JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

8 Tempat Wisata Alam yang Unik di Banyuwangi Ini Sayang Untuk Kamu Lewatkan!

headline-image-kanan

Kamu suka berlibur ke Bali? Pastinya untuk menyeberang ke pulau eksotis yang satu itu, kamu harus singgah dahulu ke sebuah kota yang bernama Banyuwangi.

Banyuwangi adalah sebuah kabupaten yang terletak di Jawa Timur, dengan luas wilayah yang mencapai 5.782,50 km2. Di Banyuwangi juga terdapat pelabuhan yang menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Bali yaitu pelabuhan Ketapang.

Ada destinasi wisata apa aja sih di Banyuwangi? Bersiap ngiler pengen traveling ke sana ya!

 

1. Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol

Pantai Watu Dodol via wisataterbaru.com

Watu Dodol adalah salah satu tujuan para wisatawan yang sering dikunjungi jika sedang ke Banyuwangi. Pantai Watu Dodol ini sangat mudah ditemukan karena jika kamu akan berlayar ke Bali, kamu pasti akan melewati pantai ini. Karena terletak sebelum pelabuhan Ketapang.

Ciri khas lain dari pantai ini adalah adanya patung Gandrung, yaitu penari khas dari Banyuwangi. Selain itu, di tengah jalan juga terdapat bongkahan batu besar yang konon katanya bisa di gunakan sebagai jalan masuk ke istana pantai selatan. Di batu tersebut juga sering di jadikan tempat berkumpulnya makhluk ghaib.

Watu Dodol juga biasa menjadi tujuan berlibur bagi anak-anak sekolah dari Banyuwangi sendiri maupun dari luar kota. Di tepi pantai juga terdapat banyak penjual makanan maupun oleh-oleh yang terbuat dari kerang. Pantai ini sangat nyaman dan memiliki pemandangan yang indah untuk melihat sunrise maupun sunset.

 

2. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung via 1.bp.blogspot.com

Pantai Plengkung atau mungkin lebih populer dengan sebutan G-Land sangat banyak diminati bagi para peselancar domestik maupun mancanegara. Mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder karena memiliki ombak dengan tujuh gulungan besar mencapai 6 meter yang menakjubkan dan sangat ideal untuk berselancar. Pantai Plengkung bahkan disebut memiliki ombak terbaik kedua setelah ombak Hawaii.

Jika kamu ingin mencoba berselancar di pantai ini, tidak perlu repot membawa peralatan selancar sendiri dari rumah karena disini juga menyediakan peralatan berselancar yang bisa disewakan. Ombak di sini cukup bagus sepanjang tahun, tapi saat terbaik untuk berselancar di sini adalah antara bulan Juli – September.

Dan jika kamu tidak terlalu suka berselancar, tidak perlu khawatir karena suasana di Pantai Plengkung ini sangat nyaman dan damai untuk dinikmati, suasananya sangat tenang dan jauh dari keramaian. Kamu bisa menghilangkan stress ataupun sekedar refreshing. Di sekeliling pantai juga terdapat hutan tropis yang bisa dijadikan alternatif lain untuk jalan-jalan, kamu juga bisa mengunjungi air terjun yang terdapat di dalam hutan.

 

3. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi via 1.bp.blogspot.com

Pantai Rajegwesi, selain bersejarah pantai ini juga sangat menarik untuk dikunjungi. Terletak di desa Sarongan kecamatan Pesanggaran kabupaten Banyuwangi, di pantai ini juga terdapat bunker sisa kejayaan bangsa Jepang dari masa penjajahan.

Di pantai Rajegwesi ini, banyak sekali keunikan yang tidak dimiliki di pantai-pantai lain. Pesisir yang berwarna kecoklatan karena tercampur dengan endapan lumpur yang berasal dari sungai saat hujan. Memberikan kesan yang sangat lembut dan nyaman.

Karena mayoritas masyarakat disekitar pantai ini sebagai nelayan, maka ketika kalian datang kesini kalian akan menemukan banyak perahu nelayan yang di parkir dibagian barat pantai. Sedangkan bagian timur pantai dibiarkan sebagai tempat penyu untuk bertelur.

 

4. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Kawah Ijen via 4.bp.blogspot.com

Siapa yang tidak kenal dengan kawah ijen? Kebanyakan dari para pendaki gunung pasti pernah mendengar tentang kawah ijen. Kawah ijen ini terletak di Banyuwangi, dengan ketinggian 2.368 meter di atas permukaan air laut, Kawah Ijen memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Meskipun suhu kawah disini mencapai 200 derajat celcius, tidak pernah menciutkan nyali para wisatawan untuk mendatangi tempat tersebut.

Daya tarik dari Kawah Ijen ini yang paling sering dibicarakan adalah Blue Fire atau Api Biru. Api yang terletak dibawah kawah ini berwarna biru, sangat indah apabila dilihat dalam kegelapan, maka dari itu banyak dari para wisatawan yang datang sehari sebelumnya dan melihat Blue Fire pada dini hari.

Selain Blue Fire, hal menarik lainnya adalah tambang belerang. Kawah Ijen mempunyai tambang belerang tradisional yang masih digunakan bagi penambang untuk mencari sumber penghasilan. Para penambang di Kawah Ijen ini juga masih menggunakan alat seadanya, tidak ada peralatan canggih yang mereka gunakan, bahkan mereka benar-benar turun langsung ke bawah mendekati kawah untuk mengambil batangan belerang.

 

5. Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah

Pantai Pulau Merah via 4.bp.blogspot.com

Pulau merah ini terletak di kecamatan Pesanggaran – Banyuwangi. Berbeda dengan Teluk Hijau yang memiliki pesisir pantai putih bersih, di Pulau Merah memiliki pesisir yang putih kecoklatan. Namun, apabila sedang musim kemarau, pesisir ini akan berwarna agak kemerahan.

Salah satu keunikan di pantai ini adalah adanya sebuah bukit tak jauh dari bibir pantai. Bukit setinggi 200 meter ini dikelilingi oleh tumbuhan hijau yang mampu menutupi latar belakang warna merah ketika sedang melihat sunset. Ketika air sedang surut, kalian bisa menaiki bukit ini. Terdapat pula bebatuan kecil yang berada di sekitar bukit pantai.

Banyak hal yang bisa kalian lakukan di pantai ini. Hunting foto maupun berselancar, karena pantai ini memiliki ombak yang ideal untuk peselancar pemula. Selain itu, pantai ini juga memiliki pemandangan sunset yang sangat indah.

 

6. Teluk Hijau

Teluk Hijau

Teluk Hijau via 1.bp.blogspot.com

Teluk Hijau atau yang biasa di sebut dengan Green Bay adalah sebuah teluk yang terletak di Banyuwangi. Tepatnya, dalam area Taman Nasional Meru Betiri, Sarongan-Pesanggrahan. Teluk ini dikenal dengan keindahan alamnya karena memiliki pesisir pantai yang putih dan juga dikelilingi oleh hutan tropis.

Di teluk ini, selain berenang kamu juga bisa snorkeling, memancing ataupun hanya sekedar bermain pasir. Pemandangan di teluk ini akan sangat memuaskan mata kamu. Sangat alami dan menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Selain itu, di kawasan pantai juga terdapat air terjun yang dikenal dengan sebutan Air Terjun Bidadari. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 8 meter. Konon katanya air terjun ini biasa digunakan oleh para Bidadari untuk mandi pada saat-saat tertentu.

 

7. Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo

Air Terjun Kalibendo via 2.bp.blogspot.com

Mungkin banyak dari kamu yang belum pernah mendengar tentang Kalibendo. Terletak sekitar 20 menit dari pusat kota Banyuwangi, air terjun Kalibendo ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dan menakjubkan. Meskipun tidak se-populer air terjun lainnya.

Air terjun Kalibendo ini memiliki ketinggian 10 meter. Selain itu, udara di sekitar air terjun ini sangat sejuk dan menenangkan. Sehingga, banyak wisatawan lokal yang sering datang ke tempat ini.

Dalam perjalanan ke Kalibendo, kamu akan melewati perkebunan teh, kopi dan cengkeh yang akan menyejukkan mata. Air di Kalibendo ini juga sangat jernih dan sejuk. Kamu bisa mandi ataupun sekedar bermain air di air terjun ini.

 

8. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade via 1.bp.blogspot.com

Pantai Sukamade adalah salah satu tempat wisata di Banyuwangi dengan keindahan alamnya yang luar biasa. Lingkungan di pantai ini masih terjaga keasriannya. Di sini kamu bisa melihat secara langsung konservasi penyu yang mulai punah. Jalur untuk mencapai Pantai Sukamade ini cukup berat. Siapkan fisikmu dahulu ya traveler!

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi jika sedang berlibur ke Banyuwangi. Penasaran kan dengan tempatnya? Jadi, tidak ada salahnya jika kamu mencoba untuk berlibur ke Banyuwangi. Selamat berlibur!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *