JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

8 Museum Terpopuler di Dunia Ini Cocok Menjadi Destinasi Buat Kamu yang Ingin Berlibur Sambil Menambah Ilmu!

headline-image-kanan

Umumnya museum adalah tempat peninggalan barang- barang bersejarah yang dijaga dan dirawat di sini. Bagi beberapa orang mengunjungi museum bukan termasuk dalam destinasi liburan, karena museum dirasa membosankan dan menjenuhkan.

Padahal banyak hal yang bisa ditemukan dan dipelajari dari museum. Beberapa museum di dunia berikut akan merubah pemikiranmu tentang museum sekaligus menambah pengetahuan. Maka dari itu tidak salah kalau museum dijadikan salah satu tempat wisata dunia yang patut dikunjungi ketika kamu liburan. Simak, yuk!

 

1. Metropolitan Museum of Art, New York

Metropolitan Museum of Art

Metropolitan Museum of Art via upload.wikimedia.org

New York Metropolitan Museum of Art merupakan salah satu museum terbesar di dunia. Luas museum ini sekitar 190 ribu meter persegi. Di museum ini terdapat berbagai kumpulan karya seni terkemuka dari seluruh penjuru dunia, sebut saja karya Michelangelo, Leondardo da Vinci, Pittoni dan Rembrandt semuanya bisa kamu temukan di sini.

Museum ini juga menyimpan berbagai koleksi melimpah dari kesenian Afrika, Asia, Oseanik, Birzantium, dan Islam. Kamu juga bisa menemukan berbagai macam alat – alat musik, gaun dan pernak, pernik klasik dan senjata antik dari seluruh penjuru dunia. Completed!

 

2. Musee d’Orsay, Prancis

Musee d’Orsay

Musee d’Orsay via leggypeggy.files.wordpress.com

Salah satu Museum terkenal di Prancis adalah Musee d’Orsay. Museum ini terletak di pusat kota Paris, di sisi sungai Seine. Museum ini dulunya merupakan sebuah stasiun kereta api, yang kemudian di tranformasi fungsinya menjadi museum oleh M. Bardon, M. Colboc dan M. Philippo.

Musee d’Orsay merupakan museum pertama yang menampilkan koleksi seni dari periode 1848 hingga tahun 1914 seperti lukisan patung furniture dan hasil fotografi. Museum ini menyimpan banyak karya seniman beraliran impressionist seperti karya seniman Manet, Degas, Monet dan Cezanne. Selain seniman tersebut, museum ini juga menyimpan hasil karya seniman ternama seperti Van Gogh dan Gaugin.

 

3. The Art Institute, Chicago

The Art Institute

The Art Institute via urbanmatter.com

Museum ini menyimpan lebih dari 300 ribu karya seni dan merupakan museum terbesar kedua di Amerika setelah Metropolitan Museum of Art. Di museum ini kamu bisa menemukan lukisan karya pelukis El Greco, Antoine Watteau, Grant Wood, Calude Monet serta John Simpson dan masih banyak lagi.

 

4. Museum Louvre, Perancis

Museum Louvre

Museum Louvre via www.exhibitioncritique.com

Museum ini menjadi ikon kota Paris selain menara Eiffel karena keindahannya dan arsitekturnya yang menarik. Museum Louvre mempunyai sebuah pyramid raksasa yang terbuat dari kaca yang mana merupakan pintu masuk utama museum ini.

Louvre dahulunya merupakan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai benteng pada abad ke-12 lalu dirubah dan dibangun menjadi sebuah istana megah pada abad ke-14 hingga kemudian beralih fungsi menjadi sebuah museum pada akhir abad ke-18.

Louvre menyimpan sebuah maha karya terkenal di dunia yaitu lukisan Monalisa, setiap harinya banyak pengunjung dalam dan luar negeri yang berdatangan ke museum ini untuk menyaksikan beberapa karya seni yang ada di sini.

 

5. Museum The Hermitage and Winter, Rusia

Museum The Hermitage and Winter

Museum The Hermitage and Winter via howdoyoumeasure525600minutes.files.wordpress.com

Museum ini merupakan museum termegah di dunia, terletak di St. Petersburg, Rusia. Awalnya museum ini adalah sebuah istana musim dingin, kemudian pada saat Ratu Tsarina Catharina The Great memimpin kerajaan, ia gemar mengoleksi beragam karya seni dari seluruh penjuru dunia.

Mulai dari lukisan, artefak, medali, patung, lampu kristal serta perlengkapan istana semua dikumpulkannya dari berbagai penjuru dunia dan disimpan di dalam istana musim dingin tersebut. Hingga saat ini lukisan dan karya seni lain di sini masih utuh dan dijaga ketat.

Selain itu, ada yang menarik dari museum ini, jika kamu mengunjungi museum ini dan melihat banyak kucing berkeliaran di sini, jangan heran karena mereka adalah para pekerja di museum ini. Yap! Kucing – kucing itu dipekerjakan untuk menangkap tikus. Kucing – kucing tersebut mendapat jabatan formal dan diberikan imbalan.

 

6. National Gallery, London

National Gallery

National Gallery via www.artfund.org

Museum ini terletak di Trafalgar Square, London. Museum ini didirikan pada tahun 1824 dan saat itu berstatus lembaga publik non departemen di bawah departemen kebudayaan media dan olahraga Britania Raya.

Koleksi lukisan dalam museum ini mencakup 2.300 lebih lukisan dari pertengahan abad ke-13 hingga tahun 1900 dan merupakan milik rakyat. Koleksi pada museum ini memang tidak berasal dari koleksi milik kerajaan, Pemerintahan Britania Raya membeli 36 lukisan dari seorang banker bernama John Julius Angerstein pada tahun 1824 yang saat itu sebagian koleksinya merupakan sumbangan pribadi.

Meski koleksi lukisan di sini tak sebanyak yang ada di museum – museum lainnya, namun lukisan di sini tergolong secara ensiklopedis dan mewakili semua tahapan dalam perkembangan seni lukis barat.

 

7. Rijksmuseum, Belanda

Rijksmuseum

Rijksmuseum via images.adsttc.com

Museum ini merupakan museum yang paling terkenal di Belanda dan tak pernah sepi pengunjung. Usia museum ini sudah lebih dari dua abad. Bangunan museum ini bergaya Belanda Neo Renaissance dengan beberapa elemen – elemen neo-Gothic sebagai dekorasinya.

Rijksmuseum memiliki beragam koleksi benda bersejarah dan lukisan – lukisan dari para pelukis ternama Belanda seperti Rembrandt dan Vincent van Gogh serta banyak pelukis lainnya dari berbagai belahan dunia.

Di museum ini juga terdapat beberapa benda – benda antik yang berkaitan dengan budaya Belanda, buku – buku tua dan bahan cetak lainnya serta beragam koleksi fotografi klasik.

 

8. The Vasa Museum, Stockholm, Swedia

The Vasa Museum

The Vasa Museum via www.modelships.de

Jika kamu ingin melihat bagaimana kehidupan bangsa Viking yang sedang berlayar, kamu harus berkunjung ke museum ini. Museum ini memiliki sebuah bangkai kapal Viking yang tenggelam.

Di museum ini kamu akan diputarkan sebuah film mengenai bagaimana suasana kapal tersebut sebelum tenggelam. Kapal Viking terbesar ini tenggelam setelah beberapa saat berlayar dikarenakan muatan senjata yang diangkutnya berlebihan, sehingga terjadi ketidakseimbangan di atas kapal yang menyebabkan kapal ini tenggelam. Di sini kamu akan melihat betapa gagahnya bangsa Viking sebagai petualang sejati.

 

Wow! Ternyata museum – museum di atas benar – benar sayang banget ya traveler dilewatkan ketika kamu berkunjung ke Negara tersebut! Berlibur sambil menambah ilmu, why not! Happy traveling!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *