JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

7 Pantai Anti-Mainstream di Dunia Ini Wajib Kamu Kunjungi Sekali Seumur Hidupmu!

headline-image-kiri

Berwisata ke pantai selalu menjadi alternatif menyenangkan untuk mengisi waktu liburan. Berenang, menyelam, bermain pasir atau berjemur di pantai adalah aktivitas yang biasa dilakukan ketika berlibur di pantai. Pantai selalu menjadi destinasi wisata favorit keluarga, karena suasana pantai yang nyaman dan tenang mampu membuat lupa sejenak akan aktivitas sehari – hari kamu.

Pantai kebanyakan memiliki pasir berwarna putih dan air laut yang biru, namun apa jadinya ya traveler jika kamu melihat pantai yang notabene pasirnya beda banget sama yang lain! Ingin tahu pantai mana saja yang memiliki keunikan tersendiri itu? Berikut pantai-pantai anti-mainstream di dunia yang bisa kamu jadikan tempat rekreasi keluarga!

 

1. Pantai Pasir Hitam, Punaluu, Hawaii

Pantai Pasir Hitam Punaluu

Pantai Pasir Hitam Punaluu via www.blogcdn.com

Hawaii memang terkenal sekali akan keindahan pantai dan ombaknya yang sangat bersahabat dengan para peselancar. Pantai di Hawaii selalu menjadi incaran para wisatawan untuk melepas lelah. Namun traveler tahu gak sih, kalau ada sebuah pantai di Hawaii yang pasirnya berwarna hitam?

Berlokasi di bagian selatan Taman Nasional Volcano, Punaluu merupakan pantai yang memiliki pasir pantai paling hitam di dunia. Dan warna pasir Pantai Punaluu sangat hitam pekat.

Ternyata warna pasir tersebut disebabkan karena lava vulkanik yang masuk ke perairan samudera, kemudian menjadi dingin dan tergerus oleh arus air laut hingga ke pesisir. Untuk traveler yang ingin berenang di pantai ini sangat disarankan untuk tidak berenang di pantai ini.

Tidak boleh berenang namun bukan berarti gak bisa menikmati indahnya pantai ini loh! Karena pemandangan pantai ini gak kalah menarik dengan pantai pada umumnya.

Uniknya lagi, di pantai ini kamu akan menemukan barisan kura-kura yang berjemur di pantai. Tapi ingat ya traveler, seberapapun menggemaskannya mereka, kamu tidak boleh menyentuhnya terlebih membawa pulang pasir di pantai ini, karena dianggap illegal.

 

2. Pantai Pasir Hijau, Papakolea, Hawaii

Pantai Pasir Hijau Papakolea

Pantai Pasir Hijau Papakolea via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Lagi – lagi Hawaii seakan membuktikan bahwa negara ini memiliki pantai yang terindah di dunia. Setelah tadi pantai pasir hitam, di Hawaii juga kamu bisa menemukan pantai pasir hijau. Benar-benar unik bin ajaib ya!

Masih terletak di lokasi yang sama dengan Punaluuu, Pantai Papakolea merupakan pantai berpasir hijau di Hawaii. Pasir pantai dan bebatuan di Papakolea benar-benar berwarna hijau.

Namun, warna hijau tersebut bukan disebabkan oleh algae atau lumut melainkan berasal dari abu letusan gunung vulkanik yang mengandung mineral Olivine yang mendingin di laut. Lokasi pantai ini cukup sulit untuk dijangkau, karena itu pantai ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan. Warga Hawaii sendiri menyebut pasir tersebut sebagai berlian Hawaii.

 

3. Pantai Pasir Merah, Kaihalulu, Hawaii

Pantai Pasir Merah Kaihalulu

Pantai Pasir Merah Kaihalulu via simplycomplicatedrisma.files.wordpress.com

Satu lagi pantai di Hawaii yang wajib dikunjungi jika traveler berlibur ke pulau ini. Yap! Pantai cantik ini memiliki daya tarik pasir yang berwarna merah. Pasir dan tebing di sini berwarna merah disebabkan oleh abu vulkanik yang berada di sekeliling pantai.

Kalau kamu sang pecinta indahnya sunrise, kamu bisa menikmatinya di pagi hari dengan kombinasi warna pasir yang merah dan birunya air laut yang begitu serasi. Benar-benar padu padan yang menkjubkan traveler!

 

4. Hidden Beach, Mexico

Hidden Beach Mexico

Hidden Beach Mexico via touristexpedition.com

Pantai pada umumnya berada di tempat terbuka, namun apa jadinya jika pantai tersebut berada di dalam sebuah gua. Berlokasi di kepulauan Marieta, Mexico ada sebuah pantai yang bernama Hidden Beach.

Hidden Beach sendiri ada karena dulunya terjadi pemboman yang menyebabkan terbentuknya beberapa goa yang mana di lokasi tersebut terjadi erosi alami dari bebatuan di sekitarnya. Untuk masuk ke pantai ini, traveler harus menyelam dari sisi luar gua.

 

5. Glass Beach, Fort Bragg, California

Glass Beach Fort Bragg

Glass Beach Fort Bragg via i0.wp.com

Pasir di pantai ini tidak seperti pasir laut pada umumnya, pasir di sini penuh dengan kaca-kaca transparan dan berwarna-warni. Hal tersebut disebabkan karena dulunya pantai ini digunakan untuk pembuangan sampah kota termasuk diantaranya botol-botol minuman dan sampah kaca lainnya.

Karena terus tergerus ombak dan angin laut serta terjadi gesekan dengan benda laut dan pasir menyebabkan botol-botol kaca yang ada di pantai tersebut menjadi halus, terpecah belah menjadi kecil dan menyerupai kerikil.

Justru karena hal itu, pantai di Fortt Brag menjadi indah, terlebih ketika siang hari yang mana pantulan sinar matahari membuat kilauan indah pada pantulan kaca-kaca tersebut.

 

6. Hot Water Beach, Coromandel, New Zealand

Hot Water Beach

Hot Water Beach via handluggageonly.co.uk

New Zealand memang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan. Udara di sini juga sangat sejuk untuk berlibur bersama keluarga. Jika kamu hendak ke New Zealand, jangan lupa untuk mampir ke pantai Coromandel. Pantai ini selain memiliki ombak yang bagus bagi para peselancar, ternyata pantai ini juga memiliki sumber air panas alami yang keluar melalui pasir pantainya.

Jika berkunjung kesini, kamu harus membawa peralatan untuk menggali, seperti sekop. Karena kamu akan menggali kolam air panasmu sendiri di sini. Air panas yang keluar dari dalam pasir di sini akan memberikanmu sensasi yang aneh dan menyenangkan! Wow!

 

7. Vaadhoo Island, Maldives

Vaadhoo Island

Vaadhoo Island via macphunsoftware.cachefly.net

Maldives memang memiliki pantai yang tak dapat dipungkiri lagi keindahannya. Berlibur di Maldives, kamu akan merasakan air laut yang tenang dan dapat langsung terjun ke lautan luas dari depan kamarmu.

Tapi ternyata Maldives tidak hanya menawarkan keindahan lautnya pada siang hari, pada malam hari di pulau Vaadhoo, pasir – pasir di bibir pantai bercahaya seperti bintang – bintang di langit pada malam hari. Ternyata cahaya – cahaya tersebut berasal dari organisme laut Osctracod Crustaceans atau sejenis phytoplankton.

Organisme ini bereaksi pada perubahan cahaya dan juga tegangan air laut yang menyebabkan organisme ini akan bersinar pada malam hari. Kamu bisa mencoba mengambil air laut berwarna ini di genggamanmu, serasa seperti menangkap bintang di langit loh traveler, unik kan?

 

So, sudah siap berkemas dan menentukan destinasi pantai yang akan kamu datangi duluan traveler? Jangan lupa ajak yang terkasih atau keluargamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *