ya paralangnya. Paralayangnya itu meluncur dari atas bukit yang tidak jauh dari tempat parkir.

So, buat kamu yang gak takut dengan ketinggian, kamu bisa lho mencoba olahraga menantang yang satu ini! Terlebih pada saat sunset! Pemandangannya dijamin bikin kamu berdecak kagum akan keindahan ciptaan-Nya!

7. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran
Embung Nglanggeran via 4.bp.blogspot.com

Kamu termasuk penikmat pemandangan dari puncak gunung? Dari atas embung ini kamu bisa menikmatinya traveler! Embung nglanggeran berada di Desa Nggalenggeran, Patuk, Gunung Kidul. Di sini cocok banget buat kamu yang ingin menikmati pemandangan kota Jogja.

Embung yang diresmikan oleh pemerintah pada bulan Februari tahun 2013 lalu, menjadi bahan perbincangan di sosial media karena lokasinya yang sangat strategis dan memiliki spot guna menikmati pemandangan kota sejuta pesona ini.

 

8. Bukit Bintang

Wisata Malam Bukit Bintang
Wisata Malam Bukit Bintang via emkatourjogja.com

Bukit bintang. Bukit yang dihiasi dengan sejuta bintang. Tapi jangan salah persepsi traveler. Bintang yang dimaksud di sini adalah kelap-kelip berjuta lampu di kota Jogja pada malam hari. Kamu bisa melihat indahnya pendar lampu yang menghiasi kota Jogja.

Sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa menghangatkan tubuh dengan memesan teh atau minuman hangat lainnya di kedai sekitar Bukit Bintang ini. Cocok juga lho buat kamu yang hobi nongkrong santai bersama teman.

Oiya, Bukit Bintang ini terletak di daerah Patuk, Gunung Kidul. Tidak jauh dari pusat kota Jogjakarta. Siapkan jaket ya traveler! Karena udara di bukit ini cukup dingin di malam hari.

 

9. Goa Pindul

Goa Pindul
Goa Pindul via 1.bp.blogspot.com

Masih berlokasi di Gunung Kidul, di sebuah desa Gelaran terdapat sebuah goa. Goa ini cukup terkenal karena keunikannya. Goa Pindul termasuk goa basah. Basah di sini dalam artian terdapat aliran air di dalamnya.

Untuk menyusuri goa ini, kamu harus menaiki sebuah ban, lengkap dengan baju pelampungnya. buat yang datang bersama rombongan, siap berbaris menyusuri goa ini ya! Jangan lupa bawa kamera untuk mengabadikan momen liburanmu.

Jogja memang kota istimewa dengan sejuta keindahan yang wajib kamu kunjungi! So, tunggu apa lagi! Saatnya kamu buktikan rasa penasaranmu! Share yuk ceritamu!

7 Hal yang Sebaiknya Kamu Lakukan Saat Traveling di Musim Penghujan!

headline-image-kanan-083

Musim hujan telah datang. Udara dingin dan jalan yang becek tentu tidak akan menggoyahkan hatimu bagi kamu yang memang doyan traveling ke tempat wisata yang oke punya. Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat saat traveling di musim penghujan agar perjalananmu lebih aman dan menyenangkan.

Beberapa tips wisata ini bisa jadi solusimu saat traveling di musim penghujan, apalagi saat intensitas hujan terbilang sering. Let’s scroll down!

 

1. Bawalah sandal, kantung plastik, dan mantel untuk melindungi badan dan barangmu.

Sedia Payung Sebelum Hujan
Sedia Payung Sebelum Hujan via papasemar.com

Pastinya, kamu nggak mau kalau kamu memakai sepatu dan baju basah karena terkena air hujan selama perjalanan. Hal ini benar-benar situasi yang nggak mengenakkan, apalagi kalau kamu memakai pakaian dari bahan yang menyerap air.

Untuk itu, jangan lupa memasukkan sandal, mantel serta kantung plastik di jok motormu agar perjalananmu lebih enjoy!

 

2. Sebaiknya berhati-hati di lokasi wisata air terjun atau wisata susur sungai

Hujan Saat Berwisata ke Air Terjun
Hujan Saat Berwisata ke Air Terjun via upload.wikimedia.org

Jika destinasi traveling kamu adalah air terjun atau wisata susur sungai, bisa jadi hal ini pilihan yang kurang tepat. Memang, saat musim penghujan aliran air terjum memang banyak.

Namun harus kamu ingat bahwa saat musim hujan terkadang airnya menjadi keruh karena curah hujan yang banyak. Solusinya, lebih baik kamu menunggu hari dimana curah hujan terbilang sedikit. Begitu juga dengan gua dengan air bawah tanah

 

3. Bawalah barang secukupnya!

Membawa Barang Secukupnya
Membawa Barang Secukupnya via smarttravelnet.com

Sebaiknya bawalah barang yang menurutmu paling kamu perlukan jika kamu tidak ingin repot saat tiba-tiba hujan di tengah perjalanan. Jika memang terpaksa membawa barang banyak, kamu bisa menyusun barangmu agar lebih ringkas. Usahakan barang yang tidak boleh terkena air seperti barang elektronik mendapat perlakuan yang lebih spesial.

 

4. Hiking kurang cocok dilakukan saat intensitas hujan sedang banyak.

Hiking Sebaiknya Saat Hari Cerah
Hiking Sebaiknya Saat Hari Cerah via www.duanestorey.com

Salah satu hal yang kamu harapkan saat naik gunung adalah melihat sunrise. Namun saat intensitas hujan sedang tinggi, kemungkinanmu menikmati sunrise dan mendapat view yang menarik lebih sedikit. Tentu kamu tidak ingin kecewa jika kamu sudah sampai puncak, namun cuacanya mendung.

 

5. Kamu juga bisa traveling ke perkebunan teh dimana kabut akan semakin terlihat indah di musim penghujan.

Kebun Teh Diselimuti Kabut
Kebun Teh Diselimuti Kabut via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Lho, Kebun teh? Nggak salah, nih? Pasti sebagian dari kamu mengira bahwa datang ke kebun teh saat musim penghujan itu aneh. Tapi jangan salah, pemandangannya justru akan lebih terlihat indah di musim penghujan, atau saat cuacanya dingin. kamu akan melihat kabut putih lembut yang menyelimudi sebagian dari sisi kebun teh yang membuat fotomu tampak lebih artistik.

 

6. Nongkrong di café

Nongkrong di Café
Nongkrong di Café via gastronomyaficionado.files.wordpress.com

Menyeruput kopi panas saat hujan deras sambil menikmati cemilan dan membaca buku tentu merupakan hal yang menyenangkan. Tak ada salahnya memanjakan dirimu dengan me time atau quality time bersama sahabat atau pasangan.

Kamu bisa berburu café dengan arsitektur yang unik, rasa yang membuatmu ketagihan, serta suasana yang nyaman yang membuatmu betah berlama-lama menikmati aroma hujan dari dalam ruangan.

 

7. Carilah event indoor!

Pameran Seni Instalasi
Pameran Seni Instalasi via jogjanews.com

Kamu juga bisa ‘cuci mata’ ke pameran seni yang biasanya diadakan di tempat yang artistik seperti resort atau rumah seni yang artistik. Kamu juga bisa mencari info event yang bersifat indoor, seperti pergi ke galeri seni atau menonton pertunjukan teater. Puaskan dirimu mengeksplor hal-hal baru dari setiap event yang kamu datangi.

Musim hujan bukan halangan saat kamu bepergian. Beberapa tips tersebut tentu akan sangat membantu masalahmu saat traveling di musim penghujan. Dari pada diam di rumah, nggak ada salahnya kamu pergi keluar. Siapa tahu, kamu akan lebih banyak menemukan hal-hal baru, hobi baru, pengetahuan baru, teman baru, bahkan pacar baru!

10 Destinasi Wisata Alam yang Bisa Menginspirasi Liburanmu di Akhir Tahun Ini!

headline-image-kanan-082

Betapa bersyukurnya kamu bisa hidup di Indonesia. Kenapa demikian? Ribuan tempat wisata Indonesia yang menyuguhkan panorama alam menakjubkan terdapat di negara kita tercinta ini. Mulai dari gunung, laut, sungai, candi, budaya, dan masih banyak lagi. Tidak perlu pergi jauh-jauh ke luar negeri karena di Indonesia pun kamu sudah bisa menikmati berbagai keindahan alam tersebut.

Dari berbagai jenis tempat wista alam yang ada, gunung dan laut merupakan destinasi paling favorit untuk dikunjungi. Yuk tentuin mana yang akan kamu pilih, gunung atau pantai untuk destinasi liburanmu.

 

1. Taklukkan gunung Rinjani, gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via www.cabeoutdoorservice.com

Gunung Rinjani berlokasi di Lombok Utara Nusa Tenggara Barat. Gunung ini memiliki tinggi lebih dari 3.700 meter di atas permukaan laut.

Buat kamu yang mengaku seorang pendaki dan pecinta alam khususnya gunung, belum lengkap rasanya kalo ngga menaklukkan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia ini.

Daya tarik lain dari gunung Rinjani adalah panorama alam terbaik yang disuguhkan membuat siapa saja tercengang. Selain pemandangan alam yang memukau, terdapat juga berbagai macam flora yang akan dijumpai seperti pohon cemara dan bunga edelweiss.

Untuk fauna juga akan kamu jumpai di rinjani, yakni monyet usil yang sering mengambil makanan yang ada di tenda pendaki. So, patut hati-hati ya guys.

 

2. Ingat gambar danau tiga warna di uang lima ribuan keluaran lama? Gunung Kelimutu pastinya!

Gunung Kelimutu
Gunung Kelimutu via 3.bp.blogspot.com

Gunung Kelimutu, salah satu gunung berapi di Indonesia yang terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Terdapat danau kawah di gunung ini yang dikenal dengan nama Danau Tiga Warna.

Dinamakan Danau Tiga Warna dikarenakan memiliki warna yang berbeda pada setiap danau, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut bisa berubah seiring berjalannya waktu dan tergantung kondisi alam.

Warna alami yang terdapat di ketiga kawah tersebut pasti akan bercedak kagum bagi siapa saja yang melihatnya. Sungguh salah satu warisan alam yang luas biasa ya!

 

3. Jangan sampai kamu lewatkan menikmati keindahan sunrise dari Gunung Bromo!

Gunung Bromo
Gunung Bromo via 4.bp.blogspot.com

Gunung yang berlokasi di provinsi Jawa Timur ini seringkali menjadi salah satu destinasi yang paling banyak didatangi wisatawan. Berbagai wisatawan domestik ataupun mancanegara.

Gunung Bromo terletak di empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Pasuruan, Probolinggo, dan Lumajang. Karena letaknya yang berada di empat kabupaten, memudahkan akses dan transportasi ke Bromo.

Sangat rugi kalau kamu belum pernah berkunjung kesini untuk menikmati keindahan sunrise dari balik gunung Bromo dan objek menarik lainnya di. Transportasi yang mudah serta keindahan alam yang tersaji, apakah masih bikin kamu ragu untuk berkunjung?

 

4. Wow! Ada Blue Fire di kawah ijen Banyuwangi.

Kawah Ijen
Kawah Ijen via 1.bp.blogspot.com

Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Banyuwangi. Kawah yang terdapat di gunung Ijen ini adalah salah satu kawah paling asam terbesar di dunia.

Kawah Ijen  memiliki tingkat keasaman mendekati nol, sehingga bisa melarutkan tubuh manusia. Tidak perlu takut karena dibalik itu ternyata kawah ini menyajikan pesona keindahan yang menakjubkan.

Pesonanya yang sangat terkenal  adalah blue fire yang hanya bisa dinikmati saat malam hari. Kawah Ijen mengeluarkan warna biru yang begitu indah. Tidak akan menyesal bila kamu berkunjung ke kawah Ijen.

 

5. Yuk! Kapan Lagi Mendaki Gunung Semeru, Gunung Tertinggi Di Pulau Jawa.

Gunung Semeru
Gunung Semeru via 3.bp.blogspot.com

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan puncak tertingginya Mahameru (3.676 mdpl). Semenjak menjadi latar tempat di film 5 cm, Semeru mendadak menjadi sangat diminati para pendaki.

Salah satu spot favorit para pendaki dalam pendakian menuju puncak mahameru adalah Ranu Kumbolo. Di Ranu Kumbolo terdapat danau dengan air yang jernih serta pemandangan yang sangat indah. Di sinilah biasanya para pendaki mendirikan tenda sambil menikmati pemandangan.

 

6. Berjumpa Kadal Raksasa Pemakan Dagung di Pulau Komodo. Buktiin Keberanian Kamu?

Pulau Komodo
Pulau Komodo via www.travelplusstyle.com

Bagi kamu traveler yang ngaku cinta sama pantai, jangan sampai kamu ga kesini nih. Yap! Pulau Komodo, pulau yang berlokasi di Nusa Tenggara Timur ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Banyak keindahan yang terbentuk secara alami disuguhkan di pulau ini.

Yang paling menraik dari Pulau Komodo adalah kamu bisa melihat komodo secara langsung di alam bebas.

Di pulau ini terdapat lebih dari 2.000 ekor komodo yang hidup bebas. Di pulau ini juga kamu bisa mengamati saat-saat komodo berburu mangsanya secara langsung.

Dan yang terpenting, kalau kamu mau berkunjung ke Pulau Komodo harus ditemani pemandu untuk alasan keselamatan agar liburanmu aman dan menyenangkan.

 

7. Menikmati Berbagai Gugusan Pulau Yang Tersebar Di Kepulauan Raja Ampat.

Kepulauan Raja Ampat
Kepulauan Raja Ampat via www.likethisadventure.com

Siapapun pasti tercengang dengan keindahan alam dari gugusan pulau yang tersebar di Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat. Keelokan alamnya sudah terkenal di seluruh dunia.

Salah satu bentuk kepopuleran Raja Ampat adalah dengan adanya film dokumenter yang dibuat oleh Avant Premiere yang berjudul “Edis Paradies 3” dimana film ini memperlihatkan keindahan bawah laut Raja Ampat.

Walaupun keindahan bawah laut dari Raja Ampat yang menjadi maskot utama, namun bagi kamu yang tidak suka dengan diving dan snorkeling tidak perlu khawatir. Ada keindahan lain yang tetap bisa dinikmati.

Dengan kamu bermain air di tepi pantai dan menikmati keindahan pantai yang airnya sangat jernih ini bakal membuat kamu ngga bosan ada di Raja Ampat. Nggak bakal nyesel deh kalau kamu pilih destinasi ini.

 

8. Keindahan Alam Taman Laut Bunaken Yang Membuat Kamu Tidak Perlu Berpikir Dua Kali Untuk Berkunjung.

Taman Laut Bunaken
Taman Laut Bunaken via 3.bp.blogspot.com

Taman Laut Bunaken  merupakan destinasi wisata andalan Manado, Sulawesi Utara. Dan merupakan salah satu taman laut terindah di dunia. Berbagai terumbu karang dan biota laut hidup di taman laut bunaken.

Bagi kamu yang gemar dengan wisata bawah laut, bunaken bisa menjadi salah satu referensi wajib  untuk diving dan snorkeling. Seperti pada foto di atas, kamu bisa melihat penyu dan berbagai jenis ikan laut yang cantik.

Bunaken memiliki beragam kehidupan bawah laut dikarenakan berada di segitiga emas terumbu karang dunia yang tersebar dari Indonesia, Malaysia, Filipina, Papua Nugini, Timor Leste dan kepulauan Solomon.

 

9. Berwisata Ke Kepulauan Derawan Menikmati Keindahan Pantai dan Bawah Lautnya!

Kepulauan Derawan
Kepulauan Derawan via intaninchan.files.wordpress.com

Kepulauan Derawan merupakan sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang saat ini masuk ke wilayah Kalimantan Utara.

Di kepulauan ini salah satu objek wisata yang paling diminati adalah wisata bawah lautnya. Di Kepulauan ini terdapat empat pulau yang terkenal untuk dikunjungi yaitu Pulau Maratua, Sangalaki, Kakaban, dan Derawan sendiri.

Di Derawan kamu juga bisa menginap di resort banyak menawarkan fasilitas untuk menikmati keindahan laut di Derawan.

 

10. Berkunjung Ke Negeri Laskar Pelangi Di Pulau Belitung Yuk!

Pulau Belitung
Pulau Belitung via bisnistravelbelitung.files.wordpress.com

Jujur kamu pasti pernah nonton film “Laskar Pelangi” kan? Pasti kamu terpukau dengan keindahan latar tempat di film tersebut. Ya, Pulau Belitung merupakan latar tempat dalam film “Laskar Pelangi”.

Pulau Belitung  atau Belitong berlokasi di bagian timur Sumatra. Pulau Belitung terbagi menjadi 2 kabupaten yaitu Kabupaten Belitung beribukota di Tanjung Pandan dan Belitung Timur beribukota Manggar.

Di pulau Belitung kamu bakal menikmati keindahan pantai ala “Laskar Pelangi” dan bisa menikmati juga wisata minum kopi di Manggar. Menarik kan?

Jadi, nggak perlu pusing lagi nentuin mana destinasi buat liburan kamu kali ini kan? Yuk share cerita liburan kamu!

3 Destinasi Wisata Tersembunyi di Kulon Progo Ini Bisa Kamu Nikmati Saat Liburan Bersama Keluarga!

headline-image-kanan-081

Mulai bosan dengan wisata kota di seputaran Malioboro atau pantai-pantai di Bantul dan Gunung Kidul? Ini saatnya kamu mencari petualangan baru di Kulon Progo!

Meski sering dipandang sebelah mata dibandingkan dengan kabupaten lainnya, ternyata Kulon Progo menyimpan begitu banyak potensi wisata alam yang selama ini belum banyak diketahui khalayak umum. Baru pada awal 2015 lalu akhirnya beberapa destinasi wisata di Kulon Progo naik pamor dan mulai banyak dikunjungi para traveler.

 

1. Hamparan Hijau Menyegarkan di Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo
Kebun Teh Nglinggo via 1.bp.blogspot.com

Kebun Teh Nglinggo adalah salah satu destinasi yang sedang naik daun. Terletak di Desa Wisata Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo, kebun teh ini menyajikan panorama indah dengan latar belakang Perbukitan Menoreh.

Pagi hari adalah waktu yang paling tepat jika kamu ingin berkunjung ke tempat wisata yang menetapkan restribusi masuk seharga Rp 3.000 ini. Kabut tipis dan udara segar adalah kemewahan yang bisa dinikmati.

Tracking di antara hamparan tanaman teh, naik mobil off road mengelilingi kawasan kebun teh, atau sekedar duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan adalah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan di tempat wisata ini. Nah, jika tertarik melakukan tracking, setidaknya ada tiga puncak bukit yang bisa jadi pilihan. Satu di sisi barat dan dua di sisi utara.

Bersiaplah untuk ngos-ngosan ya kalau kamu memutuskan untuk berjalan menaiki puncak bukit di sisi barat. Tanjakan panjang menanti untuk ditaklukkan. Namun kelelahan itu akan terbayar dengan suguhan panorama indah yang serba hijau dari hamparan tanaman teh. Memanjakan mata dan hati pokoknya.

Dua puncak lainnya di sisi utara bernama Puncak Dempok dan Puncak Kendeng. Keduanya merupakan puncak dari Gunung Kukusan yang secara administratif masuk ke dalam wilayah Magelang, Jawa Tengah.

Di kedua puncak ini, wisatawan bisa menikmati panorama delapan gunung yang terdapat di Yogya dan Jawa Tengah, seperti Merapi, Merbabu, Andong, Telomoyo, Ungaran, Sumbing, Sindoro serta Prau. Kamu hobi berburu sunrise? Puncak Dempok dan Puncak Kendeng adalah spot yang bisa jadi alternatif!

 

2. Merasakan Sensasi Jatuhnya Air dari Ketinggian 30 meter di Grojogan Watu Jonggol

Grojogan Watu Jonggol
Grojogan Watu Jonggol via usaihujan.files.wordpress.com

Ketika matahari mulai meninggi dan kamu sudah terpuaskan dengan panorama di Kebun Teh Nglinggo, maka destinasi lain bisa jadi tujuan berikutnya. Berada tak jauh dari kebun teh ini terdapat air terjun Grojogan Watu Jonggol.

Letaknya masih berada di wilayah Samigaluh dan berada di ketinggian 900 mdpl. Dari celah-celah bukit yang masih alami, Grojogan Watu Jonggol terbentuk dan bisa jadi salah satu tempat alternatif melepas penat.

Tidak ada restribusi untuk masuk ke tempat wisata ini. Wisatawan cukup membayar Rp 2.000 untuk parkir kendaraan. Setelah memarkirkan kendaraan, jalanan menurun sepanjang kurang lebih 500 meter harus kamu lewati untuk sampai ke Grojogan Watu Jonggol.

Penunjuk arah untuk sampai ke air terjun sudah terpasang dengan jelas. Jalan tanah setapak dan beberapa anak tangga, serta perkebunan milik penduduk setempat adalah “santapan” awal sebelum sampai ke grojogan. Sekitar setelah 10 menit berjalan, mulailah terdengar gemuruh air terjun dari kejauhan. Tak lama kemudian sampailah di Grojogan Watu Jonggol.

Kamu akan disambut dengan air terjun berketinggian 30-40 meter dan debit air yang besar. Kawasan sekitar air terjun yang masih sangat alami semakin memanjakan mata. Kekurangan dari air terjun bertingkat tiga ini adalah dasar grojogan yang cukup sempit. Hal ini membuat wisatawan tidak bisa leluasa bermain air, apalagi berenang. Tapi kalau kamu ingin merasakan segarnya air dengan membasuh muka atau merendam kaki berlama-lama, hal itu masih bisa saja dilakukan kok.

Dan jika kamu sampai nekat berbasah-basahan hingga seluruh badan pun tak jadi masalah. Ada kamar mandi milik warga setempat yang berada di dekat parkiran kendaraan yang bisa dipakai untuk membilas badan.

Masih belum puas bermain air? Tak perlu berkecil hati! Kulon Progo masih menyimpan banyak spot menarik untuk disambangi. Tak jauh dari Samigaluh, terdapat kecamatan Girimulyo yang mempunyai beberapa spot air terjun indah.

 

3. Indahnya Kombinasi Air Dua Warna di Kedung Pedut

Kedung Pedut
Kedung Pedut via myworldarticle.files.wordpress.com

Jika Grojogan Watu Jonggol tak memuaskan hasratmu bermain air, maka Air Terjun Kedung Pedut bisa jadi pilihan berikutnya. Air terjun yang berada di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, ini mempunyai keunikan tersendiri karena mempunyai dua warna air yang berbeda, yakni putih/bening dan hijau tosca. Tak percaya? Buktikan sendiri dengan datang ke Kedung Pedut!

Dari tempat parkir kendaraan, wisatawan harus berjalan menuruni lembah untuk sampai ke lokasi air terjun. Kurang lebih 15 menit menapaki jalan tanah, sampailah di aliran sungai yang berasal dari Kedung Pedut. Kamu tinggal menyeberangi sungai dan kolam alami dengan jembatan bambu dan sampai di depan air terjun Kedung Pedut.

Sesampainya di depan air terjun, buktikan sendiri bahwa Kedung Pedut memang unik dengan perpaduan warna airnya yang putih/bening dan hijau tosca. Letaknya yang berada di dasar lembah dan diapit dua tebing tinggi membuat Kedung Pedut semakin istimewa. Jangan lupa abadikan momen indah ini dengan banyak-banyak berfoto dan ber-selfie ria ya!

Selain Kedung Pedut, kecamatan Girimulyo juga masih mempunyai beberapa air terjun menarik lainnya. Ada air terjun Setawing, air terjun Grojogan Sewu, air terjun Sigembor, Grojogan Mudal, dan air terjun Kembang Soka. Lokasinya yang saling berdekatan membuatmu mempunyai banyak pilihan dalam sekali perjalanan. Kamu bisa berpindah dari satu air terjun ke air terjun yang lain karena tiap tempat mempunyai sensasinya sendiri-sendiri.

Akses untuk sampai ke Samigaluh dan Girimulyo ini terbilang mudah. Apabila kamu berangkat dari Kota Yogya, maka berkendaralah menuju Jl. Kyai Mojo sampai dengan perempatan Demak Ijo Ringroad Barat. Lalu lurus ke Jl. Godean sampai Pasar Godean. Lurus lagi hingga perempatan Nanggulan, belok kanan sampai perempatan Dekso, lalu belok kiri sampai Pasar Plono. Setelah itu belok kanan dan ikuti petunjuk ke arah Desa Wisata Nglinggo.

Kecamatan Girimulyo terletak tak jauh dari Samigaluh. Letaknya masih searah dengan petunjuk di atas. Jika tersesat atau kebingungan, tak perlu sungkan untuk bertanya ke warga sekitar. Mereka akan dengan baik hati membantumu menuju arah yang benar hingga sampai ke tujuan.

Agar bisa sampai ke tempat-tempat wisata ini, pastikan kendaraan traveler dalam kondisi yang prima ya! Karena jalan menuju Samigaluh dan Girimulyo cukup terjal dan berkelok-kelok. Kamu juga perlu meningkatkan kewaspadaan jika jalanan basah usai hujan. Perjalanan dengan motor atau mobil bisa ditempuh dalam jangka waktu 1-1,5 jam dari Kota Yogya.

Jadi, tunggu apa lagi? Kulon Progo tak kalah dengan tempat-tempat lain bukan?

7 Pesona Pulau JEJU yang Membuat Kamu Terpukau Saat Berlibur ke Korea Selatan!

headline-image-kanan-080

Korea Selatan merupakan salah satu destinasi wisata populer yang tidak boleh dilewatkan bagi kamu para traveler sejati. Ditambah dengan menjamurnya drama-drama Korea maupun musik negeri ginseng yang lebih akrab dikenal sebagai K-pop di tanah air, membuat kaum muda pada khususnya memiliki ketertarikan untuk berlibur ke negeri ginseng tersebut.

Korea Selatan memiliki daya tarik dalam bidang budaya, teknologi, sosial maupun kekayaan alamnya. Maka, tidak heran jika banyak wisatawan asing yang berkunjung dan menghabiskan liburan di negeri 4 musim tersebut. Salah satu tempat wisata dunia yang sangat disayangkan untuk dilewatkan di negeri ginseng tersebut adalah Pulau Jeju.

Tentunya nama Jeju sudah tidak asing lagi di telinga kamu, mengingat Pulau ini adalah Pulau terbesar di Korea Selatan yang sudah menarik banyak perhatian wisatawan dengan daya tarik alamnya yang memikat. Pulau Jeju terletak sekitar 130 km sebelah selatan Semenanjung Korea.

Pulau ini terbentuk karena letusan gunung vulkanik 2 juta tahun lalu. Jeju memiliki keindahan alam yang dijamin dapat memanjakan mata para wisatawan. Didukung dengan cuaca hangat sepanjang tahunnya, menciptakan rasa kenyamanan tersendiri bagi para wisatawan.

Dengan segala keindahan alam yang dimiliki pulau ini, kamu tidak perlu khawatir dan kebingungan dalam memilih destinasi wisata yang cocok dan menarik. Jeju tidak pernah mengecewakan mata para wisatawan.

Jeju adalah surga bagi para pecinta keindahan alam. Surganya surga, bagi kamu yang mencintai segala hal yang berkaitan dengan air, tanah, gunung, hutan dan berbagai macam kekayaan alam. Berikut beberapa destinasi wisata yang memiliki daya tarik kuat di Pulau Jeju.

 

1. Gunung Halla, Puncak Tertinggi Korea Selatan

Gunung Halla
Gunung Halla via blog.fitb.itb.ac.id

Berkunjung ke Jeju, rasanya kurang sah jika melewatkan landmark pulau ini. Ya, Gunung Halla merupakan landmark Pulau Jeju dan juga merupakan gunung tertinggi di Korea Selatan.

Kawasan Gunung Halla, dapat ditempuh 60 menit dari kota Jeju. Bagi kamu para pendaki setia, sangat disayangkan jika melewatkan destinasi ini. Patut dicoba untuk mendaki gunung dengan keindahan alam yang memukau ini.

Untuk mendaki Gunung Halla, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Tentunya bagi para pendaki, mendaki Gunung Halla menjadi tantangan tersendiri, mengingat track yang dilalui untuk sampai di puncak tertinggi Korea Selatan cukup sulit. Namun, kepenatan dan juga usaha kamu akan terbayar setelah sampai di puncak Baeknokdam, berupa kawah danau berwarna biru di atasnya

Gunung Halla memiliki tinggi 1.950 mpdl diatas permukaan laut. Disekitar gunung ini banyak tumbuh berbagai varietas tanaman. Sekitar 1.800 jenis tanaman tumbuh ditempat ini, dan uniknya warna gunung akan berubah sesuai dengan vegetasi yang tumbuh.

Pemandangan yang disuguhkan tidak hanya monoton berwarna hijau seperti gunung-gunung pada umumnya. Panorama yang memanjakan mata lebih menarik dengan warna-warna berbagai jenis vegetasi.

Selain berbagai jenis tumbuhan yang ada, juga terdapat banyak spesies hewan. Sekitar 4.000 spesies hewan ada dikawasan Halla dan spesies-spesies tersebut didominasi oleh spesies serangga. Jadi, selain pemandangan yang disuguhkan, kawasan Gunung Halla juga dapat dijadikan sebagai tempat penelitian, mengingat banyaknya jenis vegetasi dan juga spesies hewan.

Dengan berbagai jenis pemandangan dan cuaca yang mendukung tentunya kamu tidak akan bosan berada di kawasan Halla tersebut.

 

2. Cheonjeyeon dan Cheonjiyeon, Menikmati pancuran air terjun Jeju

Cheonjeyeon Falls
Cheonjeyeon Falls via jejutourism.files.wordpress.com

Dengan nama yang hampir sama, banyak orang mengira kedua air terjun tersebut, merupakan air terjun yang sama. Tapi, jangan salah ya, Choenjeyeon dan Cheonjiyeon merupakan dua air terjun yang berbeda. Keduanya merupakan air terjun yang terkenal di Jeju. Sangat disayangkan, jika kamu melewatkan destinasi populer ini.

Untuk sampai di air terjun Cheonjeyeon, dari terminal bus antar-kota Jeju, kamu bisa naik bus nomor 782. Setelah 1 jam perjalanan, kamu akan sampai di pemberhentian bus di Jungmun. Dari pemberhentian tersebut, cukup berjalan 9 menit untuk sampai di air terjun Cheonjeyeon.

Air terjun Cheonjeyeon merupakan air terjun unik yang memiliki 3 tingkatan air terjun. Tidak seperti air terjun lainnya, yang hanya memiliki satu tingkat, air terjun ini memiliki air terjun pertama, kedua dan ketiga. Menarik bukan?

Air terjun pertama Chonjeyeon memiliki tinggi 22 meter. Di bagian timur , terdapat gua dimana air mengalir dari atap gua yang menghasilkan air terjun. Sedangkan air terjun yang kedua memiliki tinggi 30 meter dan air terjun ketiga adalah air terjun yang mengalir ke arah laut.

Di sekitar air terjun ini, juga banyak ditumbuhi varietas tanaman, sehingga menambah sejuknya udara di sekitar Chonjeyeon. kamu bisa menikmati keindahan air terjun ini diatas Jembatan Seonimgyo yang berada diantara air terjun kedua dan ketiga.

Bagi kamu yang berminat untuk camping, disekitar air terjun Cheonjeyeon, juga terdapat area untuk camping. Dengan alam sejuk dan pemandangan yang memikat mata, kamu dapat mengunjungi air terjun Chonjeyeon ini mulai dari pukul 8 pagi sampai 6 sore waktu setempat.

Berbeda dengan Cheonjeyeon yang memiliki 3 tingkatan air terjun, Cheonjiyeon hanya memiliki satu tingkat air terjun saja. Air terjun ini memiliki tinggi 22 meter, lebar 12 meter dan memiliki dalam 20 meter. Cheonjiyeon terletak di Seogwipo, dan merupakan tempat perayaan festival terbesar di Jeju yaitu festival kapal Seogwipo.

Bagi kamu yang memiliki hobi fotografi, di sekitar air terjun ini, kamu akan menemukan objek-objek foto yang menarik, seperti bunga liar, berbagai jenis vegetasi, sungai-sungai kecil yang dipenuhi oleh bebek-bebek dan lain sebagainya.

Selain itu, disekitar Cheonjiyeon juga terdapat banyak air terjun kecil, tak ketinggalan jembatan-jemabatn kecil yang menambah keindahan pemandangan air terjun ini. Jika kamu iseng-iseng ingin melakukan pentas musik atau pertunjukan kecil, jangan khawatir karena di kawasan Cheonjiyeon juga terdapat panggung kecil yang juga merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

 

3. Oedolgae Rock

Oedolgae Rock
Oedolgae Rock via 4.bp.blogspot.com

Jika kamu penikmat drama Korea, tentunya tidak asing dengan drama populer berjudul Daejanggeum. Drama ini diproduksi tahun 2003 dan salah satu scene dalam drama tersebut berlatarbelakang pemandangan di sekitar Oedalgae Rock. Oedolgae Rock adalah sebuah batu yang menjulang setinggi 20 meter dan memiliki lingkar sebesar 10 meter.

Oedolgae Rock juga sering disebut sebagai “amazing rock” karena tingginya dan juga karena dikelilingi oleh pulau-pulau indah seperti pulau Bum, Sae dan Seonnyu. Changgun Rock adalah nama lain dari Oedolgae.

Untuk mencapai tempat ini kamu tidak perlu khawatir karena Oedolgae tidak jauh dari tepi Sammaebong, kota Seogwipo. Untuk kamu yang suka berjalan-jalan dan menikmati pemandangan Oedolgae, di sekitaran Oedolgae juga terdapat hamparan alang-alang dan juga tanah pertanian. Dari Oedolgae ini, kamu juga dapat menikmati keindahan sunset Pulau Bum.

 

4. Yongduam Rock, Si Batu Legenda

Yongduam Rock
Yongduam Rock via 1.bp.blogspot.com

Menikmati sore ditemani secangkir teh dengan panorama lautan tentunya menjadi impian banyak orang. Jika kamu menginginkan bersantai di sore yang tenang, kawasan Yongduam Rock, bisa menjadi alternatif destinasi kamu.

Yongduam Rock terletak di utara kota Jeju. Dan disana terdapat bermacam kafe, bar, dan juga restoran. kamu juga dapat melihat aktivitas warga terutama yang menarik adalah para wanita penyelam yang biasanya mencari abalone, ikan, atau rumput laut.

Selain dengan pemandangan sekitar dan kegiatan warga sekitar, tentunya kamu tidak boleh melewatkan pemikat Yongduam Rock itu sendiri. Banyak mitos dibalik batu berbentuk seperti kepala naga tersebut. Sehingga tidak heran jika Yongduam Rock sering disebut sebagai Dragon Head Rock atau Batu Kepala Naga.

Versi pertama cerita dibalik terbentuknya Yongduam Rock adalah terbentuk karena angin dan juga ombak yang terjadi 100 tahun lalu. Sedangkan cerita lainnya mengatakan bahwa ada seekor naga mencuri permata berharga dari Gunung Halla, dan konon katanya Naga tersebut jatuh di Yonduam, tubuhnya tenggelam, dan tinggal kepalanya yang membeku menghadap ke arah langit.

Jika kamu berkunjung ke Yongduam bersama kekasih ataupun suami/istri, jangan lupa menyempatkan untuk berjalan di jalan pantai antara Aewol dan juga Yongduam. Tempat tersebut memiliki pemandangan romantis, dan menjadi tempat favorit para pasangan kekasih. Jadi, siapkan kamera kamu, untuk mengabadikan momen-momen spesial di Yonduam.

 

5. Pantai Hamdeok, Pas banget sebagai Vitamin Sea!

Hamdeok Beach
Hamdeok Beach via www.treecraftdiary.com

Melakukan perjalanan 14 km ke arah timur dari kota Jeju, tepatnya di Sinbuk-ro, Jocheon, kamu akan mendapati pantai yang cocok untuk liburan musim panas kamu. Ya, di Sinbuk-ro ini terdapat satu pantai yang selalu memikat wisatawan dengan pantainya yang bersih dan juga indah. Pantai ini bernama Pantai Hamdeok.

Kamu bisa menjadikan pantai ini sebagai tempat berlibur keluarga. Pantai Hamdeok memiliki air yang bersih dan juga dangkal. Jadi jika kamu memiliki kerabat yang masih anak-anak, tentunya pantai ini aman untuk berenang dan tempat bermain anak-anak.

Selain pantainya yang bersih, Hamdeok juga terkenal dengan airnya yang berwarna hijau kebiruan. Kondisi bersih sekaligus indah di pantai ini, akan membuat liburan kamu menjadi nyaman dan menyenangkan.

 

6. Pantai Geommeolle, Si Hitam yang Tenang

Pantai Geommeolle
Pantai Geommeolle via takingflights.com

Memiliki private beach tentunya menjadi impian banyak orang bukan? Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika ya, kamu harus menyempatkan berkunjung ke black sand ini.

Black sand atau pasir hitam merupakan julukan Pantai Geommeolle. Berkunjung ke pantai ini, kamu akan merasakan sensasi seolah memiliki pantai pribadi. Hal tersebut dikarenakan kawasan pantai sangat tersembunyi, sehingga tidak jarang juga disebut sebagai hidden canyon. Jika kamu ingin menikmati waktu sendirian dengan kondisi tenang, kamu bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi.

Pantai ini terletak di Udo, Jeju, dan memiliki keunikan sendiri. Jika Hamdeok memiliki pantai yang jernih dan berwarna hijau kebiruan maka Geommeolle sebaliknya. Pantai dengan pasir berwarna hitam ini, memiliki dasar air yang berwarna gelap pula, yang membuat pantai berwarna abu-abu.

Tapi bukan berarti air di pantai ini tidak bersih. Hanya dasar pantai yang berwarna gelap membuat air seolah-olah berwarna gelap. Pantai ini juga sering disebut sebagai shades of grey karena dominannya warna abu-abu gelap.

Warna pantai menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai ini dan menjadi kelebihan tersendiri pula. Kapan lagi kamu akan menikmati pantai kecil ini, diapit tebing dan dengan kondisi yang tenang, udara sejuk dan juga kamu bisa menghabiskan waktu kamu dengan diri kamu sendiri?

Tentunya kamu tidak boleh melewatkan kesempatan berharga tersebut. Pantai Geommeolle menjadi tempat yang sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati waktu sendiri.

 

7. Si Cantik Manjanggul

Manjanggul Cave
Manjanggul Cave via www.wondermondo.com

Jeju tidak kehabisan stok dengan pemandangan alamnya yang memanjakan mata. Dimulai dari gunung, air terjun, pantai, bahkan batu pun ada di pulau ini. Selain itu Jeju masih memiliki destinasi menarik yang sangat sayang dilewatkan.

Jika berkunjung ke Jeju, kamu tidak boleh melewatkan “Si Cantik Manjanggul”. Manjanggul adalah nama gua yang terletak di desa Donggimnyeong, Gujwa, Jeju Utara. Keunikan gua ini adalah karena proses terbentuknya yang semula merupakan jalur lava gunung api. Jalur lava tersebut terbentuk karena letusan dari gunung Geomunoreum 200-300 ribu tahun lalu.

Jalur lava ini, berbentuk tabung yang memiliki panjang 8.928 meter. Setelah gunung tidak mengalami erupsi lagi, jalur lava berubah menjadi gua alami, dan oleh pemerintah Korea Selatan diubah menjadi sebuah destinasi wisata yang sangat menarik.

Pengunjung akan dimanjakan dengan karbonat berwarna-warni di dinding maupun di atap gua. Karbonat tersebut juga membentuk kolom lava, jembatan lava dan juga karang gua. Adanya lampu-lampu di dalam gua, juga menambah kecantikan Gua Manjanggul ini. Meskipun memiliki panjang lebih dari 8 km, namun untuk wisata hanya dibuka sepanjang 1 km.

Jika kamu berkunjung di gua cantik ini, jangan lupa untuk memakai pakaian hangat, karena suhu didalam gua cukup dingin, yaitu berkisar 15 derajat sampai 17 derajat.

Dalam masalah keamanan, kamu tidak perlu khawatir, karena gua dilengkapi dengan lampu-lampu penerangan, dan dilamnya juga terdapat telepon darurat.

Untuk dapat masuk ke goa ini, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam, cukup dengan 20.500 rupiah per orang atau jika berombongan cukup membayar 18.500 per orang. Jangan sampai melewatkan unuk menikmati kecantikan Gua Manjanggul ini.

Wisata-wisata di atas hanya sebagian kecil dari puluhan tempat wisata di Jeju. Masih banyak lagi surga-surga alam di pulau besar ini. Bagaimana? Kamu sudah menentukan destinasi-destinsai mana saja yang akan dikunjungi? Selamat menjelajahi pulau dengan seribiu keindahan ini!

7 Hal Sederhana yang Wajib Diterapkan Demi Mewujudkan Impian Traveling Kamu!

headline-image-kanan-079

Hai traveler! Di antara kamu, pasti ada yang ingin mengunjungi suatu tempat untuk liburan. Entah untuk refreshing atau memang niat banget demi memenuhi checklist tempat wisata yang harus dikunjungi. Tetapi, kadang ada saja alasan yang membuat acara traveling itu menjadi tertunda.

Alasan yang paling umum adalah malas dan tidak ada waktu. Kalau begitu, kamu tinggal mengumpulkan niat dan atur jadwal perjalanan. Gunakan jasa travel agency untuk mempermudah jadwal perjalananmu. Nah, bagaimana kalau ternyata alasannya adalah karena uang?

Wah, ini membutuhkan motivasi lebih besar lagi agar niat jalan-jalanmu menjadi kenyataan. Ingat, nggak ada hal yang nggak mungkin selama kamu mengusahakannya. Buat kamu yang masih mengandalkan uang saku orang tua maupun berpenghasilan sendiri, beberapa tips wisata ini mungkin akan memudahkanmu untuk mewujudkan keinginan traveling kamu.

 

1. Pangkas pengeluaran bulananmu, mulailah berhemat dalam banyak hal!

Hangout Dengan Teman
Hangout Dengan Teman via www.cafemilano.com

Kalau yang ini, memang harus meneguhkan niat untuk traveling. Perjuangannya memang cukup berat, karena kamu harus mengurangi banyak kesenangan yang dapat menghabiskan uang. Kurangi nongkrong di café, perawatan di salon, atau jajan di restoran yang mahal.

Misalnya seminggu bisa nongkrong di café setiap hari. Cobalah dikurangi menjadi dua sampai tiga kali dalam seminggu. Atau mungkin perawatan di salon empat sampai enam kali dalam sebulan. Kurangi saja hingga dua kali dalam satu bulan. Percayalah, uang dari ‘pembakaran’ tersebut bisa disisihkan untuk menabung demi mengunjungi tempat-tempat yang kamu inginkan!

Pangkas juga biaya pengeluaran pembelian pulsa. Bagi kamu yang hobi berselancar di dunia maya, saatnya mengurangi kebiasaan tersebut. Berhematlah dalam pemakaian internet. Biasanya, hal ini cukup membantu mengumpulkan uang buat kamu yang boros terhadap penggunaan internet.

Lalu buat kamu yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi barang mahal, cobalah menggantinya dengan merk yang lebih murah namun kualitasnya tidak beda jauh. Mungkin tidak akan terlihat perbedaan harganya, tetapi dari situ kamu dapat mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk traveling. Ingat, jangan remehkan uang receh! Seratus ribu tidak akan genap jika nggak ada seribu rupiah.

 

2. Bedakan tabunganmu, satu untuk jalan-jalan dan yang satunya khusus untuk traveling.

Bedakan Tabunganmu
Bedakan Tabunganmu via tango.image-static.hipwee.com

Jangan pernah jadikan satu antara pengeluaran sehari-hari dan tabungan untuk jalan-jalan. Dijamin, uangmu nggak akan cepat terkumpul. Kamu akan selalu tergoda untuk menggunakan uang tersebut meskipun untuk hal-hal kecil.

Memisahkan tabungan akan memudahkanmu untuk mengontrol diri agar tidak kelepasan. Kalau perlu, jangan buat ATM untuk tabungan khusus traveling, sehingga kamu nggak akan tergiur untuk menggunakannya. Buatlah komitmen, bahwa tabungan tersebut bisa membawamu ke tempat yang ingin dikunjungi.

 

3. Kalau tujuanmu ke luar negeri, menabunglah dengan mata uang asing!

Mata Uang Asing
Menabung Dengan Mata Uang Asing via blog.ingleinternational.com

Sebelumnya, kamu pasti sudah mempunyai target mengunjungi tempat-tempat tertentu. Bisa jadi, tujuanmu kali ini adalah ke luar negeri. Cobalah untuk menabung dengan mata uang negara tujuan. Hal ini dapat memudahkanmu untuk mengatur pengeluaran selama di negara tersebut.

Cara selanjutnya adalah menabung dengan mata uang dollar Amerika. Mata uang ini yang paling ‘laku’ di negara-negara besar. Lagipula, hal ini dapat memudahkanmu melakukan penukaran ketika sudah berada di negara tujuan. Ingat, jangan remehkan nominal sekecil apapun. Dengan uang 15 dollar saja, bisa jadi kamu dapat menyeberangi dua negara di Asia Tenggara dalam jalur darat.

 

4. Mulailah atur biaya perjalananmu! Beberapa hal bisa disiapkan mulai saat ini.

Mengatur Biaya Perjalanan
Mengatur Biaya Perjalanan via www.backpackgo.net

Menabung juga bisa dalam bentuk lain. Tiket perjalanan, misalnya. Ada beberapa tiket perjalanan yang dapat dibeli jauh-jauh hari. Contoh paling utama adalah promo tiket pesawat. Berburu promo tiket wajib hukumnya bagi kamu yang mempunyai dana terbatas. Kamu bisa membeli tiket pesawat untuk tahun depan. Hal ini dapat menghindarkanmu dari beratnya pengeluaran secara bersamaan.

Kemudian, kamu bisa mengumpulkan biaya untuk booking hotel, terutama bagi kamu yang bertujuan ke negara asing. Membeli bertahap memudahkanmu untuk mendapatkan harga terbaik dan sesuai dengan kantong pengeluaranmu. Siapa tahu, pihak hotel juga menawarkan diskon cukup tinggi di bulan-bulan tertentu.

 

5. Berjanjilah, kamu akan disiplin dengan jadwalmu sendiri!

Disiplin Dengan Jadwal Perjalanan
Disiplin Dengan Jadwal Perjalanan via donationtravel.com

Banyaknya tempat yang ingin dikunjungi mungkin bisa membuatmu bingung menentukan jadwal perjalananmu. Ingat, semakin lama kamu traveling, semakin banyak pengeluaranmu. Selain itu, dengan jadwal yang pasti kamu akan mudah mengatur perkiraan pengeluaran tiket perjalananmu.

Misalnya, kamu akan traveling selama dua minggu. Kamu bisa membeli tiket promo pulang dan pergi sekaligus dengan biaya yang sudah pasti. Hal ini juga akan membantumu agar tidak terlena selama traveling. Aturlah jadwalmu selama berada di tempat tujuan dan berjanjilah kalau kamu nggak akan molor dari waktu yang ditentukan.

 

6. Jual barangmu yang tidak lagi terpakai atau cari penghasilan sampingan demi traveling!

Menjadi Seorang Freelancer
Menjadi Seorang Freelancer via cdn-media-2.lifehack.org

Masih bingung lagi untuk menambah biaya traveling-mu? Mungkin saatnya memilah barang-barang pantas pakai atau menengok gudangmu. Selain bisa membuat ruangan atau gudangmu lebih rapi, kamu juga bisa menemukan barang-barang yang masih layak untuk dijual.

Saat ini, situs jual beli online sedang menjamur di Indonesia. Meskipun nominalnya tidak banyak, hal ini bisa membantumu untuk menambah tabungan traveling.

Untuk kamu yang punya keahlian tertentu, coba saja untuk mencari pekerjaan sampingan atau freelancer. Tentunya yang nggak mengganggu kegiatan belajar atau pekerjaan utamamu. Perjuangan untuk traveling harus totalitas!

Segala hal harus rela kamu lakukan demi mendapatkan liburan di kota lain atau malah di negeri asing. Selama itu menjadi cita-citamu, kamu akan tetap melakukannya, ‘kan?

 

7. Ingin traveling gratis dibiayai pihak tertentu? Cobalah ikut Konferensi Internasional atau Beasiswa Luar Negeri!

Mengikuti Program Pertukaran Pelajar
Mengikuti Program Pertukaran Pelajar via www.aup.edu

Kalau uangmu masih belum mencukupi, sementara kamu ingin sekali mengunjungi negeri lain, cobalah mengikuti beasiswa atau konferensi tingkat internasional. Selain perjalananmu akan dibiayai, kamu juga akan mendapatkan pengalaman berharga. Kamu akan mendapatkan teman-teman dari berbagai negara yang akan memperluas pergaulanmu.

Sekarang ini banyak beasiswa pertukaran pelajar atau pemuda Indonesia yang hanya berlangsung beberapa bulan saja. Manfaatkan hal tersebut untuk traveling singkatmu.

Tentunya masih banyak cara lain untuk mengumpulkan uang demi biaya traveling. Kalau kamu memang berniat mewujudkannya, bisa jadi kamu menemukan cara lain yang lebih jitu dan cocok dengan pribadimu sendiri. Intinya, untuk mewujudkan keinginan traveling itu tidak sulit. Hanya perlu niat yang kokoh. Selama keinginanmu kuat, maka hal-hal yang tampak sulit akan mudah untuk dijalani dan suatu saat kamu akan mencapai keinginanmu tersebut.

Awalnya memang terlihat berat, namun semua itu akan terbayar ketika kamu sudah berada di tempat tujuan. Jangan patah semangat, jadikan tempat traveling sebagai motivasimu, bahwa tempat tersebut sedekat kamu melangkah di depanmu. Selamat berjuang!

10 Destinasi di Sumba Ini Menawarkan Pesona yang Kamu Butuhkan!

headline-image-kanan-078

Banyak sekali orang membicarakan pulau ini, berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sumba menjelma menjadi sebuah pulau yang bersinar bak permata yang mulai terlihat pancarannya.

Pulau Sumba menjadi banyak incaran bagi pelancong domestik maupun luar negeri dan menjadi salah satu tujuan yang masuk ke dalam bucket list atau tempat wisata Indonesia yang wajib untuk dikunjungi bagi sebagian orang. Bagaimana Sumba menyajikan keindahannya? Mari kamu lihat!

 

1. Bukit Persaudaraan

Bukit Persaudaraan
Bukit Persaudaraan via puansarisiregar.files.wordpress.com

Bagi sebagian orang dataran pulau Sumba masih dianggap hanya terdiri dari hamparan bukit dan tanah gersang saja, namun ketika kamu datang kesini cobalah untuk singgah di Bukit persaudaraan.

Bukit yang berada di daerah Waingapu, Sumba Timur ini menawarkan keindahan Sumba dari sisi lain dengan rumput hijau menghampar sepanjang mata memandang. Jika kamu beruntung saat datang kemari pada malam hari, kamu akan bisa memotret milky way dengan latar pemandangan tanah Sumba yang menambah keindahan foto kamu.

Bagi kamu pemburu sunset bisa juga datangi Bukit Lailara dan Bukit Warinding yang memberikan pengalaman spiritual bagi kamu yang mendambakan ketenangan.

2. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu
Air Terjun Lapopu via 1.bp.blogspot.com

Selain bukit serta hamparan savana, Pulau Sumba menawarkan spot air terjun yang sayang jika dilewatkan ketika datang ke sini. Salah satunya adalah air terjun Lapopu yang letaknya berada di Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, lebih tepatnya di desa Lapopu, Keceamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

Akses untuk bisa sampai ke tempat ini bisa menggunakan kendaran bermotor kemudian diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri sungai. Namun kelelahanmu akan terbayar lunas saat kamu terhipnotis akan keindahan Air Terjun Lapopu ini.

 

3. Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu
Air Terjun Matayangu via 3.bp.blogspot.com

Masih dalam satu kawasan Taman Nasional Manupe terdapat air terjun yang tak kalah indahnya dengan air terjun lapopu, yaitu Air terjun Matayangu.

Berkunjung kemari pada bulan Maret sampai Juni dan Oktober sampai Desember adalah saat yang tepat, karena kamu akan melihat keindahan air terjun ini secara maksimal dengan debit air yang melimpah.

4. Laguna Weekuri

Laguna Weekuri
Laguna Weekuri via 2.bp.blogspot.com

Sebuah laguna yang terdapat di kecamatan Kodi ini berjarak sekitar 60 kilometer dari pusat kota Kabupaten Sumba Barat Daya, akses jalan untuk bisa mencapai tempat ini sebagian sudah beraspal namun sisanya adalah jalan setapak biasa masih asri dan masih dikelilingi oleh semak belukar di kanan-kiri jalannya.

Tidak ada waktu khusus untuk mengunjungi tempat eksotis ini karena dari sini kamu bisa melihat matahari terbit juga ketika matahari tenggelam. Air di laguna ini rasanya payau karena Weekuri adalah spot pertemuan antara air laut yang asin dan mata air dari gunung.

Jadi ketika kamu mencoba untuk berenang di sini, kamu akan merasakan sensasi berenang dengan suhu yang berbeda di beberapa titik, hangat dan dingin. Weekuri memang beda!

5. Pantai Bawana

Pantai Bawana
Pantai Bawana via scontent.cdninstagram.com

Tidak ketinggalan pulau Sumba juga memiliki pantai-pantai yang menawarkan keunikannya tersendiri, salah satunya ada di Pantai Bawana yang terletak di Kodi, Sumba Barat Daya.

Pantai dengan pasir putih dan karang-karang tinggi menjulang di pinggiran garis pantainya akan membuat kamu merasa sedang berada di Thailand!

 

6. Pantai Oro

Pantai Oro
Pantai Oro via www.sumbabaratdaya.com

Masih berada di Barat Daya pulau Sumba terdapat pantai yang benar-benar akan membuat kamu tidak berkedip karena keindahannya! Inilah Pantai Oro yang letaknya berada di kecamatan Loura.

Butuh waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam untuk bisa mencapai lokasi pantai ini, karena belum ada angkutan umum yang mengantar kamu kesana maka carilah sepeda motor atau menyewa travel sebagai alat transportasinya.

Tak jauh dari Pantai Oro ada pedesaan kecil bernama desa Oro, jika kamu sempat mampir jangan kaget ketika kamu ditawari sirih pinang khas Sumba oleh warga setempat.

7. Pantai Kita

Pantai Kita
Pantai Kita via 4.bp.blogspot.com

Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 30 menit dari bandara Tambaloka, terdapat pantai yang cukup terkenal, Pantai Kita namanya.

Air yang masih terlihat biru dan pasir putihnya akan membuat kamu terpesona dan tidak akan dengan mudah melupakan keindahan pantai ini. Meskipun sudah banyak pengunjung yang datang kemari untuk sekedar berjalan-jalan atau bermain bola di pinggir pantai, suasana hangat selalu ada di pantai ini karena warga di sekitar pantai yang ramah.

8. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu
Pantai Nihiwatu via cdni.condenast.co.uk

Pantai Nihiwatu adalah salah satu private beach di Sumba. Pantai Nihiwatu tergolong tidak terlalu ramai karena yang berada di pantai ini kebanyakan hanyalah pengunjung resort saja.

 

9. Pantai Ratenggaro

Pantai Ratenggaro
Pantai Ratenggaro via sbdtourism.com

Bagi kamu yang hobi dengan surfing atau berselancar pantai Ratenggaro adalah salah satu spot yang bagus untuk olah raga ini, letaknya di kecamatan Kodi.

Berdekatan dengan desa adat Ratenggaro yang terkenal dengan situs kuburan batunya, jadi kamu yang sempat singgah di sini akan disuguhi wisata pantai, sejarah dan budaya sekaligus.

Jarak tempuh dari Tambaloka sekitar 48 kilometer dan bisa di akses menggunakan mobil maupun kendaraan bermotor lainnya karena jalan yang menghubungkan Kodi dan Tambaloka sudah di aspal, jadi para traveler tidak perlu khawatir.

10.  Pantai Mandorak

Pantai Mandorak
Pantai Mandorak via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Jika kamu menyukai sedikit petualang dalam mencapai destinasi tertentu, di Sumba terdapat sebuah pantai yang “tersembunyi”. Letaknya berada di desa Pero Batang kecamatan Kodi.

Untuk bisa sampai ke pantai ini, kamu harus mengikuti jalan setapak di desa Pero Batang dan bisa menggunakan kendaraan bermotor. Namun, sebelum sampai di pantai ini, kamu harus berjalan sekitar 1 kilometer dahulu.

Tetapi lama dan jauhnya perjalanan semua itu akan terbayar tunai dengan pemandangan pantai pasir putih serta air laut yang terlihat biru.

Buat kamu yang  merencanakan akan datang melancong ke pulau Sumba pada bulan Februari, jangan lewatkan festival adat yang diadakan setahun sekali bernama Pasola.

Beberapa tips yang harus diperhatikan juga ketika kamu baru pertama kali datang ke Sumba, pastikan membawa peta tapi jika lupa atau tidak sempat membelinya di beberapa hotel atau resort, mereka menyediakannya khusus untuk wisatawan yang datang.

Ingat, ketika kamu berjalan di lingkungan warga Sumba, jangan kaget dan jangan segan ketika kamu ditawari pinang sirih oleh mereka, kamu bisa mencoba menyirih bersama warga asli Sumba dan mendapatkan pengalaman baru serta teman baru. So, mau mencoba pengalaman baru di Pulau Sumba?

5 Tempat Super Keren di Dunia Ini Pasti Sukses Bikin Kamu Terpesona!

headline-image-kanan-077

Menjelajahi seluruh tempat wisata dunia adalah impian setiap orang. Secara, siapa sih yang gak mau menikmati keindahan setiap landmark yang Negara lain punya? Jangan bimbang untuk menentukan destinasi liburanmu selanjutnya, traveler! Berikut ulasan tempat wisata ciamik yang bikin kamu pengen ke sana!

 

Chittorgarh Fort, India

Chittorgarh Fort
Chittorgarh Fort, India

Chittorgarh Fort ini adalah salah satu benteng terbesar di India dan termegah di negara bagian Rajasthan. Benteng ini memiliki ketinggian 180 meter di atas bukit dan memiliki luas area 280 ha (691,9 hektar) di atas dataran lembah yang dialiri oleh sungai Berach pada abad ke-7 Masehi.

Benteng yang bentuknya kira-kira seperti bentuk ikan ini memiliki keliling 13 km (8,1 mil) dengan lebar maksimum 3 km (1,9 mil). Raja yang membangun yaitu Iwan Fals Rawal, seorang pendiri dan penguasa dalam Hierarki Sisodia Mewar. Benteng ini dibangun dengan tujuan sebagai mas kawin bagi putri Solanki.

Dulu di dalam benteng ini terdapat sekitar 84 tempat penampungan air, kini hanya tersisa 22 tempat saja yang masih berfungsi. Bentuknya terdiri dari kolam dan sumur.

Penampungan air ini terisi air dari mata air sekitar dan curah hujan, dan memiliki penyimpanan total lebih dari 4 miliar liter, yang bisa memenuhi kebutuhan air dari 50.000 pasukan. Bahkan pada masanya dapat menyediakan air secara percuma selama kurun waktu empat tahun lebih.

 

Crystalline Turquoise Lake, Tiongkok

Crystalline Turquoise Lake
Crystalline Turquoise Lake via www.chinadiscover.org

Crystalline Turquoise Lake ini terletak di Jiuzhaigou National Park, Tiongkok. Danau ini disebut juga dengan Kristal Turquoise Biru atau Lima Bunga Danau Tiongkok.

Danau tersebut dikelilingi oleh tiga gunung yang membuat air di dalamnya nampak sangat jernih dan segar. Selain air yang jernih, danau ini juga memiliki bayak warna, seperti biru paus, kuning, hijau, biru, dan juga batang pohon yang tumbang dan sudah terjadi sejak dahulu kala menambah keindahan alamnya.

 

Piramida Agung Giza atau Piramida Khufu, Mesir

Piramida Khufu
Piramida Khufu via ancientworldwonders.com

Piramida Khufu adalah piramida tertua dan terbesar dari tiga piramida yang ada di Nekropolis Giza, Mesir. Piramida yang memiliki ketinggian 138 meter ini dibangun dalam rentan waktu tiga generasi selama lebih dari 20 tahun, diperkirakan berlangsung pada sekitar tahun 2560 SM.

Dipercaya dibangun sebagai makam untuk Firaun dinasti keempat Mesir, Khufu. Piramida ini merupakan satu-satunya bangunan yang masih menjadi bagian dari tujuh keajaiban dunia.

 

Sharm El-Sheikh, Mesir

Sharm El-Sheikh
Sharm El-Sheikh via www.alltoursegypt.com

Sharm El-Sheikh adalah kawasan kota wisata Mesir. Lebih tepatnya terletak di ujung selatan Semenanjung Sinai, di wilayah Suai Janub. Kota yang disebut juga sebagai “Sharm” ini berlokasi diantara laut merah dan Gunung Sinai di atas selat Tiran di Teluk Aqaba.

Dari sebuah desa nelayan yang tenang pada paruh terakhir abad ke-20, Sharm El-Seikh ini berubah menjadi tujuan wisata yang mewah bertaraf dunia dan menjadi tuan rumah berbagai pertemuan internasional, seperti menjadi tuan rumah berbagai konferensi dan KTT perdamaian, serta pertemuan-pertemuan politik dan keuangan yang dihadiri oleh para pemimpin dunia.

Lokasi Sharm El-Seikh membuat banyak diinginkan oleh banyak pihak dan menjadi perebutan selama abad ke-20. Ditandai pada tahun 1956, wilayah ini pernah berada di bawah kendali Israel dan kemudian dikembalikan lagi ke Mesir pada tahun 1957.

Namun pada tahun 1967, Israel kembali menduduki Sharm El-Sheikh selama Perang Enam Hari. Setelah perang tersebut, wilayah ini kembali di bawah kendali Mesir pada tahun 1982. Sejak saat itu Mesir membangun wilayah Sharm El-Sheikh dengan visi menjadikannya tujuan wisata utama di kawasan itu.

Garis pantai yang panjang, air laut yang bersih, dan musim dingin yang hangat dengan suhu musim dingin rata-rata berkisar antara 15-35 Derajat Celcius sedangkan pada musim panas suhu berkisar 20-45 Derajat Celcius membuat wilayah ini menjadi wisata populer.

Sharm El-Sheikh ini bagai surga wisata air seperti snorkeling, scuba diving, dan lainnya. Didukung oleh terumbu karang terkenal, yang disebut-sebut menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Dimana terdapat 250 terumbu karang dan lebih dari 1000 spesies ikan dan pasokan besar plankton dengan adanya 800 meter dinding karang.

Di Sharm El-Sheikh, traveler dapat melihat gunung Sinai dan Na’ama Bay yang juga terkenal karena keindahannya. Selain itu terdapat juga trek bersepeda, trek unta, dan lapangan golf dengan fasilitas lengkap di sana.

 

Maldives atau Maladewa

Maldives
Maldives via news.conradhotels.com

Ngomongin Maldives memang gak ada matinya! Pulau Maldives atau disebut juga Maladewa merupakan negara kepulauan yang terdiri dari 1.200 pulau di Samudera Hindia. Maladewa terletak disebelah selatan-barat daya India, sekitar 700 km sebelah barat-daya Sri Lanka.

Negara dengan populasi dan luas wilayah terkecil di kawasan Asia ini memiliki tinggi rata-rata permukaan tanah 1.5 meter di atas permukaan laut, hal ini menjadikannya negara dengan permukaan terendah di seluruh dunia. Jika kenaikan permukaan laut terus meningkat seiring perubahan iklim global, surga yang indah ini mungkin akan lenyap di bawah laut cepat atau lambat. Duh, jangan sampai ya!

Ini pulau benar-benar cocok banget buat yang ingin honeymoon! Suasana alamnya yang masih natural dan jernihnya air bikin kamu lupa sejenak dengan segala rutinitas padatmu. Terlebih saat malam tiba, nuansa romantisnya terasa banget traveler!

Oke banget semua ya! Jadi, sudah memantapkan hati mau kemana nih traveler! Jangan lupa, kalau liburan jangan pas high season ya!

6 Pantai di Jogja Ini Menawarkan Suasana Camping yang “Syahdu”!

headline-image-kanan-076

Seperti kita ketahui, pantai adalah daerah yang memisahan perairan laut dengan daratan. Yang dimana biasanya permukaan pantai terdiri dari hamparan pasir luas dan menjadi pemisah antara daratan (tanah) dan air laut.

Daerah pantai inilah yang kemudian biasanya dijadikan oleh wisatawan menjadi tempat rekreasi keluarga dikarenakan tempat wisata ini memiliki hembusan angin yang kencang berpadu dengan terik matahari, belum lagi dinginnya angin serta deburan ombak dari lautan yang menjadi daya tarik tersendiri.

Hal ini disebabkan oleh daerah pantai yang berpasir membuatnya sukar untuk ditumbuhi tanaman-tanaman yang menjulang tinggi, sehingga membuat daerah pantai menjadi tempat yang terbuka karena jarangnya tanaman yang hidup di sana.

Hal ini pula yang membuat sebagian orang menjadikan daerah pantai sebagai salah satu tempat favorit untuk ber-camping ria. Seperti beberapa pantai berikut yang menyajikan spot camping jempolan yang ada di daerah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apa aja sih? Yuk disimak!

 

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti
Pantai Indrayanti via 3.bp.blogspot.com

Nama Pantai Pulang Sawal mungkin kurang familiar dikalangan masyarakat, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Seiring berjalannya waktu, pantai ini memang lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti dibandingkan nama aslinya, hal ini merujuk pada sebuah kedai di Pantai Pulang Sawal yang terpampang sangat besar bertuliskan “Indrayanti”.

Pantai ini cukup unik, dengan memiliki bibir pantai yang bisa dibilang sempit, pantai ini cukup ramai dijadikan area camp oleh wisatawan dikarenakan suasana malam hari di pantai ini lebih cerah disebabkan jarak antara bibir pantai dengan jalan utama dan beberapa kedai serta penginapan yang tidak terlalu jauh memungkinkan pantai ini mendapat pencahayaan lebih.

Pantai ini juga masih terjaga kebersihannya karena pengelola meberlakukan sistem denda bagi yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Hal ini juga tentunya sebuah tindakan yang positif untuk tetap menjaga kebersihan pantai, agar tetap dapat dinikmati bersama pengunjung lainnya.

 

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal
Pantai Pok Tunggal via wisataterbaru.com

Akses menuju ke Pantai Pok Tunggal ini sedikit ekstrim, ditambah bila kamu ingin berkunjung di musim hujan, karena akses menuju ke pantai ini masih sangat “alami”, kombinasi antara batu karang yang menghampar dengan tanah sedikit merepotkan pengunjung.

Jika hujan turun dipastikan jalanan akan sedikit berlumpur. Belum lagi jalan yang tidak terlalu lebar dan gelap (di waktu malam) dikarenakan minimnya penerangan yang memadai di sisi jalan. Namun, setelah sampai di daerah pantai, seketika rasa lelah kamu akan terbayar lunas!

Bagaimana tidak, dengan bibir pantai yang cukup lebar dan panjang, pantai ini juga bisa dinikmati dari atas bukit yang mengapit di kedua sisi pantai. Camp areanya pun tergolong juara!

Biasanya wisatawan menggunakan tong sampah sebagai tempat untuk membakar api dengan tujuan untuk tidak mengotori daerah pantai setelah kayu terbakar habis menjadi abu dan sisa-sisa abu pembakaran dapat dengan mudah dibersihkan untuk tetap menjaga daerah pantai terlihat bersih.

 

Pantai Siung

Pantai Siung
Pantai Siung via 3.bp.blogspot.com

Pantai yang berada di daerah ujung timur Gunungkidul ini cukup menyita waktu selama perjalanan menuju ke sana, namun jalan yang ditempuh sudah sepenuhnya ter-aspal baik.

Untuk spot camp di pantai ini cukup unik, kamu bisa mendirikan tenda di atas bukit karang disekitar pantai yang tidak terlalu tinggi, namun cukup memberi sensasi “syahdu” tersendiri mendengar hentakan ombak menghempas dinding karang yang kamu pijak, belum lagi keamanan dari kemungkinan tenda kamu tersapu ombak dikarenakan kamu berada di atas bukit.

Untuk api, tak perlu risau, kamu juga dapat menyalakan api unggun dan mudah dibersihkan karena diatas tebing ini beralaskan tanah, sehingga sisa pembakaran kayu tadi tidak akan mengotori daerah camp.

Dinding-dinding tebing bukit menjadi penahan angin pantai yang biasanya cukup kencang di malam hari. Dinding bukit di pantai ini juga bisa dijadikan sarana olahraga panjat tebing bagi kamu yang memiliki nyali yang cukup tinggi.

 

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan
Pantai Sadranan via 2.bp.blogspot.com

Letaknya berdekatan dengan Pantai Pulang Sawal (Indrayanti), camp area pantai ini juga bagus, bahkan untuk kamu yang memang bertujuan untuk camping di pantai ini.

Untuk urusan kayu bakar, kamu tak perlu payah mencari, penjaga pantai yang juga petugas parkir di Pantai Sadranan ini juga menjual kayu bakar bagi kamu yang ingin menikmati suasana malam di pantai ditemani dengan api unggun.

Bagi kamu yang tidak membawa tenda juga bisa menyewa pendopo/gubuk kecil di tepi pantai yang memang untuk disewakan oleh para warga di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga memiliki spot snorkeling yang menawan.

Kamu dapat menikmati semua keindahan pantai ini, baik siang maupun saat malam. Belum lagi saat petang, jika cuaca memungkinkan, kamu dapat menikmati suasana matahari terbenam dengan indah.

 

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok
Pantai Jungwok via perseagreen.files.wordpress.com

Pantai yang lokasinya sangat berdekatan dengan Pantai Wediombo ini berada cukup jauh dari kota Yogyakarta. Selain itu Pantai Jungwok mempunyai keunikan tersendiri, yaitu adanya aliran sumber air yang langsung mengalir menuju ke laut.

Pantai ini masih amat jarang dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan lokasinya yang cukup sulit dan jauh untuk dijangkau. Jika kamu berniat mengunjungi pantai ini, diharapkan kondisi kendaraan kamu dalam kondisi prima karena perjalanan menggunakan kendaraan bermotor yang akan ditempuh lumayan jauh.

Saat memasuki pintu masuk pantai ini, kamu diharuskan untuk tracking sejenak menuruni daerah bukit yang sedikit terjal dan licin terlebih saat musim hujan. Dengan dikelilingi bukit yang menjulang, kamu dapat mendirikan tenda dengan nyaman, karena pantai ini memiliki camp area yang lumayan besar dengan permukaan yang datar.

Bibir pantai dari pantai ini cukup bagus karena berbentuk setengah lingkaran. Dengan backview bukit karang yang menjulang. Wow banget pokoknya!

 

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu
Pantai Wohkudu via 3.bp.blogspot.com

Pantai yang berlokasi di daerah Panggang, Gunungkidul ini, memiliki keindahan berupa gugusan bukit yang seolah mengepung daerah pantai. Jadi, seolah-olah traveler berada di daerah pribadi saat berada di pantai ini.

Belum lagi hamparan pohon kelapa yang berada di belakang pantai ini akan menambah syahdu suasana saat kamu berada di pantai. Ya, pohon kelapa lumayan banyak ditemukan di pantai ini.

Berbeda dari pantai di Gunungkidul pada umumnya dimana permukaan tanah lebih didominasi oleh karang. Untuk di Pantai Wohkudu ini, jarak antara camp area pasir dan camp area tanah atau rumput sangat berdekatan dengan bibir pantai sehingga pengunjung dapat leluasa menikmati suasana camp yang sedikit berbeda dari kebanyakan pantai yang ada.

Untuk fasilitas MCK di pantai ini juga masih terbatas, dimana pengelola hanya menyediakan satu bilik kamar mandi saja.

Untuk bibir pantainya, Pantai Wohkudu terbilang pendek, namun camp area yang ada di pantai ini sangatlah luas. Jika musim hujan tiba, kamu tak perlu khawatir.

Kamu dapat mendirikan tenda di bawah tebing bukit yang mengelilingi pantai ini, sehingga tenda akan aman dari air hujan. Bahkan kamu dapat menyalakan api unggun dibawah tebing bukit yang membuat kamu seperti sedang berada di dalam sebuah gua.

Demikian beberapa review pantai yang layak dijadikan tempat referensi camping di Gunungkidul, Yogyakarta terutama bagi traveler yang ingin menimati suasana pantai yang berbeda, yakni di malam hari.

Kopi, nyanyian, deburan ombak, dinginnya hembusan angin serta hangatnya api unggun melebur menjadi satu menamakan diri mereka sebagai kesyahduan yang akan menjadi bumbu penyedap liburanmu.

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan jaga kondisi tubuh agar liburanmu menjadi berkesan. So, pantai mana yang akan menjadi tujuan camp kamu?