8 Kota Dunia yang Ramah Untuk Para Pedestrian Ini Cocok Untuk Melupakan Hiruk Pikuknya Kota!

headline-image-kanan

Padat merayap, macet, ramai, bisingnya suara kendaraan, polusi, tak ada ruang untuk pejalan kaki, dan sumpek dengan hiruk pikuk kota, pasti pernah atau malah justru setiap hari kamu rasakan.

Dengan segala kebisingan kota ditambah dengan bumbu macet dan sebagainya pasti membuatmu sering berkhayal untuk tinggal di suatu tempat yang nyaman, yang bisa memberikanmu ruang untuk berjalan ataupun bersepeda. Dengan kemajuan arsitektur, teknologi, dan semakin padatnya aktivitas di muka Bumi ini, masih ada gak ya tempat yang nyaman untuk para pejalan kaki?

Tentu saja masih! Ada beberapa tempat yang ada di dunia ini yang memiliki tempat yang sangat nyaman bagi para pedestrian. Tempat-tempat ini menyediakan ruang khusus untuk pedestrian dimana para pejalan kaki tak perlu lagi khawatir dengan motor yang menerobos trotoar ataupun kemacetan yang sangat mengganggu.

Di beberapa tempat wisata dunia ini, para pedestrian atau pejalan kaki bisa menghabiskan waktunya untuk berjalan berkeliling dengan leluasa di tempat tersebut.

Nah, daripada kamu semakin penasaran, berikut ini 8 tempat dengan ruang pedestrian terbaik yang mungkin bisa menjadi salah satu destinasi yang harus kamu kunjungi!

 

1. Malioboro, Indonesia

Malioboro Yogyakarta
Malioboro Yogyakarta via upload.wikimedia.org

Perjalanan kita mualai dari kota Yogyakarta. Seperti dengan julukannya “Kota Istimewa”, ternyata kota ini sangat ramah untuk para pedestrian. Kamu bisa menelusuri jalan Malioboro dengan berbelanja souvenir, oleh-oleh makanan, ataupun memang hanya sekedar berjalan-jalan.

Satu tempat ini merupakan tempat pusat perbelanjaan, mall, pedagang kaki lima, hotel, dan pasar pun ada di tempat ini. Dari dulu, Malioboro menjadi tempat yang sangat nyaman untuk para pedestrian, sebab disediakan jalur khusus para pejalan yang lebar. Tapi sekarang, Malioboro disulap menjadi jalan yang ditutup untuk kendaraan, sehingga menjadi lebih nyaman lagi untuk para pejalan kaki menikmati suasana Jogja yang nyaman.

 

2. Munich, Jerman

Munich
Munich via upload.wikimedia.org

Kamu pastinya mengenal kota ini, kota yang notabene menjadi kandang klub sepak bola terkenal bernama Bayern Munchen ternyata juga ramah untuk pejalan kaki. Meski di kota ini banyak lalu lalang kendaraan, namun jalur pedestrian di sana sangatlah nyaman dan bebas dari serobotan pengendara yang nakal.

Sambil berjalan kaki, kamu juga bisa singgah ke restoran, toko, museum dan bar yang ada di sepanjang jalur pedestrian ini. Selain jalur pejalan kakinya yang nyaman ada pula taman terbuka yang luas yang memungkinkan kamu bermain bola di sana.

 

3. Paris, Prancis

Paris
Paris via 4.bp.blogspot.com

Jika kamu ingin menikmati suasana romantisnya kota paris dengan berjalan kaki, maka kamu bisa mendapatkannya dengan sangat leluasa. Paris juga menjadi salah satu kota di dunia ini yang sangat nyaman untuk digunakan oleh para pedestrian. Hal ini memang dikarenakan Paris dirancang menjadi kota yang sangat nyaman untuk para pejalan kaki yang ingin menikmati kota Paris.

Taman-taman kota yang dirancang dengan ukuran yang besar dengan nuansa yang nyaman pasti akan membuat kamu bisa sangat betah untuk menghabiskan waktumu di Paris. Di sini, juga terdapat satu sungai yang bernama Seine, dimana di pinggir sungai tersebut disediakan jalan yang berbatu yang sangat indah untuk digunakan sebagai tempat menghabiskan waktu untuk berjalan. Kamu bisa menyusuri setiap sudut taman ataupun sungai dengan aman dan nyaman pastinya. Saat malam pun, suasana di kota Paris malah tambah romantis dengan kelap-kelip warna lampu yang ada di taman-taman kota.

Selain itu, kamu juga tak perlu khawatir jika ingin menggunakan fasilitas publik. Sebab, di Paris tempat-tempat fasilitas publik juga ada di tempat yang berdekatan, sehingga kamu tak perlu deh untuk naik kendaraan, cukup dengan berjalan kaki dan menikmati suasana Paris pun bisa kamu dapatkan.

 

4. Melbourne, Australia

Melbourne
Melbourne via 1.bp.blogspot.com

Tercatat sebagai kota terpadat kedua di Autralia, tidak membuat kota ini tidak teratur. Karena ternyata kota ini pernah menyandang sebagai salah satu kota tersehat di dunia. Melbourne pun juga memiliki jalur khusus yang nyaman untuk para pejalan kaki. Selain itu, pemandangan pedestrian yang bagus adalah hal yang langka didapatkan di kota-kota besar lainnya.

Di sepanjang jalur pejalan kaki terdapat banyak pepohonan hijau dan taman-taman indah yang membuat kegiatan berjalan kaki kamu makin terasa nyaman. Salah satu tempat berjalan kaki yang paling disukai para wisatawan biasanya di kawasan St Kilda Foreshore. Di sana kamu dapat berjalan kaki sambil menikmati pantai yang cantik.

 

5. Philadelphia, Amerika Serikat

Philadelphia
Philadelphia via 1.bp.blogspot.com

Tidak semua kota di Amerika dipenuhi oleh kendaraan dan lalu lalang pekerja yang sangat ramai. Salah satu kota yang sangat ramah dan nyaman untuk kamu kunjungi jika kamu ingin menikmati indahnya kota dengan berjalan kaki adalah Philadelphia. Yap, kota yang satu ini merupakan kota hijau yang di design dengan nuansa go green dan pastinya menyediakan ruang yang luas untuk pedestrian.

Di kota ini, kamu tak perlu khawatir jika ingin berjalan kaki menyusuri indahnya kota di Amerika ini. Justru di Philadelphia sangatlah menjunjung tinggi kebiasaan berjalan kaki. Jadi, tak mengherankan juga jika kota ini memang di desain sangat nyaman untuk para pejalan kaki.

Kamu bisa menikmati nyamannya rasa berjalan kaki dengan udara segar dari pepohonan yang ada di taman kotanya. Saat kamu berjalan kaki di kota ini, kamu bisa menikmati indahnya Philadelphia yang sangat menakjubkan.

 

6. Dubrovnik, Kroasia

Dubrovnik
Dubrovnik via 1.bp.blogspot.com

Kota ini merupakan kota yang penuh dengan nilai sejarah. Hal ini dibuktikan dengan bangunan-bangunannya memiliki desain arsitektur yang sangat unik. Untuk mengeksplornya memang paling nyaman dengan berjalan kaki. Kamu pastinya akan terkagum-kagum dengan pemandangan yang belum pernah kamu temui di kota-kota bersejarah lain.

 

7. Amsterdam, Belanda

Amsterdam
Amsterdam via kusumaningrumratna.files.wordpress.com

Nah, masih di kota besar yang ada di dunia ini yaitu Amsterdam, Belanda. Amsterdam menjadi salah satu kota yang sangat ramah untuk para pejalan kaki. Jika kamu ingin menikmati liburan dengan berjalan kaki mengelilingi kota, maka Amsterdam inilah kota yang paling tepat untuk kamu pilih.

Amsterdam merupakan ibukota negara dari Belanda dan juga menjadi kota terbesar yang ada di Belanda. Meskipun demikian, malah tak membuat Amsterdam menjadi kota yang penuh dengan bisingnya kendaraan loh, justru kamu bisa mendapatkan indahnya dan nyamannya berjalan kaki di kota ini. Amsterdam memang dijadikan sebagai kota yang nyaman bagi pedestrian dan juga para pesepeda.

Penduduk dari kota ini pun sangat suka menggunakan sepeda sebagai transportasi utama bagi mereka. Hal ini juga sangat didukung oleh pemerintah kota Amsterdam dimana menjadikan Amsterdam menjadi kota yang ramah lingkungan dan mengurangi emisi gas karbondioksida. Sehingga, membuat para pejalan ataupun para pesepeda merasa betah untuk menikmati indahnya dan nyamannya kota Amsterdam.

 

8. Venesia, Italia

Venesia
Venesia via 1.bp.blogspot.com

Tempat pertama yang sangat ramah dengan pedestrian atau para pejalan kaki adalah salah satu kota di Italia, Venesia. Ya, Venesia menjadi tempat yang sangat ramah untuk para pejalan dan wajib untuk kamu kunjungi jika kamu ingin merasakan kota yang ramah dengan pejalan kaki. Hal ini dikarenakan Venesia menjadi salah satu kota yang tidak memperbolehkan kendaraan bermotor memasuki wilayah Venesia.

Di Venesia inilah, kamu juga akan menemukan alat transportasi berupa gondola yang biasanya juga digunakan oleh penduduk setempat untuk pergi ke tempat yang lebih jauh. Suasana yang nyaman tanpa bising suara kendaraan dan juga udara yang bersih pastinya akan membuat para pejalan sangat nyaman untuk berkunjung ke tempat yang satu ini. Kamu pun bisa berjalan kaki seharian di Venesia dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata lainnya.

Misalnya saja nih, selain kamu bisa berkeliling dengan menggunakan gondola, kamu bisa berkunjung ke jembatan Rialto, Basilika San Marco, lapangan San Marco, dan beberapa tempat wisata lainnya. Pastinya, semua tempat ini bisa kamu datangi hanya dengan berjalan kaki. Saat kamu menikmati perjalananmu pun kamu tidak akan pernah bosan, sebab arsitektur gedung di kota ini memiliki arsitektur kuno yang pastinya menambah indahnya kota Venesia ini.

 

Jadi, dari kedelapan kota indah dan nyaman untuk pedestrian tersebut manakah yang akan kamu kunjungi pertama kali?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *