JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

6 Pantai di Jogja Ini Menawarkan Suasana Camping yang “Syahdu”!

headline-image-kanan-076

Seperti kita ketahui, pantai adalah daerah yang memisahan perairan laut dengan daratan. Yang dimana biasanya permukaan pantai terdiri dari hamparan pasir luas dan menjadi pemisah antara daratan (tanah) dan air laut.

Daerah pantai inilah yang kemudian biasanya dijadikan oleh wisatawan menjadi tempat rekreasi keluarga dikarenakan tempat wisata ini memiliki hembusan angin yang kencang berpadu dengan terik matahari, belum lagi dinginnya angin serta deburan ombak dari lautan yang menjadi daya tarik tersendiri.

Hal ini disebabkan oleh daerah pantai yang berpasir membuatnya sukar untuk ditumbuhi tanaman-tanaman yang menjulang tinggi, sehingga membuat daerah pantai menjadi tempat yang terbuka karena jarangnya tanaman yang hidup di sana.

Hal ini pula yang membuat sebagian orang menjadikan daerah pantai sebagai salah satu tempat favorit untuk ber-camping ria. Seperti beberapa pantai berikut yang menyajikan spot camping jempolan yang ada di daerah Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Apa aja sih? Yuk disimak!

 

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti via 3.bp.blogspot.com

Nama Pantai Pulang Sawal mungkin kurang familiar dikalangan masyarakat, pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Indrayanti. Seiring berjalannya waktu, pantai ini memang lebih dikenal sebagai Pantai Indrayanti dibandingkan nama aslinya, hal ini merujuk pada sebuah kedai di Pantai Pulang Sawal yang terpampang sangat besar bertuliskan “Indrayanti”.

Pantai ini cukup unik, dengan memiliki bibir pantai yang bisa dibilang sempit, pantai ini cukup ramai dijadikan area camp oleh wisatawan dikarenakan suasana malam hari di pantai ini lebih cerah disebabkan jarak antara bibir pantai dengan jalan utama dan beberapa kedai serta penginapan yang tidak terlalu jauh memungkinkan pantai ini mendapat pencahayaan lebih.

Pantai ini juga masih terjaga kebersihannya karena pengelola meberlakukan sistem denda bagi yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Hal ini juga tentunya sebuah tindakan yang positif untuk tetap menjaga kebersihan pantai, agar tetap dapat dinikmati bersama pengunjung lainnya.

 

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal via wisataterbaru.com

Akses menuju ke Pantai Pok Tunggal ini sedikit ekstrim, ditambah bila kamu ingin berkunjung di musim hujan, karena akses menuju ke pantai ini masih sangat “alami”, kombinasi antara batu karang yang menghampar dengan tanah sedikit merepotkan pengunjung.

Jika hujan turun dipastikan jalanan akan sedikit berlumpur. Belum lagi jalan yang tidak terlalu lebar dan gelap (di waktu malam) dikarenakan minimnya penerangan yang memadai di sisi jalan. Namun, setelah sampai di daerah pantai, seketika rasa lelah kamu akan terbayar lunas!

Bagaimana tidak, dengan bibir pantai yang cukup lebar dan panjang, pantai ini juga bisa dinikmati dari atas bukit yang mengapit di kedua sisi pantai. Camp areanya pun tergolong juara!

Biasanya wisatawan menggunakan tong sampah sebagai tempat untuk membakar api dengan tujuan untuk tidak mengotori daerah pantai setelah kayu terbakar habis menjadi abu dan sisa-sisa abu pembakaran dapat dengan mudah dibersihkan untuk tetap menjaga daerah pantai terlihat bersih.

 

Pantai Siung

Pantai Siung

Pantai Siung via 3.bp.blogspot.com

Pantai yang berada di daerah ujung timur Gunungkidul ini cukup menyita waktu selama perjalanan menuju ke sana, namun jalan yang ditempuh sudah sepenuhnya ter-aspal baik.

Untuk spot camp di pantai ini cukup unik, kamu bisa mendirikan tenda di atas bukit karang disekitar pantai yang tidak terlalu tinggi, namun cukup memberi sensasi “syahdu” tersendiri mendengar hentakan ombak menghempas dinding karang yang kamu pijak, belum lagi keamanan dari kemungkinan tenda kamu tersapu ombak dikarenakan kamu berada di atas bukit.

Untuk api, tak perlu risau, kamu juga dapat menyalakan api unggun dan mudah dibersihkan karena diatas tebing ini beralaskan tanah, sehingga sisa pembakaran kayu tadi tidak akan mengotori daerah camp.

Dinding-dinding tebing bukit menjadi penahan angin pantai yang biasanya cukup kencang di malam hari. Dinding bukit di pantai ini juga bisa dijadikan sarana olahraga panjat tebing bagi kamu yang memiliki nyali yang cukup tinggi.

 

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan

Pantai Sadranan via 2.bp.blogspot.com

Letaknya berdekatan dengan Pantai Pulang Sawal (Indrayanti), camp area pantai ini juga bagus, bahkan untuk kamu yang memang bertujuan untuk camping di pantai ini.

Untuk urusan kayu bakar, kamu tak perlu payah mencari, penjaga pantai yang juga petugas parkir di Pantai Sadranan ini juga menjual kayu bakar bagi kamu yang ingin menikmati suasana malam di pantai ditemani dengan api unggun.

Bagi kamu yang tidak membawa tenda juga bisa menyewa pendopo/gubuk kecil di tepi pantai yang memang untuk disewakan oleh para warga di pantai ini. Selain itu, pantai ini juga memiliki spot snorkeling yang menawan.

Kamu dapat menikmati semua keindahan pantai ini, baik siang maupun saat malam. Belum lagi saat petang, jika cuaca memungkinkan, kamu dapat menikmati suasana matahari terbenam dengan indah.

 

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok

Pantai Jungwok via perseagreen.files.wordpress.com

Pantai yang lokasinya sangat berdekatan dengan Pantai Wediombo ini berada cukup jauh dari kota Yogyakarta. Selain itu Pantai Jungwok mempunyai keunikan tersendiri, yaitu adanya aliran sumber air yang langsung mengalir menuju ke laut.

Pantai ini masih amat jarang dikunjungi oleh wisatawan dikarenakan lokasinya yang cukup sulit dan jauh untuk dijangkau. Jika kamu berniat mengunjungi pantai ini, diharapkan kondisi kendaraan kamu dalam kondisi prima karena perjalanan menggunakan kendaraan bermotor yang akan ditempuh lumayan jauh.

Saat memasuki pintu masuk pantai ini, kamu diharuskan untuk tracking sejenak menuruni daerah bukit yang sedikit terjal dan licin terlebih saat musim hujan. Dengan dikelilingi bukit yang menjulang, kamu dapat mendirikan tenda dengan nyaman, karena pantai ini memiliki camp area yang lumayan besar dengan permukaan yang datar.

Bibir pantai dari pantai ini cukup bagus karena berbentuk setengah lingkaran. Dengan backview bukit karang yang menjulang. Wow banget pokoknya!

 

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu

Pantai Wohkudu via 3.bp.blogspot.com

Pantai yang berlokasi di daerah Panggang, Gunungkidul ini, memiliki keindahan berupa gugusan bukit yang seolah mengepung daerah pantai. Jadi, seolah-olah traveler berada di daerah pribadi saat berada di pantai ini.

Belum lagi hamparan pohon kelapa yang berada di belakang pantai ini akan menambah syahdu suasana saat kamu berada di pantai. Ya, pohon kelapa lumayan banyak ditemukan di pantai ini.

Berbeda dari pantai di Gunungkidul pada umumnya dimana permukaan tanah lebih didominasi oleh karang. Untuk di Pantai Wohkudu ini, jarak antara camp area pasir dan camp area tanah atau rumput sangat berdekatan dengan bibir pantai sehingga pengunjung dapat leluasa menikmati suasana camp yang sedikit berbeda dari kebanyakan pantai yang ada.

Untuk fasilitas MCK di pantai ini juga masih terbatas, dimana pengelola hanya menyediakan satu bilik kamar mandi saja.

Untuk bibir pantainya, Pantai Wohkudu terbilang pendek, namun camp area yang ada di pantai ini sangatlah luas. Jika musim hujan tiba, kamu tak perlu khawatir.

Kamu dapat mendirikan tenda di bawah tebing bukit yang mengelilingi pantai ini, sehingga tenda akan aman dari air hujan. Bahkan kamu dapat menyalakan api unggun dibawah tebing bukit yang membuat kamu seperti sedang berada di dalam sebuah gua.

Demikian beberapa review pantai yang layak dijadikan tempat referensi camping di Gunungkidul, Yogyakarta terutama bagi traveler yang ingin menimati suasana pantai yang berbeda, yakni di malam hari.

Kopi, nyanyian, deburan ombak, dinginnya hembusan angin serta hangatnya api unggun melebur menjadi satu menamakan diri mereka sebagai kesyahduan yang akan menjadi bumbu penyedap liburanmu.

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan jaga kondisi tubuh agar liburanmu menjadi berkesan. So, pantai mana yang akan menjadi tujuan camp kamu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *