JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

7 Hidden Paradise Indonesia yang Wajib Masuk Daftar Wisatamu Tahun Ini!

headline-image-041

Berwisata memang menyenangkan apalagi setelah bergulat dengan berbagai aktivitasmu yang melelahkan. Bukan hal yang berlebihan jika kamu memberikan reward untuk dirimu sendiri dengan melakukan perjalanan yang menyenangkan.

Tapi apakah kamu pernah membayangkan menjejakkan kakimu ke titik-titik terluar Indonesia? Tertarikkah kamu untuk merencanakan petualanganmu ke sana? Mungkin terkesan gila tapi kamu pantas untuk melakukannya.

Percayalah! Kamu tak akan menyesal untuk melakukannya. Anak cucumu kelak akan terkesima dengan ide gilamu ini. Jadi, jika kamu ingin menantang dirimu sendiri untuk menyadari betapa luasnya Indonesia sekaligus berpetualang maka kamu wajib memasukkan 7 hidden paradise indonesia yang wajib masuk daftar wisatamu tahun ini!

 

1. Pulau Miangas

Pulau Miangas

Pulau Miangas via 4.bp.blogspot.com

Pernahkan kamu perpikir untuk menginjakkan kaki di titik paling utara Indonesia? Pulau Miangas adalah jawaban untukmu. Pulau ini hanya berjarak kurang lebih 3 sampai 5 jam dari Davao Filipina. Di pulau ini, kamu bisa bertemu dengan para TNI yang mengabdikan diri mereka untuk menjaga titik terluar Indonesia.

Pulau Miangas akan menawarkanmu indahnya pulau dengan pasir putih dan pohon kelapa yang berayun-ayun tertiup angin. Tak hanya itu, kamu bisa merasakan suasana jauh dari keramaian untuk menenangkan dirimu. Kamu pun bisa bergaul dengan penduduk lokal dan membeli beberapa kerajinan topi daun kelapa untuk melengkapi liburanmu.

Perjalanan ke Miangas memang sangat panjang. Tapi kamu tak akan pernah menyesal untuk menginjakkan kakimu di sana. Kamu pasti akan merasakan saat-saat kamu pergi teramat jauh dan kamu masih ada di Indonesia. Gila bukan?

 

2. Kepulauan Natuna

Kepulauan Natuna

Kepulauan Natuna via pesona-403a.kxcdn.com

Kamu mesti bersyukur karena negaramu ini tak ada habisnya. Bukan cuma Raja Ampat. Bukan cuma Bali. Bukan cuma Wakatobi. Masih banyak lokasi indah yang pantas kamu kunjungi. Salah satunya adalah Kepulauan Natuna.

Kepualaun Natuna menjadi salah satu titik terluar Indonesia. Kepulauan ini berada di perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, Vietnam, Singapura, dan Kamboja. Kepulauan Natuna juga terletak di Provinsi Kepulauan Riau. Seperti halnya Anambas, Kepulauan Natuna menawarkan panorama bahari yang tak kalah indah.

Pantainya yang jernih membuatmu takjub. Letaknya yang jauh dari keramaian transportasi air membuat air lautnya bening bagaikan kaca. Butuh perjalanan yang cukup panjang bagimu untuk mencapai Natuna. Tak hanya itu, kamu pun harus berganti transportasi berkali-kali. Tetapi, kamu tak akan menyesali perjalananmu ke Natuna untuk menyadari luasnya Indonesia-mu ini. Jangan ragu dan siapkan semuanya!

 

3. Pulau Maratua

Pulau Maratua

Pulau Maratua via intaninchan.files.wordpress.com

Siapa yang tak kenal Maratua? Bingo! Maratua sudah banyak dikenal karena keindahan pemandangan bawah lautnya. Bahkan wisatawan manca negara pun banyak mengenalnya. Apakah kamu tertarik untuk merasakan sensasi menaiki perahu yang serasa melayang? Datanglah ke Maratua! Sensasi menaiki perahu bagaikan melayang ini karena air laut Maratua yang begitu jernih.

Tak heran jika Maratua menjadi tujuan tempat wisata para diver atau penyelam kelas dunia yang tergila-gila dengan pemandangan bawah lautnya. Beraneka ragam biota laut bisa kamu lihat di lautan sekitar Maratua lho! Tapi buat kamu yang belum bisa menyelam tak perlu khawatir. Kamu bisa berenang dan snorkling untuk merasakan berenang bersama ikan-ikan yang berwarna-warni.

Bukan cuma itu saja, pulau yang berbatasan dengan Malaysia ini juga berdekatan dengan beberapa lokasi wisata lain seperti Pulau Kakaban dan Derawan. So, tertarik bukan? Segera rencanakan petualanganmu ke Maratua sekarang juga!

 

4. Pulau Intata

Pulau Intata

Pulau Intata via 4.bp.blogspot.com

Apa kamu tahu pulau bernama Intata? Mungkin banyak di antara kamu yang bahkan belum pernah mendengar nama tersebut. Pulau ini merupakan salah satu pulau terluar Indonesia yang berbatasan dengan Filipina. Pulau ini berada di Kepulauan Talaud Sulawesi Utara.

Di pulau ini, terdapat tradisi tangkap ikan Mane’e dengan daun kelapa yang diadakan tiap Bulan Mei. Tradisi unik ini wajib kamu saksikan.

Perjalanan yang panjang memang membuat kamu berpikir dua kali untuk pergi ke Intata. Tapi kamu tak akan menyesal. Ini karena kamu bukan hanya berpetualang dan menikmati panorama atau makanan lokal masyarakatnya. Kamu akan merasakan sensasi betapa luasnya Indonesia ini.

Tak hanya itu, kamu pun bisa mampir ke beberapa pulau di sekitarnya seperti Pulau Kakorotan, Pulau Marampit dan Pulau Karatung yang sudah berpenghuni. Kamu bisa meminta ijin warga sekitar dan mendirikan tenda di pinggir pantainya yang berpasir putih sembari menikmati sensasi ibarat di pulau pribadi! Kamu pun bisa mengunjungi Pulau Garat yang tak berpenghuni seperti Intata dan bertemu langsung dengan burung maleo dan ketam kenari.

Jika kamu ingin berpetualang hingga ke Intata siapkan staminamu dengan baik karena perjalanan lautnya yang luar biasa! Bahkan kamu bisa berjumpa dengan kawanan lumba-lumba ketika kamu menaiki kapal dari Manado. Hebat Bukan?

 

5. Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas via 1.bp.blogspot.com

Kepulauan Anambas adalah kepulauan yang berada di Provinsi Kepulauan Riau berbatasan dengan Laut Cina Selatan dan Negara Malaysia. Kepulauan Anambas sendiri terdiri dari berbagai pulau yang tersebar dan memiliki pemandangan yang menakjubkan. Jika kamu mengunjungi kepulauan ini jangan heran jika kamu akan tercengang dengan keindahan pemandangan lautnya!

Tak terlalu sulit untuk datang ke Anambas karena kepulauan ini sudah memiliki bandara sendiri. Jadi, impianmu untuk menjejakkan kaki ke salah satu titik terluar di Indonesia akan semakin mudah kan? Kamu pun bakal merasa rencana liburanmu ke luar negeri bisa dibatalkan terlebih dahulu untuk mencari berbagai destinasi wisata dan petualangan dalam negeri seperti Anambas.

Buat kamu yang ingin mengunjungi Anambas, kamu dapat mengaksesnya dengan melewati rute udara maupun laut. Tapi jika kamu tak mau terlalu repot, kamu bisa mencari travel agent yang pastinya menawarkan berbagai paket wisata menarik ke Anambas.

 

6. Kepulauan Alor

Pulau Alor

Pulau Alor via www.mokemana.com

Pulau Alor adalah bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pulau ini berbatasan dengan negara tetangga Timor Leste. Pulau Alor akan menawarkan kamu pemandangan cantik yang berdampingan dengan budaya masyarakatnya yang khas.

Tak hanya berwisata alam, kamu juga akan disuguhkan dengan wisata belanja barang-barang etnik yang khas dari masyarakat lokal mereka seperti contohnya kain tenun khas Alor. Bukan hanya itu saja, kamu pun bisa mengunjungi dan merasakan budaya adat mereka dengan mengunjungi pemukiman lokalnya.

Asal kamu tahu, Pulau Alor sudah terkenal di manca negara dan banyak para bule jatuh cinta lho! Lalu bagaimana dengan kamu sendiri? Tunggu apa lagi dan siapkan semua perlengkapan wisatamu !

 

7. Rote

Kepulauan Rote

Kepulauan Rote via pesona-403a.kxcdn.com

Jika Pulau Miangas adalah yang paling utara maka Kepulauan Rote adalah yang paling selatan. Yap! Kepulauan Rote adalah salah satu titik terluar Indonesia yang berbatasan dengan Australia. Letaknya ada di Nusa Tenggara Timur. Ada beberapa pulau di Kepulauan Rote jadi kamu bisa mengunjunginya sekaligus.

Kepulauan yang terkenal dengan alat musik Sasando ini menjanjikan petualangan yang hebat untukmu. Ombak Pantai Nembrala pun akan memanjakan kamu-kamu yang suka berselanjar. Bahkan sudah banyak wisatawan manca negara yang mencicipinya. Selain itu, sudah banyak penginapan di Kepulauan Rote yang bisa kamu sesuaikan dengan kantong sakumu. Jadi tak perlu ragu untuk memasukkan Rote di daftar tujuan wisatamu guys!

 

Liburan memang menyenangkan tapi alangkah hebatnya jika liburanmu bisa menjadi inspirasi orang lain untuk semakin mengenal negaramu sendiri. Merasakan luasnya Indonesia akan membuatmu bersyukur menjadi bagiannya. Tunggu apa lagi, siapkan koper dan bajumu. Siapkan dirimu dan pergilah ke penjuru perbatasan meski orang lain memandang gila idemu itu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *