JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

5 Landmark Kota Nanjing Terunik dan Bersejarah Ini Wajib Kamu Kunjungi Saat Berkunjung ke Cina!

headline-image-kanan-059

Jika di Italia ada kota Roma yang menjadi pusat ibukota sekaligus gambaran peradaban masyarakat Italia, maka Cina mempunyai kota Nanjing, yang mana merupakan sebuah kota tua yang kental dengan nilai sejarahnya. Letak kota Nanjing ini ada di jantung Cina bagian timur dan dekat dengan Delta Sungai Yangtze.

Untuk sekedar catatan saja bahwa sebenarnya kota ini dulunya bernama Nanking, sedangkan nama Nanjing mulai digunakan semenjak periode Dinasti Zhou. Disebut kota tua bukan berarti bahwa kota Nanjing terlihat rapuh dari segi bangunan, atau lingkungan yang kumuh, atau mungkin tak ada gedung-gedung serta tempat-tempat menarik yang menyejukkan yang bisa dinikmati.

Justru sebaliknya, kota Nanjing yang merupakan salah satu dari tiga kota besar di Cina ini memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan kota-kota lainnya di Cina, mulai dari lingkungan, pendidikan hingga keindahan alamnya.

Bukti nyata dari segi pendidikan adalah di kota yang penuh dengan hiasan bunga sakura itu banyak berdiri Unviersitas dengan kualitas bagus. Selain itu, Nanjing juga menjadi kota paling penting di Cina selama seribu tahun ini, dan kota ini juga masuk dalam 4 teratas kota kuno kuno yang paling besar dalam satu abad ini. Amazing!

Bagaimana dengan keadaan alamnya?

Kota Nanjing

Kota Nanjing via images.trvl-media.com

Iklim di kota Nanjing hampir mirip dengan di Indonesia, jika Indonesia adalah Negara tropis maka Nanjing adalah kota dengan iklim subtropis yang lembab. Di sana juga memiliki empat musim yang berbeda dan terus bergantian

Iklim lembab itulah yang menjadikan kota Nanjing nyaris dipenuhi oleh berbagai macam jenis tanaman yang indah, dan inilah salah satu penyebab kota Nanjing terlihat semakin elok. Jadi jangan mengerutkan dahi dulu jika mendengar bahwa Nanjing adalah kota kuno.

Jernihnya sungai Yangtze yang berkombinasi dengan apik bersama pegunungan-pegunungan kecil membuat keindahan kota Nanjing semakin tampak nyata. Ditambah lagi, setelah memasuki awal-awal abad ke dua puluh, Nanjing terus mengalami perkembangan mulai dari bidang perekonomian hingga bidang-bidang lainnya.

Bicara soal pariwisata, sebenarnya semua sudut kota Nanjing bisa dibilang sangat menarik sekali untuk dinikmati. Namun, ada beberapa tempat yang belum banyak diketahui para traveler. Apa aja ya? Here we go!

 

1. Stone City atau Kota Batu

Stone CityStone City

Stone City via static.panoramio.com

Stone City ini dibangun oleh penguasa Wu Raya yang terkenal yaitu Sun Quan (182 – 252). Dulu tempat ini digunakan oleh jendral Zhou You sebagai tempat pelatihan para tentara angkatan laut. Dikatakan Stone City sebab tempat ini penuh dengan bebatuan besar yang hampir membentuk sebuah tembok-tembok besar.

Letaknya yang berada di atas bukit, membuat Stone City menjadi tempat yang sangat indah sekali untuk dikunjungi. Di dalam tempat ini ada sebuah teman yang indah yang dulunya dipakai sebagai tempat pertahanan.

Yang membuat Stone City semakin terkenal adalah adanya landmark “Ghost Faced Wall”, dipermukaan batu tersebut memang seolah-olah tampak seperti wajah. Tempat bersejarah ini bisa diakses dengan hanya berjalan kaki dari Hanzhongmen Station dan dari Nanjing Metro.

 

2. Jiming Temple

Jiming Temple

Jiming Temple via static.panoramio.com

Kuil ini dulu sempat hancur karena adanya pemberontakan, akan tetapi mulai dibangun kembali. Entah seberapa hebat konflik saat itu, Jiming Temple tak hanya sekali dua kali dibangun kembali, tapi berkali-kali dan itu artinya kuil ini juga pernah dihancurkan berkali-kali.

Dinamakan Jiming sebab kuil bersejarah ini awal mula dibangun pada masa Dinasti Ming, dan mempunyai arti “ayam berkokok”.

Di dalam kuil ini terdapat tiga bangunan besar diantaranya adalah Guanyin Hall, bangunan Huomeng, serta bangunan Pagoda. Jiming Temple saat ini dijadikan tempat pariwisata sekaligus menjadi museum benda-benda bersejarah.

 

3. Xu Garden

Xu Garden

Xu Garden via upload.wikimedia.org

Xu Garden ini juga memiliki sebutan lainnya, yaitu Xihuayuan. Taman ini dulunya adalah tempat kediaman Pangeran Han, namun seiring berjalannya waktu tempat ini beralih menjadi sebuah taman kekaisaran.

Taman ini sangat bersih sekali, ketika kamu memasuki taman tersebut pasti akan merasakan perbedaan yang sangat jauh dari taman-taman yang ada di Indonesia. Di dalam taman ini sudah disediakan sebuah perahu yang cukup besar sebagai sarana transportasi bagi pengunjung yang ingin berkeliling menggunakan perahu.

Xu Garden semakin unik lagi dengan hadirnya bukit buatan kecil yang banyak terdapat bebatuan dengan desain hewan-hewan zodiak berjumlah 12, nama bukit tersebut adalah “Shout Rockery”.

 

4. Mochou Lake

Mochou Lake

Mochou Lake via upload.wikimedia.org

Nama Mochou diambil dari nama julukan seorang wanita yang mana julukan itu artinya “jangan Khawatir”. Wanita yang dikenal sebagai Mochou itu dulunya hendak melakukan bunuh diri lantaran ia hendak dinikahkan pada seseorang yang sama sekali tidak ia sukai.

Danau ini terletak di dekat gerbang Shuixi di kota Nanjing. Pada masa dinasti Qing hingga sekarang, hampir tidak ada tempat yang lebih indah dari pada danau Mochou ini. Oleh karena itulah sebabnya danau ini dijadikan tempat wisata yang paling utama di kota Nanjing.

Buat para traveler yang penasaran bisa langsung menuju kota Nanjing. Mudah kok, kamu tinggal mencari gerbang Shuixi dan setelah itu kamu bisa menikmati keindahan Mochou Lake ini. Kebetulan, setiap tahunnya kota Nanjing mengadakan lomba perahu naga yang digelar di tempat ini. So, cek agenda tahunannya kota Nanjing dulu ya traveler kalau mau ke Mochou Lake!

 

5. Jiangxin Island

Jiangxin Island in Yangtze River

Jiangxin Island in Yangtze River via 3.bp.blogspot.com

Jiangxin Island bukanlah sembarang pulau buatan, tapi asli dan alami. Pulau kecil ini membentuk sebuah tombak yang terletak di tengah sungai Yangtze, sebuah pulau kecil yang unik. Mungkin saking uniknya itulah pemerintah kota selalu mengadakan festival tahunan yang rutin diselenggarakan di tempat ini.

Yang lebih menarik lagi adalah, pada festival tersebut akan dengan mudah menemukan berbagai macam jenis minuman anggur dengan rasanya yang sangat enak. Buat kamu sang pecinta minuman anggur, festival ini wajib banget kamu datengin!

Tempat ini juga merupakan tempat kedua terbaik setelah Mochou Lake, jadi tidak heran jika setiap hari libur atau pada musim-musim wisata tempat ini akan ramai wisatawan.

Gak salah lagi jika kota Nanjing menjadi salah satu destinasi wajib saat para traveler berkunjung ke “Negeri Tirai Bambu” ini. Tidak tempat wisatanya saja yang menawarkan keelokan namun ternyata festival tahunannya pun tak kalah saing untuk menarik para wisatawan. Cek kalender dan siapkan budget ya traveler!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *