JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

8 Tempat Wisata Eksotis di Tanah Sumatera Utara!

headline-image-kanan

Sinanggar tullo tullo a tullo…

Sinanggar tullo tullo a tullo…

Sinanggar tullo tullo a tullo…

Pasti lirik lagu daerah di atas sudah tidak asing di telinga para traveler. Yap! Kamu benar! Lagu daerah ini memang berasal dari Sumatera Utara. Dimana terkenal banget dengan surganya buat para petualang. Dari tempat wisata alamnya yang memikat hati, tempat rekreasi bersama keluarga hingga untuk kamu yang ingin berwisata rohani pun juga ada.

Makin penasaran tempat wisata apa saja sih yang bisa kamu sambangi ketika berada tanah Sumatera Utara ini? Mari kita kemon!

 

1. Pulau Samosir

Pulau Samosir

Pulau Samosir via www.jakartajive.com

Bagai bintang dan bulan, seperti itulah hubungan Pulau Samosir dengan Danau Toba. Pulau ini berada tepat di tengah-tengah Danau Toba. Dimana ditaksir, pulau ini mempunyai ketinggian 1000 mdpl. Sudah tidak diragukan lagi, jika Pulau Samosir ini mempunyai keindahan alam yang benar-benar masih natural.

Untuk kamu yang ingin kenal atau mendalami suku Batak, tempat ini cocok banget. Karena di sini merupakan salah satu tempat terbaik untuk mempelajari riwayat suku Batak.

 

2. Pulau Nias

Pulau Nias

Pulau Nias via 1.bp.blogspot.com

Traveler masih ingat dengan mata uang Rp 1.000 di tahun 1992? Kalau kamu masih ingat, pastilah kamu juga mengenal tradisi Lompat Batu dari Pulau Nias. Sudah tak heran lagi jika di Pulau Nias ini kamu bisa melihat atraksi lompat batu setinggi dua meter dengan mudahnya. Amazing! Tak hanya dengan lompat batu, pulau ini juga terkenal dengan kegiatan surfing-nya.

Pulau Nias sendiri terletak di arah barat Pulau Sumatera. Di sini kamu juga bisa menikmati keindahan Gunung Sitoli, Museum Pusaka Nias, dan beserta tradisi unik lainnya di pulau ini.

 

3. Istana Maimun

Istana Maimun

Istana Maimun via codetraveler.net

Gak hanya di luar negeri saja kamu bisa menemukan megahnya sebuah istana, Indonesia juga punya! Lebih tepatnya berada di Jl. Brigjen Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Medan. Bernama Istana Maimun, dimana istana ini merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Deli.

Dengan warna khasnya yakni kuning di setiap aksennya, semakin membuat istana ini terlihat megah, kokoh, elegant, dan pastinya terlihat jelas corak Melayu-nya. Hanya membayar Rp 8.000,- saja kamu sudah bisa mengagumi kemegahan Istana Maimun.

 

4. Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso

Air Terjun Sipiso-piso via i.ytimg.com

Air Terjun Sipiso-piso ini terletak di Desa Tongging, Kabupaten Karo dekat dengan Gunung Sipiso-piso. Untuk menempuh ke lokasi ini, kamu cukup menghabiskan waktu 45 menit dari Kota Medan. Tidak begitu jauh, namun setibanya di sana para traveler akan disambut sejuknya hembusan angi dari hutan pinus dan asrinya pemandangan di Tanah Karo.

Untuk mengagumi keindahan air terjun ini, traveler harus menuruni 1000 anak tangga. Wow! Lumayan untuk menurunkan berat badan!

5. Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja

Salju Panas Dolok Tinggi Raja via www.beautytour.info

Traveler tahu Pamukkale di Turki? Tidak perlu jauh-jauh ke Turki, traveler! Kamu bisa mendapatkan semua itu di Salju Panas Dolok Tinggi Raja. Salju Panas Dolok Tinggi Raja ini merupakan sebuah pemandian air panas dimana terletak di Desa Dolok Tinggi Raja.

Pemandian air panas ini unik karena berada di kawasan bukit kapur dan menyerupai sebuah danau dimana berwarna biru jernih kehijau-hijauan. Dan lebih kerennya lagi, tanah di sekitarnya berwarna putih menyerupai salju. Let’s get wet!

 

6. Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit

Hillpark Sibolangit via hillparksibolangit.co.id

Bak tidak mau ketinggalan dengan ibukota yang mempunyai Dufan, Sumatera Utara pun juga memiliki Hillpark Sibolangit. Layaknya taman hiburan lainnya, Hillpark Sibolangit mempunyai beraneka ragam wahana permainan, lebih tepatnya 35 macam permainan. Harga tiket masuknya pun cukup terjangkau, cukup membayar Rp 70.000,- saja, kamu sudah bisa menikmati ragam wahana permainan yang ditawarkan oleh taman hiburan ini.

Berlokasi di daerah JL. Letjen Jamin Ginting Km 45, Sibolangit, Sumatera Utara menjadikan tempat ini sayang untuk dilewatkan. Karena daerah Sibolangit sendiri terletak di dekat kaki pegunungan.

Sambil menyelam minum air, sambil asyik bermain sambil menikmati hijaunya pemandangan yang ditawarkan oleh sekitar Hillpark ini. So, sudah siap menguji adrenalinmu untuk mencoba semua wahana permainan di sini?

 

7. Gunung Sibayak

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak via i.ytimg.com

Gunung Sibayak adalah salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung ini berada di daerah Berastagi, kamu harus menempuh perjalanan selama dua jam dari Kota Medan untuk menikmati keindahan Gunung Sibayak ini.

Untuk kamu sang pengejar keindahan sunrise. Pesona gunung ini tak diragukan lagi. Dan cukup membayar retribusi Rp 4.000,- saja kamu sudah bisa mulai menjelajahi keindahan gunung ini.

 

8. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini via images.detik.com

Masih di sekitar Gunung Sibayak, para traveler juga bisa menemukan sebuah Taman Alam Lumbini. Taman ini berada di dekat kaki Gunung Sibayak. Di taman ini kamu bisa menemukan sebuah pagoda dimana pagoda di taman ini merupakan pagoda tertinggi di Indonesia.

Pagoda ini adalah replika Pagoda Shwedago yang ada di Myanmar. Ciri khas pagoda ini adalah stupa Buddha sepanjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter. Terdapat lebih dari 2.500 patung Buddha dan relief lainnya di kawasan wisata ini.

Kemegahan pagoda ini terlihat karena megahnya bangunan yang diselimuti cat berwarna emas. Dan lebih spesialnya lagi, kamu bisa menikmati kemegahan ini dengan nol rupiah atau gratis!

 

Lengkap dan cukup terjangkau ya traveler tempat-tempat wisata di tanah Andalas ini! Tentukan hari, siapkan budget, dan happy traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *