JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

7 Tempat Wisata Ini Wajib Kamu Singgahi Saat Berada di Banjarnegara Bersama Keluarga!

headline-image-kiri

Apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar Banjarnegara? Mungkin yang paling terbayang adalah es dawet atau bisa juga disebut dengan es cendol. Banyak orang yang masih belum tahu tentang Banjarnegara, dan bahkan tidak tahu sama sekali ada sebuah kabupaten bernama Banjarnegara.
Tapi bagaimana jika kamu ditanya soal dataran tinggi Dieng? sudah pasti banyak orang langsung tahu dan bahkan kerap mengunjungi dataran tinggi Dieng. Padahal, sebagian wilayah dataran tinggi Dieng terletak di Banjarnegara. Nah, kalau kamu sedang merencanakan liburan dan bingung menentukan akan kemana. Yuk, simak beberapa destinasi wisata asik di Banjarnegara berikut.

 

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng via 3.bp.blogspot.com

Nah, ini dia yang menjadi primadona jika kamu berkunjung ke Kabupaten Banjarnegara. Secara administratif sebenarnya Dataran Tinggi Dieng ini berada di dua wilayah yang berbeda. Yang satu terdapat di Kabupaten Wonosobo atau kerap disebut Dieng Wetan dan lainya terdapat di Kabupaten Banjarnegara atau disebut Dieng Kulon.
Objek menarik yang dapat kamu temui di Dieng Kulon yaitu; Kawah Sileri, Kawah Candradimuka, Sumur Jalatunda dan Telaga Drigo. Tak heran jika Dieng menjadi destinasi favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Banjarnegara, karena memang sejuknya udara yang berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut (MDPL). Jika berangkat dari pusat kota Banjarnegara, kamu hanya membutuhkan waktu berkisar satu jam untuk sampai ke dataran tinggi Dieng.

 

2. Waduk Mrica

Waduk Mrica

Waduk Mrica via caralengkap.com

Setelah lelah berkeliling di TRMS Serulingmas, kamu bisa coba menuju arah barat untuk mencapai ke Waduk Mrica. Waduk ini mendapatkan predikat sebagai danau buatan terbesar di Asia Tenggara. Walau terbesar di Asia Tenggara, bukan berarti harus merogoh kantong lebih dalam untuk dapat menikmati waduk yang juga digunakan sebagai PLTA area Jawa-Bali ini. Hanya dengan membayar Rp. 2000, kamu sudah dapat masuk dan menikmati indahnya panorama alam.
Suasana di tepi waduk ini sangatlah rimbun, sehingga sangat cocok untuk berjalan kaki sambil menikmati pemandangan alam yang menyegarkan mata dan pikiran. Jika kamu sudah merasa lelah berjalan kaki, dan ingin merasakan bagaimana ada di tengah-tengah danau atau waduk yang membendung sungai Serayu ini, kamu dapat menyewa perahu untuk sampai ke tengah danau dengan tarif Rp. 15.000,-.

 

3. Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas

Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas via 1.bp.blogspot.com

Kamu bisa memulai perjalanan berwisata di Banjarnegara mulai dari Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas, atau biasa disingkat TRMS Serulingmas. Lokasinya berada di Jl. Selamanik No. 35 Banjarnegara, Jawa Tengah. Hanya dengan membayar tarif masuk sebesar Rp. 5000,- kamu bisa menikmati koleksi satwa di TRMS Serulingmas yang bisa dibilang lengkap, sehingga kamu dapat menjumpai beragam jenis satwa di tempat ini.
TRMS Serulingmas atau yang juga biasa disebut Kebun Binatang Serulingmas ini tidak hanya menyuguhkan aneka ragam satwa, tapi juga terdapat kolam renang dan arena permainan untuk anak. Jadi, tidak ada salahnya jika kamu berkunjung ke TRMS Serulingmas, karena tempat ini merupakan satu-satunya taman margasatwa yang berada di Jawa Tengah bagian Selatan.

 

4. Kompleks Percandian Arjuna

Kompleks Percandian Arjuna

Kompleks Percandian Arjuna via ayomlaku.com

Salah tempat yang wajib kamu kunjungi ketika traveling ke Dieng adalah Kompleks Percandian Arjuna. Secara administratif, lokasi tempat ini berada di wilayah kabupaten Banjarnegara. Kompleks Percandian Arjuna memiliki beberapa candi Hindu yang jaraknya saling berdekatan. Beberapa candi yang ada di kompleks ini antara lain Candi Arjuna, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, dan Candi Sembadra. Kawasan ini biasanya juga dijadikan lokasi acara utama Dieng Culture Festival yakni upacara potong rambut gimbal
Lokasi Kompleks Percandian Arjuna berada di sebuah cekungan Dataran Tinggi Dieng sehingga dari sini kita bisa menyaksikan pemandangan perbukitan indah di sekitar Dataran Tinggi Dieng. Tentu saja sambil menyelami nilai sejarah dan budaya di candi-candi yang ada di kompleks tersebut

 

5. Surya Yudha Park

Surya Yudha Park

Surya Yudha Park via 4.bp.blogspot.com

Nah, jika dari tadi kita telah melihat beragam tempat wisata alam di Banjarnegara, sekarang saatnya menikmati keceriaan di Surya Yudha Park yang lokasinya tidak jauh dari alun-alun utara Banjarnegara. Disini terdapat wahana bermain air, arena olahraga, rafting, wisata outbond dan juga ada hotel berbintang yang bisa kamu kunjungi untuk beristirahat setelah seharian berwisata.

 

6. Curug Sirawe

Curug Sirawe

Curug Sirawe via bolehtanya.com

Sudah puas menikmati alam dari ketinggian? Sebaiknya kamu jangan langsung pergi meninggalkan kawasan Dieng Kulon, karena kamu akan menemukan satu tempat yang sangat indah dan cukup unik. Yaitu Curug Sirawe yang berada di Dusun Bitingan, Kecamatan Batur, Banjarnegara.
Keindahan air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 80 meter ini sangatlah memanjakan mata, belum lagi jika kamu merasakan langsung keunikan dari Curug Sirawe ini. Apa sih keunikan Curug Sirawe? Nah, keunikan Curug Sirawe adalah terdapat aliran air panas dan aliran air dingin yang tentu akan membuat sensasi yang baru saat berendam.

 

7. Kawah Sileri

Kawah Sileri

Kawah Sileri via 3.bp.blogspot.com

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika traveling ke Dieng adalah Kawah Sileri. Lokasi kawah ini berada di desa, kecamatan Batur, Banjarnegara. Dengan luas sekitar 4 hektar, Kawah Sileri merupakan kawah paling luas yang ada di Dataran Tinggi Dieng
Kawah Sileri merupakan kawah vulkanik aktif yang berada di lereng gunung Pagergedang. Permukaan air di kawah ini selalu diselimuti oleh uap yang merupakan tanda bahwa ada aktivitas vulkanik di sana. Akibat aktivitas vulkanik kawah ini, maka suasana di sekitar Kawah Sileri cenderung hangat. Waktu paling pas untuk mengunjungi tempat ini adalah pada pagi hari karna uap dari kawah ini seperti masih menempel dipermukaan air, kemudian jika ditunggu sampai beberapa saat uap air ini akan mulai terangkat, dan terpisah dari permukaan air

Jika sudah puas dan lelah menikmati tempat-tempat wisata diatas, kamu bisa coba ke alun-alun Banjarnegara. Kalian bisa menikmati beragam kuliner yang dijajakan para pedagang di sekitar alun-alun. Atau coba telusuri saja jalan utama Banjarnegara, pasti kamu akan dibuat bingung karena banyaknya pilihan tempat makan yang menggoda selera. Mulai dari yang khas, seperti Tempe Mendoan, dan Es Dawet. Atau bisa juga mencoba Mi Ongklok, atau Bakso yang disajikan dengan ketupat. Pasti kamu jadi makin bingung kan mau mencoba makanan apa?!
Gimana? Jadi makin tau dong, wisata apa saja yang bisa kalian dapatkan di Banjarnegara? Kalau begitu, selamat menikmati jalan-jalannya ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *