JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

7 Destinasi Wisata Anti Mainstream di Yogyakarta yang Harus Segera Kamu Kunjungi!

headline-image-044

Yogyakarta? Yap! Kota sejuta pesona! Ramah tamah penduduknya! Siapa sih yang gak kenal sama Malioboro, Keraton Yogyakarta, ataupun Tugu? Dan masih banyak lagi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi kalau kamu berlibur kesini. Tapi kamu harus bersabar ya traveler kalau ke Jogja pas waktu liburan. Siap-siap padat merayap! Karena pasti sejumlah tempat wisata akan mengalami ledakan pengunjung!

Tenang traveler! Gak semua tempat wisata bakalan padat kok. Karena wajib banget nih nyoba sesuatu yang anti mainstream di kota ini. Dan gak salah lagi kalau Kota Gudeg yang satu ini menyediakan tempat wisata yang oke banget buat kamu jelajahi. Let’s go, traveler!

 

1. Gumuk Pasir

Gumuk Pasir

Gumuk Pasir via www.jogja.co

Kalau traveler berkunjung ke Parangtritis, kemudian tiba-tiba lapar melanda dan pengen berkuliner seafood ria ke Pantai Depok, coba deh jangan lewat jalan raya. Karena ada sebuah jalan yang menghubungkan Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Dan di jalan itu gak ada pengecekan karcis oleh petugas pajak di sana. Nah di antara kedua pantai tersebut, kamu bakalan bertemu dengan Gumuk Pasir.

Jangan heran kalau di Gumuk Pasir ini, kamu bakalan melihat pasir dimana-mana. Ya karena tempat ini memang isinya pasir semua. Kasarannya mirip seperti gurun pasir gitu. Apa sih traveler yang terbersit di pikiran kamu ketika melihat gurun pasir? Sandboarding mungkin? Yap! Di sini kamu bisa sandboarding ria lho!

Dan gak sedikit juga gurun pasir yang satu ini digunakan untuk foto prewedd. Berminat segera meluncur ke Gumuk Pasir traveler?

 

2. Taman Bunga Enceng Gondok

Taman Bunga Enceng Gondok

Taman Bunga Enceng Gondok via www.yukpegi.com

Akhir 2015 lalu Gunung Kidul sempat dihebohkan dengan Kebun Bunga Amarylis yang indah. Banyak banget “anak gaul” yang berbondong ke sana namun ujung-ujungnya malah merusak. Hih! Bikin geram juga ya traveler!

Sepertinya petani Bantul tidak mau kalah nih. Tau gak sih traveler? Salah satu petani di daerah Palbapang, Bantul, awalnya tidak sengaja membudidayakan tanaman enceng gondok. Namun karena irigasi di sawah sang petani tidak mengalir, akibatnya ada genangan, maka tumbuhlah si eceng gondok ini.

Berawal dari sinilah, tercipta sebuah hamparan eceng gondok di atas sebuah lahan seluas 100m2. Wow! Dijamin si Eichhornia Crassipes menarik hati kamu! Cocok buat kamu yang suka selfie dengan pemandangan alam yang indah. Tapi tenang, tanaman indah yang satu ini gak bakalan mungkin dirusak. Secara mereka tumbuh di atas genangan air.

 

3. Kebun Buah dan Hutan Pinus Mangunan

Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan via ngetrip.website

Ada apa sih di desa Mangunan? Desa yang satu ini cukup kondang, traveler! Karena di sana terdapat dua objek wisata alam yang gak kalah dengan yang lain. Yap! Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan.

Sekedar info, pada awal pembukaan Kebun Buah Mangunan ini bertujuan untuk membudidayakan buah-buahan. Namun karena pemandangan di sana memang indah banget, jadi dibuatlah sebuah gardu pandang.

Buat kamu yang suka melihat pemandangan sunrise, di kebun buah ini recommended banget untuk melihat sunrise. Udara yang dingin dan masih berkabut ditambah dengan pemandangan perbukitan yang bisa kamu nikmati ketika di gardu pandang bisa menyejukkan mata!

Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan via simalesmandi.files.wordpress.com

Next trip traveler kali ini adalah Hutan pinus. Hutan pinus yang satu ini mengingatkan pada film Twilight. Itu lho film yang menceritakan tentang kisah romantis si vampir ganteng Edward Cullen yang jatuh cinta dengan si Bella Swan bangsa manusia. Wow! Kok bisa? Ya bisa! Namanya juga cinta! Dijamin rimbunnya pepohonan pinus pasti bikin kamu gak mau melewatkan moment itu.

Di hutan pinus ini cocok juga lho traveler buat kamu yang mungkin masih bingung mau foto prewedd dimana. Uhuk! So, tertarik mau photo session ala-ala Bella dan Edward?

 

4. Goa Pindul

Gua Pindul

Gua Pindul via www.bawanatravel.com

Wisata ke goa? Gelap-gelapan? Wow! Boleh juga nih! Siapa takut! Ada sebuah goa di daerah pedukuhan Gelaran I, kecamatan Karangmojo yang bernama Goa Pindul, traveler. Dan goa ini termasuk goa yang berair.

Di dalam Goa Pindul terdapat sebuah sungai. Pernah terbesit nggak di benak traveler untuk naik perahu karet di sungai, tapi sungainya di dalam gua? Itulah keunikan dari goa ini. Kamu bisa menelusuri sungai di dalam lorong gua, ditambah dengan melihat hiasan stalaktit dan stalagmit yang indah. So, siap berbasah-basahan ya!

Buat kamu yang suka berwisata di pagi hari antara jam 9 sampai 10, ini waktu yang paling pas lho untuk berkunjung ke sana! Selain kamu bisa melihat cerahnya sinar matahari yang menyusup di antara lorong-lorong goa, air sungai di sana juga belum terlalu dingin.

Gimana traveler? Berminat untuk berbasah-basahan di Goa Pindul?

 

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk via www.telusurindonesia.com

Traveler termasuk pencinta air terjun? Jangan sampai kelewatan untuk berkunjung ke air terjun Sri Gethuk. Percaya nggak percaya sih, air terjun ini merupakan salah satu air terjun terindah di Yogyakarta.

Untuk menikmati pemandangan indah di Sri Gethuk, kamu harus berjuang agak keras karena harus naik gatek dulu. Tapi tenang aja traveler, setelah itu kamu nggak bakal nyesel karena keindahan air terjun ini.

Air terjun ini memang tidak seperti air terjun pada umumnya. Kalau kamu baru pertama kali menginjakkan kaki di sana, akan seperti bukan air terjun, karena penampakan undak-undakan yang dialiri air. Kemudian, air tersebut jatuhnya bukan ke semacam kolam, tetapi ke aliran sungai.

Jadi penasaran? Jangan lupa ajak pasukan kamu untuk menikmati keindahan air terjun yang cantik ini ya!

 

6. Wisata Alam Kalibiru

Kalibiru

Kalibiru via rizkirahmatia.files.wordpress.com

Saatnya untuk menginjakkan kaki di Kabupaten Kulonprogo yuk! Apa sih tempat tujuan wisata yang menarik di sana? Yap! Kalibiru!

Buat kamu yang hobi panjat-memanjat pasti cocok banget kalau berlibur ke Kalibiru. Mengapa bisa begitu? Karena di lokasi wisata alam yang satu ini, terdapat pohon yang digunakan untuk semacam panjat-memanjat. Nah, di tempat itu, kamu bisa menikmati pemandangan Waduk Sermo dari atas bukit dan juga indahnya lokasi bukit Manoreh.

Sebelum kamu berkendara ke lokasi wisata alam Kalibiru ini, ada baiknya kamu mengecek kendaran terlebih dahulu. Perjalanan ke sana memerlukan kondisi kendaraan yang kuat lho! Secara, kondisi jalan yang lumayan banyak tikungan tajam dan menanjak. So, siapkan fisik kamu ya!

 

7. Candi Ratu Boko

Candi Boko

Candi Boko via wisataterbaru.com

Apa yang bakal terpikirkan kalau kamu berlibur ke daerah Sleman? Mengunjungi situs bersejarah seperti candi mungkin? Di sana banyak pilihan candi yang bisa kamu kunjungi lho!

Misalnya saja Candi Ratu Boko. Ratu Boko ini merupakan situs peninggalan bersejarah yang dahulunya adalah sebuah istana. Di area sekitar istana ini juga terdapat beberapa candi kecil. Dan dari sini juga kamu bisa menikmati kemegahan Candi Prambanan.

Sebenernya apa sih kelebihan dari Istana Ratu Boko? Buat traveler yang suka menikmati romantisnya sunset, ini tempat recommended banget buat kamu. Di candi yang satu ini, banyak spot yang bikin kamu gak bakalan melewatkan moment itu. Siapkan kamera terbaik kamu ya!

Dan satu lagi yang penting, kalau ke candi ini pada siang hari, jangan lupa pakai pakaian yang menyerap keringat ya traveler! Asli! Di sana panasnya terik banget!
So, sudah ada bayangan mau berkunjung ke mana saja di kota sejuta pesona ini? Semoga liburanmu menyenangkan ya traveler!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *