JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

8 Spot Camping Seru di Yogyakarta Untuk Kamu yang Berjiwa Muda!

headline-image-016

Yogyakarta memang sepantasnya mendapat julukan kota Istimewa. Selain kaya akan wisata budaya dan wisata kuliner, Yogyakarta juga terkenal dengan keindahaan alam nya baik pantai mau pun gunung. Oleh karena itu, wajar bila Yogyakarta menjadi salah satu kota wisata favorit saat liburan tiba. Selain maraknya pusat perbelanjaan, pusat kuliner, dan pusat wisata sejarah, Yogyakarta juga menawarkan wisata alam yang masih asri.

Bagi kamu yang ingin berlibur di kota besar namun juga ingin merasakan kesejukan alam yang masih alami, Yogyakarta mungkin bisa menjadi pilihan. Yogyakarta menawarkan kesejukan dan keasrian untuk melepas penat dari keramain kota. Berikut ini 9 tempat camping seru buat kamu yang ingin menikmati alam ditengah padatnya kota Yogyakarta.

 

1. Sensasi berkemah di atas bukit batu raksasa, Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Nglanggeran

Gunung Nglanggeran http://1.bp.blogspot.com

Salah satu wisata di daerah Patuk, Gunungkidul ini menawarkan pemandangan alam yang masih hijau. Dengan mendaki kurang lebih 1 – 1,5 jam, kamu sudah bisa menikmati indahnya panorama alam dari atas puncak gunung Nglanggeran ini. Selain dapat menikmati pemandangan alam yang masih sejuk, kamu juga bisa menikmati sunset dan sunrise dari pucak gunung ini.

Gunung ini menyediakan 2 area camping ground yang aman, jadi kamu tidak perlu khawatir. Salah satu dari 2 area camping ground yang terletak di bawah telah menyediakan fasilitas seperti toilet dan listrik dengan biaya tambahan tentunya. Sedangkan satu area lagi terletak tepat di bawah puncak sehingga kamu hanya perlu berjalan sedikit untuk menikmati sunrise.

 

2. Menikmati lukisan senja yang sempurna dari atas tebing Pantai Kesirat

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat http://andanaparingga.com/

Terdiri dari barisan tebing tinggi nan asri, pantai Kesirat tentunya menawarkan keindahan birunya air laut yang bisa dinikmati dari atas tebing. Suasana alam yang tenang ditemani dengan deburan ombak pastinya akan memanjakan pikiran kamu. Selain itu ada sebuah pohon abadi yang disebut Pohon Gebangkoro, yang tentunya akan menambah keindahan pantai ini.
Buat kamu yang ini menikmati indahnya pemandangan pantai dari atas tebing, Pantai Kesirat bisa menjadi salah satu alternatif. Pemandangan sunrise dan sunset yang sempurna dari pantai ini juga menjadi nilai tambah yang membuat kamu tidak sabar untuk berkemah disini.

 

3. Melihat keindahaan alam secara dekat di Kaki Gunung Glagahsari Merapi

Gunung Merapi

Gunung Merapi  yogyakarta.panduanwisata.id

Siapa yang tak tahu Gunung Merapi yang terletak di daerah utara kota Yogyakarta? Erupsi besar tahun 2010 ternyata tidak menghilangkan pesona gunung yang masih aktif ini. Selain menikmati sejuknya udara pegunungan dan juga hijaunya alam sekamur, kawasan merapi ini juga menyediakan fasilitas wisata lainnya seperti gardu pandang dan lava tour.

Tak hanya itu, di sini juga telah disediakan camping ground bagi kamu yang ingin bermalam. Hamparan ribuan bintang dan suasana malam yang syahdu tentu saja akan menambah hangatnya kebersamaan sehingga rasanya ingin berlama-lama di sana.

 

4. Indahnya Pantai Sarangan, pantai pasir putih diatara dua bukit

Pantai Sarangan

Pantai Sarangan fotojurnalistik.com

Hamparan pasir putih dan birunya air yang ditawarkan oleh Pantai Sarangan tentu saja merupakan paduan yang sempurna untuk beristirahat sejenak dari hiruk pikuk perkotaan. Pantai Sarangan terletak di daerah wisata Pantai Gunungkidul lewat dan tepat di sebelah barat Pantai Krakal.

Pantai yang melengkung kurang lebih sepanjang 200 meter ini memiliki gelombang air laut yang tidak terlalu besar sehingga cocok untuk kamu yang ingin mendirikan tenda di sini.

Selain hamparan pasir, kamu juga dapat menikmati pemandangan laut yang indah dari atas bukit. Beberapa fasilitas memadai seperti kamar mandi umum, tempat ibadah, dan juga warung makanan dan minuman telah tersedia di pantai ini sehingga akan mempermudah para wisatawan.

 

5. Menghabiskan malam panjang di tepi tenangnya air di Waduk Sermo

Waduk Sermo

Waduk Sermo rentalhiacedijogja.com

Waduk sedalam 60 meter yang mampu menampung 25 juta meter kubik ini menawarkan eksotisme yang luar biasa bagi kamu yang mencintai ketenangan. Pantulan cahaya senja di air menambah kesan nyaman di waduk ini. Tak hanya itu, hutan-hutan yang berada di balik bukit Menoreh juga membuat mata ingin lama-lama memandangnya.

Udara yang sejuk dan juga panorama indah tentu saja akan menarik perhatian kamu untuk menginap di sini. Kamu juga bisa menikmati kilauan bintang yang akan menemanimu sepanjang malam.

Selain itu kamu juga bisa menyewa perahu untuk mengitari waduk, menikmati suasana dari tengah waduk, dan merasakan dinginnya air waduk.

Hanya berjarak sekamur 32 kilometer dari kota Yogyakarta, Waduk Sermo dapat menjadi pilihan untuk menghabiskan akhir pekan kamu bersama dengan orang-orang terdekat.

 

6. Memanjakan diri sejenak di pantai eksotis, Pantai Greweng

Pantai Greweng

Pantai Greweng jogjalan.com

Pantai Greweng terletak di kecamatan Girisubo, Gunung Kidul Yogyakarta. Pantai ini terletak bersebelahan dengan Pantai Wedi Ombo. Untuk mencapai lokasi pantai ini, kamu harus berjalan kaki kurang lebih selama 1 jam karena belum adanya akses jalan ke pantai ini.

Bagi kamu yang membawa kendaraan, tidak perlu khawatir karena kamu bisa menitipkan kendaraan kamu di rumah-rumah warga. Perjalanan selama 1 jam menuju pantai ini akan terbayar dengan pemandangan sekamur. Birunya air laut yang mengintip di celah-celah perbukamun tentunya membuat kamu makin tidak sabar untuk tiba di pantai ini.

Lokasi pantai yang masih sepi dari para wisatawan ini tentunya sangat cocok buat kamu yang ingin menikmati alam secara tenang. Air laut yang biru dan juga hamparan pasir putih serta pemandangan bukit-bikin nan hijau tentu saja membuat suasana semakin sempurna untuk memanjakan diri.

 

7. Menikmati indahnya hamparan laut eksotisme benteng alam, Bukit KosaKora

Bukit KosaKora

Bukit KosaKora etanovita.files.wordpress.com

Bukit yang memiliki ketinggian sekamur 50mdpl ini memerlukan tenaga ekstra untuk mencapainya. Kamu harus menyusuri jalan setapak dan juga hutan untuk bisa sampai ke bukit ini.

Namun semua usaha kamu pastinya akan terbayar ketika sampai diatasnya. Kamu akan disuguhkan dengan hamparat sederetan pantai Gunungkidul dan juga birunya langit. Bukit ini telah menyediakan beberapa fasilitas seperti tempat duduk kayu dan juga camping ground buat kamu yang ingin menghabiskan malam di sana.

Menanti kedatangan senja sambil berbaring di atas hamparan rumput hijau sambil merasakan angin sepoi-sepoi tentunya akan membuat kamu betah berada di sana. Jutaan bintang di langit juga siap untuk memperindah langit dari atas bukit KosaKora ini. Tak hanya pemandangan senja dan malam yang indah, menikmati terbitnya matahari pagi tentunya akan menambah kesan liburan kamu di sini.

 

8. Berpetualang di dalam hutan rindang, Hutan Wanagama

Hutan Wanagama

Hutan Wanagama photobucket.com

Hutan yang dulu nya tandus dan tidak terurus ini terletak di desa Banaran, kecamatan Playen, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Berbagai jenis pepohonan seperti pohon pinus, pohon akasia, cendana, dan juga jati akrab di temui di hutan ini.

Suasana rindang yang melindungi dari teriknya matahari tentu saja membawa kamu masuk dalam nuansa alam yang asri. Akses jalan menuju hutan ini pun sangat mudah. Kamu hanya perlu berkendara sepanjang 30km dari pusat kota Yogyakarta.

Selain itu kamu juga bisa menyurusi jalan setapak di tepi sungai oya sambil menikmati kicauan burung-burung yang terbang di antara rimbunnya daun. Fasilitas yang dimiliki oleh hutan ini juga sudah memadai, selain camping ground, hutan ini juga menyediakan toilet, mushola, dan juga aula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *