JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

8 Tempat Wisata Ekstrim Cocok Untuk Memacu Adrenalin!

headline-image-029

Kata siapa traveling identik dengan jalan-jalan dan berbelanja? Untuk kamu yang gemar memacu adrenalin, 8 tempat ini siap untuk menguji nyali kamu!

Saat ini, extreme tourism atau wisata ekstrem kian digemari di seluruh penjuru dunia. Apa sih menariknya wisata ekstrem ini? Tentu saja, selain pemandangannya indah yang jarang didapatkan dimanapun, pengalaman yang diperoleh saat berwisata tentunya juga menjadi nilai tambah tersendiri. Seringkali dalam tempat wisata dunia yang ekstrem, turis harus melakukan hal-hal yang juga ekstrem dan berpotensi membahayakan nyawa mereka, namun justru disinilah daya tarik wisata ekstrem bagi para peminatnya.

Siap berwisata ekstrem? Ini dia kegiatan yang harus kamu catat untuk perjalananmu selanjutnya!

 

1. Berenang Bersama Hiu di Gansbaai, Afrika Selatan

Gansbaai Shark Cage Diving

Gansbaai Shark Cage Diving via gansbaaisharkcagediving.com

Pernah membayangkan bagaimana rasanya diburu oleh Great White Shark seperti di film Jaws? Nah, sekarang kamu bisa merasakan pengalaman diburu oleh ikan Hiu Putih secara langsung! Di kota Gaansbai, Afrika Selatan, tepatnya di Pulau Dyer, tersedia layanan Shark Cage Diving atau Menyelam dalam Kandang Hiu. Nantinya, kamu akan menyelam dalam sebuah kandang khusus yang diberi umpan untuk menarik hiu-hiu datang ke arah kamu.

Bayangkan sensasinya saat seekor Hiu Putih besar datang dan menggoyangkan kandangmu, cukup mengerikan, bukan? Yang membuat kegiatan ini lebih seram adalah, meskipun air di laut Gaansbai begitu biru dan jernih, tapi kamu tetap tidak akan tahu dari mana hiu-hiu ini akan muncul. Tertarik? Banyak tersedia paket-paket menyelam dengan harga bervariasi, dari harga backpacker sampai layanan-layanan eksklusif lainnya. So, tunggu apa lagi?

 

2. Hiking di Gunung Hua Shan, Republik Rakyat Tiongkok

Gunung Hua Shan

Gunung Hua Shan via 4.bp.blogspot.com

Kalau kamu suka hiking, maka kamu harus mencoba hiking di gunung yang satu ini. Gunung Hua Shan terletak di provinsi Shaanxi, Republik Rakyat Tiongkok. Yang membuat track di gunung ini berbeda adalah jalanan yang disediakan hanya berupa jembatan kayu sempit yang memutari gunung!

Jembatan kayu ini biasa disebut dengan ‘The Plank Road in The Sky’ yang berarti ‘Jalan Papan di Langit’ menghubungkan kelima puncak yang ada di Gunung Hua Shan. Untuk bisa melintasi jembatan kayu yang jaraknya kurang lebih 6 kilometer ini, kamu harus menggunakan tali pengaman khusus.

Selain itu kamu juga harus sabar karena kamu tidak dapat mendahului turis-turis di depan kamu yang kadang berjalan pelan dan sibuk berfoto. Masih kurang ekstrem? Kamu bisa mendaki di malam hari dan bahkan di musim dingin untuk melihat terbitnya matahari di Puncak Hua Shan! Wow!

 

3. Memandang Danau Kawah Terbesar di Gunung Nyiragongo, Kongo

Nyiragongo Crater

Nyiragongo Crater via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Pernah melihat danau kawah? Nah, Gunung Nyiragongo di Taman Nasional Virunga Kongo memiliki danau kawah dengan volume terbesar di dunia. Luas kawahnya mencapai 2 kilometer dan kedalamannya bervariasi dari 3175 m hingga 2975m. Letusan Gunung Nyiragongo ini termasuk letusan-letusan paling besar di benua Afrika. Lalu, dimana ekstremnya?

Ternyata untuk bisa sampai ke gunung Nyiragongo di Kongo ini, teman-teman harus melewati daerah rawan konflik, sehingga jarang sekali ada pendaki maupun peneliti yang mau mendaki gunung Nyiragongo. Selain itu terdapat pula spesies Gorila Kongo yang langka di gunung Nyiragongo sehingga pendaki harus hati-hati agar tidak mengusik gorila-gorila ini.

Lebih ekstrimnya lagi, terdapat gas karbon dioksida dan methane yang muncul apabila permukaan lava semakin meningkat sehingga dapat meracuni para pendaki yang datang. Masih ingin berkunjung?

 

4. Menikmati Sensasi Melayang Bebas dengan Zero Gravity Corporation

Zero Gravity Experience

Zero Gravity Experience via www.buzzmag.org

Ingin tahu bagaimana rasanya menjadi astronot yang dapat melayang bebas di luar angkasa? Kini sudah ada perusahaan yang khusus menyediakan jasa wisata zero gravity. Dengan teknologi khusus, kamu bisa merasakan bagaimana melayang-layang di udara tanpa beban sedikitpun.

Saat ini Zero-G Weightless Experience yang diselenggarakan oleh Zero Gravity Corporation sedang melakukan tur keliling Amerika Serikat untuk mempromosikan teknologi yang mereka miliki. Dengan merogoh kocek sekitar USD $5000 kamu dapat menikmati rasanya terbang bebas di dalam kabin pesawat Boeing-727 yang mereka miliki. Psst, mereka juga menerima reservasi untuk acara pribadi seperti pernikahan dan foto pranikah lho!

 

5. Mendayung Kayak Bersama Ikan Paus di Alaska

Kayaking with whales

Kayaking with whales via s-media-cache-ak0.pinimg.com

Bagi kamu yang pernah menonton film Free Willy pastinya tidak asing lagi dengan hewan yang satu ini. Sekarang, kamu bisa menikmati pengalaman mendayung perahu kayak di laut lepas dengan dikelilingi ikan paus humpback whale atau killer orca. Selain dikelilingi ikan paus kamu juga dapat melihat burung elang yang terbang menangkap ikan salmon.

Nah, pengalaman seperti ini dapat kamu rasakan apabila kamu berkunjung ke Point Adolphus di dekat Taman Nasional Glacier Bay. Kamu tidak perlu berbagi kapal dengan turis lainnya, sehingga selain dapat menikmati pemandangan ikan paus dari dekat, kamu tidak akan terganggu dengan suara kebisingan turis-turis lainnya.

 

6. Bungee Jumping Ke Dalam Kawah di Chile

Bungee Jumping

Bungee Jumping via travelsecretsmag.files.wordpress.com

Untuk kamu yang menggemari olahraga Bungee Jumping, Kawah Villarica di Pucon, Chile, menawarkan pengalaman Bungee Jumping yang berbeda. Kamu akan meloncat dari sebuah helikopter langsung menuju kawah gunung dengan lava yang masih aktif di dalamnya.

Lebih seram lagi, kamu akan berhenti sekitar 20 meter di atas permukaan lava dan untuk bisa turun dengan selamat, kamu harus bergantung di tali yang menahan tubuhmu selama perjalanan balik dari kawah sampai landasan terbang selanjutnya. Ngeri guys!

Sayangnya, selain terkenal sebagai lokasi bungee jumping paling berbahaya, Kawah Villarica juga terkenal sebagai lokasi bungee jumping termahal. Untuk bisa terjun di kawah Villarica, kamu harus merogoh kocek sekitar USD $ 10000. Tapi, kapan lagi kamu bisa pamer kalau kamu sudah pernah bungee jumping di kawah gunung yang masih aktif dan bergelantungan dari helikopter sekaligus?

 

7. Terbang ke Luar Angkasa Bersama Space Adventures

Space Adventure

Space Adventure via 3.bp.blogspot.com

Ingin merasakan bagaimana rasanya menjadi seorang astronot? Saat ini sudah ada berbagai perusahaan yang menawarkan perjalanan komersil ke luar angkasa lho! Salah satu dari perusahaan-perusahaan tersebut adalah Space Adventures, sebuah perusahaan asal Virginia, Amerika Serikat yang akan mengirim kamu berjalan-jalan ke luar angkasa menuju International Space Station.

Sayangnya, selain harga paket wisata yang sangat mahal, kamu juga harus melakukan pelatihan selama enam bulan di Russia, belajar bahasa Russia, dan melakukan cek kesehatan terus menerus. Selain itu, tidak adanya gravitasi juga dapat memicu berbagai masalah kesehatan pada para penjelajah luar angkasa, sehingga proses yang dibutuhkan untuk bisa berjalan-jalan di luar angkasa tidak berbeda jauh dengan proses menjadi seorang astronot.

 

8. iFly, Singapore

iFly

iFly via bmwtravel.co.id

Jika kamu ingin merasakan terbang tanpa harus naik ke ketinggian tertentu, maka inilah solusinya. iFly di Singapore merupakan iFly terbesar dan angin dengan kecepatan 300 kilometer per jam yang akan mengangkat badanmu. Wee!

Demikianlah wisata-wisata ekstrem yang dapat kamu lakukan untuk mengisi liburan kamu. Wisata-wisata ini selain berbahaya juga membutuhkan biaya dan stamina yang ekstra, maka dari itu persiapkan dirimu dari sekarang untuk bisa menikmati adrenaline rush yang luar biasa. Sudah memutuskan mau pergi kemana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *