JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

7 Tempat Wisata di Sumbawa Barat yang EPIC BGT dan Wajib Untuk Segera Kamu Kunjungi!

headline-image-026

Jika kamu diberi kesempatan untuk berlibur ke Nusa Tenggara Barat, pulau mana kira-kira yang akan kamu kunjungi? Mungkin banyak di antara kamu akan memilih Pulau Sumbawa atau Lombok. Memang kedua pulau ini merupakan destinasi wisata yang eksotis dan paling banyak menarik wisatawan. Tapi tahukah kamu jika di perairan Selat Alas yang menghubungkan Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok juga menyimpan daya tariknya sendiri?

Di sebelah barat Pulau Sumbawa, berbatasan dengan Selat Alas, terdapat gugusan pulau yang cantik dengan keadaan geografisnya yang menawan khas pulau-pulau di wilayah Indonesia timur. Gugusan pulau ini dikenal dengan sebutan Gili Balu. Dalam bahasa Sumbawa, Gili artinya ‘pulau’ dan Balu artinya ‘delapan’.

Gili Balu merupakan gugusan pulau yang terdiri dari delapan pulau kecil yang masih alami, karena sebagian besar pulau-pulau ini tidak berpenghuni. Tapi jangan khawatir, meskipun tidak berpenghuni Gili Balu sudah dikelola sebagai kawasan konservasi dan objek wisata.

Sebagai tempat wisata, Gili Balu memiliki pantai yang jernih dan pasir putih yang mengelilingi setiap pulaunya. Tidak hanya itu, perbukitan dengan hamparan sabana, hutan mangrove, dan pemandangan alam bawah lautnya juga menambah keindahan dari gugusan pulau ini.

 

1. Pulau Namo

Pulau Namo

Pulau Namo via 3.bp.blogspot.com

Pulau Namo juga dikenal dengan sebutan Pulau Range, yang dalam bahasa Sumbawa berarti ‘nyamuk’. Pulau ini memiliki topografi berupa dataran di sebagian besar pulau dan bukit. Pulau Namo terbilang luas sekitar 190, 9 ha dengan panjang garis pantai 1, 28 km.

Di sini kamu bisa menikmati sejuknya hutan mangrove dan lambaian pohon kelapa yang ditanam oleh warga sekitar. Jika kamu pergi ke sisi timur Pulau Namo, kamu juga bisa melihat budidaya mutiara yang menggunakan sistem rakit dan longline.

 

2. Pulau Paserang

Pulau Paserang

Pulau Paserang via 4.bp.blogspot.com

Pulau Paserang oleh masyarakat setempat disebut juga sebagai Pulau Pasaran, karena di pulau ini sering terjadi pasaran atau transaksi jual beli ikan hasil tangkapan nelayan sekitar. Luas pulau ini sekitar 54, 77 ha dengan panjang garis pantai 2, 50 km. Pulau Paserang merupakan salah satu pulau di antara kedelapan gugusan yang dikembangkan sebagai daerah wisata. Di sini sudah dibangun pelabuhan kecil dan beberapa cottage sebagai tempat penginapan.

Keindahan Pulau Paserang bisa kamu nikmati dari atas bukit yang terletak di sisi utara pulau dengan padang sabananya yang membentang luas ke sisi selatan. Jika kamu ke sisi barat pulau, kamu bisa snorkeling dengan santai menikmati terumbu karang yang jelas terlihat karena jernihnya air. Kamu juga bisa menikmati pemandangan deretan pohon bakau di sepanjang pinggir pantai.

 

3. Pulau Mandiki

Pulau Mandiki

Pulau Mandiki via www.baskgilimeno.com

Pulau Mandiki atau oleh masyarakat setempat disebut juga Pulau Batu adalah pulau terkecil di antara gugusan Gili Balu. Luasnya hanya sekitar 0, 24 ha dengan panjang garis pantainya 180 meter saja. Sesuai dengan namanya, hampir keseluruhan pulau ini berupa batu. Tapi uniknya, di puncak pulau ini terdapat sebuah pohon yang tumbuh dengan hamparan rumput di sekelilingnya.

Selain disebut dengan Pulau Batu, pulau ini dikenal juga dengan sebutan Pulau Genang. Dalam bahasa Sumbawa, Genang artinya ‘gendang’. Dinamakan begitu karena bentuk pulau ini yang menyerupai gendang. Di sini kamu bisa menghabiskan waktu dengan berenang atau snorkeling. Kamu juga bisa berenang ke pinggir pulau dan memanjat tebing batu untuk membuat dokumentasi foto yang keren. Tapi ingat, harus didampingi pemandu ya!

 

4. Pulau Kambing

Pulau Kambing

Pulau Kambing via sangajigroup.files.wordpress.com

Pulau Kambing adalah pulau di kawasan Gili Balu yang sempat dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Poto Tano untuk menggembalakan kambing. Karena itu pulau ini disebut juga Pulau Bedis yang dalam bahasa Sumbawa berarti Pulau Kambing. Luas pulau ini sekitar 5, 05 ha dengan panjang garis pantai hanya 850 km. Hampir keseluruhan pulau ini berupa tebing dan batu dengan hamparan rumput yang membukit.

Pulau Kambing terletak tepat di sebelah utara Pulau Belang. Letak kedua pulau ini sangat berdekatan, sehingga ketika air laut surut pulau ini terlihat menyatu.

 

5. Pulau Belang

Pulau Belang

Pulau Belang via rianytam.files.wordpress.com

Pulau Belang merupakan pulau terluas dari seluruh gugusan Gili Balu. Luas pulau ini mencapai 462, 65 ha dengan panjang garis pantainya 9, 90 km. Meskipun terbilang cukup luas, tapi pulau ini tidak berpenghuni. Karena itu kesannya begitu indah dan alami.

Bentuk pulau ini cenderung memanjang dengan tujuh laguna yang bisa kamu nikmati. Terlebih lagi dengan daratannya yang landai dan berpantai pasir putih. Di sekelilingnya pulau ditutupi oleh hutan mangrove dengan daratan rumput yang membukit di tengahnya.

 

6. Pulau Ular

Pulau Ular

Pulau Ular via 2.bp.blogspot.com

Pulau ular terletak di sebelah barat Pulau Kenawa. Pulau ini terhitung kecil dengan luas hanya 2, 19 ha dan panjang garis pantai 540 km. Oleh masyarakat setempat pulau ini disebut Pulau Ular tidak lain memang karena pulau ini merupakan habitat dari ular laut. Tapi tenang saja, meskipun banyak ular laut yang hidup di sekitar pulau ini, mereka cukup jinak dan tidak berbisa.

Jika kamu suka diving, laut di sekitar Pulau Ular bisa menjadi pilihan yang tepat. Biota laut yang ada di sekitar pulau ini begitu banyak dan indah. Karena itu di sini juga menjadi kawasan memancing bagi para nelayan.

 

7. Pulau Kenawa

Pulau Kenawa

Pulau Kenawa via journesia.com

Pulau dengan luas 13,8 ha ini menyuguhkan keindahan alamnya yang mempesona, dengan perpaduan perbukitan dan padang sabana yang menghampar hampir di sepanjang pulau. Dikelilingi dengan pasir putih dan pantainya yang biru membentang menambah pesona pulau ini.

Di sini kamu bisa menghabiskan waktu dengan berenang di pantai, snorkeling, atau bersantai di bawah gazebo yang telah disediakan. Jika kamu ingin menginap, kamu juga bisa mendirikan tenda dan berkemah di sini.

Pulau Kenawa juga menyuguhkan pemandangan sunrise dan sunset yang menawan. Meskipun tidak bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam langsung dari balik permukaan laut, tetapi saat sunrise kamu bisa melihat matahari muncul dari balik gugusan pegunungan di Pulau Sumbawa. Sedangkan saat sunset matahari akan bersembunyi di balik lereng gunung Rinjani.

Nah, itu dia surga tersembunyi di Sumbawa Barat yang bisa kamu datangi sebelum habis masa lajangmu. Mumpung masih muda dan bertenaga, jangan ragu untuk traveling ke pulau-pulau tak berpenghuni namun asri. Pasti menarik dan bisa memacu adrenalinmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *