JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

5 Tempat Wisata Dunia dengan Arsitektur Unik dan Kuno Ini Wajib Segera Kamu Kunjungi!

headline-image-043

Peninggalan kuno pastinya menjadi salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Di dunia ini ada banyak sekali jenis peninggalan kuno dengan berbagai bentuk dan jenis yang berbeda, salah satunya adalah yang berupa landmark. Landmark adalah suatu bangunan yang ada di suatu tempat dengan berbagai bentuk dan arsitektur yang unik dan sangat mempesona.

Pasti kamu sudah sangat sering jika mendengar tentang Kolosium, Taj Mahal, atau bahkan Tembok Besar Cina. Pasti kamu sudah tahu dan pasti sangat hafal dengan beberapa landmark terkenal di dunia tersebut. Tapi, apakah hanya itu saja landmark yang ada di dunia ini? Tentu saja tidak!

Nah, itu hanyalah arsitektur-arsitektur megah yang sudah memiliki nama dan sudah sangat sering untuk kamu kenal, bukan? Apakah hanya itu saja peninggalan kuno yang ada di dunia ini? Tentu saja jawabannya, tidak! Berikut ini ada lima tempat wisata dunia dengan arsitektur megah nan menakjubkan yang harus kamu tahu.

Mana sajakah tempat itu, dan bagaimana keindahannya? Yuk kita jelajahi satu persatu!

 

1. Masjid Djenne, Mali

Masjid Djenne

Masjid Djenne via www.slate.com

Salah satu peninggalan kuno dengan design yang menarik dan luar biasa adalah sebuah Masjid Djenne yang ada di Mali, Afrika Barat. Masjid Agung Djenne adalah salah satu Masjid dengan arsitektur yang unik sebab masjid ini dibuat dari lumpur dan kayu saja. Kamu pasti bisa membayangkan, bagaimana bangunan yang begitu besarnya hanya dibuat dengan lumpur dan kayu saja.

Tak cukup itu saja keunikan dari Masjid yang satu ini. Jika kamu membayangkan masjid dengan arsitektur warna-warni, maka kamu tak akan kamu dapatkan dari tempat yang satu ini. Pada bagian luar kamu akan mendapatkan tampilan arsitektur bangunan masjid yang menjulang tinggi yang terbuat dari plaster lumpur lengkap dengan kayu-kayu yang menjorok ke depan.

Masjid yang satu ini sudah dibangun sejak tahun 1906 hingga tahun 1907. Karena bangunan yang terbuat dari lumpur, kayu, dan bata maka setiap tahunnya diadakan festival untuk memanjat kayu untuk menambal plester lumpur dari dinding Masjid ini. Nah, jika kamu ingin sesuatu yang unik, coba saja deh berkunjung ke Masjid yang satu ini.

 

2. Derawar Fort, Pakistan

Derawar Fort

Derawar Fort via bwp.com.pk

Kita mulai dengan tembok pertahanan yang dibangun dengan sangat menakjubkan yang ada di Pakistan. Ya, di Paskitan terdapat sebuah bangunan kuno berupa benteng dengan arsitektur yang sungguh menakjubkan dan sangat unik. Derawar Fort namanya, letaknya ada di Bahawalpur, Punjab, Pakistan.

Derawar Fort adalah benteng melingkar di mana dibuat dengan 40 lingkaran-lingkaran yang membentang dengan gagah dan megah. Lingkaran dari benteng ini sebesar 1.500 meter. Sementara untuk tinggi dari benteng ini mencapai tinggi hingga 30 meter. Kebayang kan, bagaimana besarnya tembok yang satu ini.

40 benteng yang dimiliki oleh Fort dengan ukuran yang sangat besar dan masih utuh tentu menambah ketakjuban dan indahnya dari bangunan yang satu ini. Padahal jika dilihat dari tahun pembuatannya saja pasti kamu tidak akan menyangka jika bangunan ini tetap berdiri dengan kokoh dan megahnya.

 

3. Masjid Sheikh Lotfollah, Iran

Masjid Sheikh Lotfollah

Masjid Sheikh Lotfollah via gracetheglobe.files.wordpress.com

Selanjutnya kita akan melihat salah satu peninggalan yang sangat luar biasa yang ada di Iran. Masjid Sheikh Lotfollah yang ada di Iran ini merupakan salah satu masterpiece dengan arsitektur yang begitu megah dengan ukiran-ukiran yang sangat cantik. Jika kamu ingin berlibur dengan sedikit nuansa religi tetapi tidak kehilangan moment mengabadikan tempat-tempat yang indah, masjid yang satu ini harus kamu masukan di list daftar liburanmu.

Masjid Sheikh Lotfollah ini dibangun sekitar tahun 1602 hingga 1619. Letak dari Masjid ini tepatnya ada di sisi timur dari Naghs-I, Isfahan, Iran. Arsitek yang membangun salah satu peninggalan yang sangat megah nan luar biasa ini adalah Syaikh Bahai.

Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan jika kamu berkunjung ke tempat ini. Selain arsitektur baik itu outdoor dan interior yang luar biasa indah, kamu juga bisa mendapatkan berbagai karya-karya yang sangat unik dan tiada duanya di tempat lain. Misalnya saja nih, kamu bisa melihat karpet terbesar di dunia dengan ukuran yang besar. Selain itu, ornament dan juga kaligrafi yang ada di masjid ini sangat indah.

 

4. Chand Baori, India

Chand Baori

Chand Baori via www.amazingplacesonearth.com

Pasti kamu tahu dong, Taj Mahal yang ada di India, namun ternyata India mempunyai peninggalan sejarah kuno yang menakjubkan lainnya. Chand Baori, sebuah sumur terdalam dan terbesar yang ada di dunia. Namun, bukan sumur biasa tanpa ada nilai arsitektur yang megah dan menakjubkan pastinya. Kamu bisa menemukan begitu indahnya arsitektur di dalamnya yang pasti akan membuatmu heran saat mengunjunginya.

Chand Baori terletak di sebuah desa kecil bernama Abhaneri yang ada di India. Jika dilihat dari luar, tempat yang satu ini hanya berbentuk seperti sumur. Padahal, jika dilihat di dalamnya kamu akan menemukan arsitektur tangga hingga 13 lantai yang sangat megah dan tersusun sangat rapi.

Sumur kuno ini memiliki arsitektur di dalamnya yang memiliki susunan anak tangga ganda hingga berjumlah 3.500 anak tangga yang di susun secara simetris. Dalamnya sumur dengan 13 lantai lengkap dengan tangga yang berjajar tersebut memiliki kedalaman hingga 20 meter. Pasti, kamu pun tidak akan pernah menyangka jika di dalam sumur akan ada arsitektur yang begitu menawan dan indahnya.

Pada awal pembangunannya, sumur ini dibangun dengan tujuan sebagai penyedia sumber air bagi Dinasti Nikumbha. Sumur yang satu ini diperkirakan berusia lebih dari 1.000 tahun, sebab diperkirakan, sumur ini dibangun pada abad ke-8 dan ke-9 oleh Raja Chanda. Dengan umur yang sudah tua, juga menyebabkan jika sumur ini sudah tidak dipakai tetapi tetap memperlihatkan arsitektural yang menawan.

 

5. Rani Ki Vav, India

Rani Ki Vav

Rani Ki Vav via c2.staticflickr.com

Masih di India, sebuah bangunan dengan arsitektur yang unik, megah dan luar biasa bisa kamu kunjungi saat pergi ke India. Rani Ki Kav adalah sebuah tembok di mana tersusun dari anak tangga-anak tangga di dalamnya. Itu saja? Tentu saja tidak! Anak tangga tersebut dibangun menjadi satu tembok yang besar, dengan susunan yang sangat simetris dan dengan ukuran yang besar.

Rani Ki Vav ini merupakan salah satu bangunan yang dibangun pada abad 11 dan sudah masuk menjadi salah satu warisan UNESCO pada tahun 2014. Tidak hanya tangga yang dibuat dengan arsitektur yang sangat menakjubkan tetapi juga ada berbagai relief pada setiap tembok atau dinding dari tembok yang satu ini.

 

Sungguh menakjubkan dan luar biasa bukan, ternyata tidak hanya landmark yang sudah terkenal saja yang bisa kamu kunjungi saat berlibur. Dari lima tempat ini bisa kamu pilih menjadi tempat yang menakjubkan untuk kamu jadikan destinasi berlibur. Nah, dari kelima tempat unik nan menakjubkan di atas manakah yang kiranya akan kamu kunjungi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *