JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

7 Hal Sederhana yang Wajib Diterapkan Demi Mewujudkan Impian Traveling Kamu!

headline-image-kanan-079

Hai traveler! Di antara kamu, pasti ada yang ingin mengunjungi suatu tempat untuk liburan. Entah untuk refreshing atau memang niat banget demi memenuhi checklist tempat wisata yang harus dikunjungi. Tetapi, kadang ada saja alasan yang membuat acara traveling itu menjadi tertunda.

Alasan yang paling umum adalah malas dan tidak ada waktu. Kalau begitu, kamu tinggal mengumpulkan niat dan atur jadwal perjalanan. Gunakan jasa travel agency untuk mempermudah jadwal perjalananmu. Nah, bagaimana kalau ternyata alasannya adalah karena uang?

Wah, ini membutuhkan motivasi lebih besar lagi agar niat jalan-jalanmu menjadi kenyataan. Ingat, nggak ada hal yang nggak mungkin selama kamu mengusahakannya. Buat kamu yang masih mengandalkan uang saku orang tua maupun berpenghasilan sendiri, beberapa tips wisata ini mungkin akan memudahkanmu untuk mewujudkan keinginan traveling kamu.

 

1. Pangkas pengeluaran bulananmu, mulailah berhemat dalam banyak hal!

Hangout Dengan Teman

Hangout Dengan Teman via www.cafemilano.com

Kalau yang ini, memang harus meneguhkan niat untuk traveling. Perjuangannya memang cukup berat, karena kamu harus mengurangi banyak kesenangan yang dapat menghabiskan uang. Kurangi nongkrong di café, perawatan di salon, atau jajan di restoran yang mahal.

Misalnya seminggu bisa nongkrong di café setiap hari. Cobalah dikurangi menjadi dua sampai tiga kali dalam seminggu. Atau mungkin perawatan di salon empat sampai enam kali dalam sebulan. Kurangi saja hingga dua kali dalam satu bulan. Percayalah, uang dari ‘pembakaran’ tersebut bisa disisihkan untuk menabung demi mengunjungi tempat-tempat yang kamu inginkan!

Pangkas juga biaya pengeluaran pembelian pulsa. Bagi kamu yang hobi berselancar di dunia maya, saatnya mengurangi kebiasaan tersebut. Berhematlah dalam pemakaian internet. Biasanya, hal ini cukup membantu mengumpulkan uang buat kamu yang boros terhadap penggunaan internet.

Lalu buat kamu yang mempunyai kebiasaan mengonsumsi barang mahal, cobalah menggantinya dengan merk yang lebih murah namun kualitasnya tidak beda jauh. Mungkin tidak akan terlihat perbedaan harganya, tetapi dari situ kamu dapat mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk traveling. Ingat, jangan remehkan uang receh! Seratus ribu tidak akan genap jika nggak ada seribu rupiah.

 

2. Bedakan tabunganmu, satu untuk jalan-jalan dan yang satunya khusus untuk traveling.

Bedakan Tabunganmu

Bedakan Tabunganmu via tango.image-static.hipwee.com

Jangan pernah jadikan satu antara pengeluaran sehari-hari dan tabungan untuk jalan-jalan. Dijamin, uangmu nggak akan cepat terkumpul. Kamu akan selalu tergoda untuk menggunakan uang tersebut meskipun untuk hal-hal kecil.

Memisahkan tabungan akan memudahkanmu untuk mengontrol diri agar tidak kelepasan. Kalau perlu, jangan buat ATM untuk tabungan khusus traveling, sehingga kamu nggak akan tergiur untuk menggunakannya. Buatlah komitmen, bahwa tabungan tersebut bisa membawamu ke tempat yang ingin dikunjungi.

 

3. Kalau tujuanmu ke luar negeri, menabunglah dengan mata uang asing!

Mata Uang Asing

Menabung Dengan Mata Uang Asing via blog.ingleinternational.com

Sebelumnya, kamu pasti sudah mempunyai target mengunjungi tempat-tempat tertentu. Bisa jadi, tujuanmu kali ini adalah ke luar negeri. Cobalah untuk menabung dengan mata uang negara tujuan. Hal ini dapat memudahkanmu untuk mengatur pengeluaran selama di negara tersebut.

Cara selanjutnya adalah menabung dengan mata uang dollar Amerika. Mata uang ini yang paling ‘laku’ di negara-negara besar. Lagipula, hal ini dapat memudahkanmu melakukan penukaran ketika sudah berada di negara tujuan. Ingat, jangan remehkan nominal sekecil apapun. Dengan uang 15 dollar saja, bisa jadi kamu dapat menyeberangi dua negara di Asia Tenggara dalam jalur darat.

 

4. Mulailah atur biaya perjalananmu! Beberapa hal bisa disiapkan mulai saat ini.

Mengatur Biaya Perjalanan

Mengatur Biaya Perjalanan via www.backpackgo.net

Menabung juga bisa dalam bentuk lain. Tiket perjalanan, misalnya. Ada beberapa tiket perjalanan yang dapat dibeli jauh-jauh hari. Contoh paling utama adalah promo tiket pesawat. Berburu promo tiket wajib hukumnya bagi kamu yang mempunyai dana terbatas. Kamu bisa membeli tiket pesawat untuk tahun depan. Hal ini dapat menghindarkanmu dari beratnya pengeluaran secara bersamaan.

Kemudian, kamu bisa mengumpulkan biaya untuk booking hotel, terutama bagi kamu yang bertujuan ke negara asing. Membeli bertahap memudahkanmu untuk mendapatkan harga terbaik dan sesuai dengan kantong pengeluaranmu. Siapa tahu, pihak hotel juga menawarkan diskon cukup tinggi di bulan-bulan tertentu.

 

5. Berjanjilah, kamu akan disiplin dengan jadwalmu sendiri!

Disiplin Dengan Jadwal Perjalanan

Disiplin Dengan Jadwal Perjalanan via donationtravel.com

Banyaknya tempat yang ingin dikunjungi mungkin bisa membuatmu bingung menentukan jadwal perjalananmu. Ingat, semakin lama kamu traveling, semakin banyak pengeluaranmu. Selain itu, dengan jadwal yang pasti kamu akan mudah mengatur perkiraan pengeluaran tiket perjalananmu.

Misalnya, kamu akan traveling selama dua minggu. Kamu bisa membeli tiket promo pulang dan pergi sekaligus dengan biaya yang sudah pasti. Hal ini juga akan membantumu agar tidak terlena selama traveling. Aturlah jadwalmu selama berada di tempat tujuan dan berjanjilah kalau kamu nggak akan molor dari waktu yang ditentukan.

 

6. Jual barangmu yang tidak lagi terpakai atau cari penghasilan sampingan demi traveling!

Menjadi Seorang Freelancer

Menjadi Seorang Freelancer via cdn-media-2.lifehack.org

Masih bingung lagi untuk menambah biaya traveling-mu? Mungkin saatnya memilah barang-barang pantas pakai atau menengok gudangmu. Selain bisa membuat ruangan atau gudangmu lebih rapi, kamu juga bisa menemukan barang-barang yang masih layak untuk dijual.

Saat ini, situs jual beli online sedang menjamur di Indonesia. Meskipun nominalnya tidak banyak, hal ini bisa membantumu untuk menambah tabungan traveling.

Untuk kamu yang punya keahlian tertentu, coba saja untuk mencari pekerjaan sampingan atau freelancer. Tentunya yang nggak mengganggu kegiatan belajar atau pekerjaan utamamu. Perjuangan untuk traveling harus totalitas!

Segala hal harus rela kamu lakukan demi mendapatkan liburan di kota lain atau malah di negeri asing. Selama itu menjadi cita-citamu, kamu akan tetap melakukannya, ‘kan?

 

7. Ingin traveling gratis dibiayai pihak tertentu? Cobalah ikut Konferensi Internasional atau Beasiswa Luar Negeri!

Mengikuti Program Pertukaran Pelajar

Mengikuti Program Pertukaran Pelajar via www.aup.edu

Kalau uangmu masih belum mencukupi, sementara kamu ingin sekali mengunjungi negeri lain, cobalah mengikuti beasiswa atau konferensi tingkat internasional. Selain perjalananmu akan dibiayai, kamu juga akan mendapatkan pengalaman berharga. Kamu akan mendapatkan teman-teman dari berbagai negara yang akan memperluas pergaulanmu.

Sekarang ini banyak beasiswa pertukaran pelajar atau pemuda Indonesia yang hanya berlangsung beberapa bulan saja. Manfaatkan hal tersebut untuk traveling singkatmu.

Tentunya masih banyak cara lain untuk mengumpulkan uang demi biaya traveling. Kalau kamu memang berniat mewujudkannya, bisa jadi kamu menemukan cara lain yang lebih jitu dan cocok dengan pribadimu sendiri. Intinya, untuk mewujudkan keinginan traveling itu tidak sulit. Hanya perlu niat yang kokoh. Selama keinginanmu kuat, maka hal-hal yang tampak sulit akan mudah untuk dijalani dan suatu saat kamu akan mencapai keinginanmu tersebut.

Awalnya memang terlihat berat, namun semua itu akan terbayar ketika kamu sudah berada di tempat tujuan. Jangan patah semangat, jadikan tempat traveling sebagai motivasimu, bahwa tempat tersebut sedekat kamu melangkah di depanmu. Selamat berjuang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *