JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

8 Tempat Wisata Terbaik di Pulau Sumatera Ini Cocok Untuk Menghabiskan Waktu Liburanmu!

headline-image-027

Punya rencana liburan ke Pulau Sumatera tapi masih bingung mau kemana? Banyak sekali lho traveler, tempat wisata yang menawan dan bisa kamu kunjungi selama liburan, mulai dari Aceh provinsi paling barat di Indonesia sampai Lampung provinsi paling selatan di pulau Sumatera.

Pulau yang terletak paling barat Indonesia ini memiliki keindahan alam yang sungguh kaya dengan pesona keindahan alam yang luar biasa dan lengkap mulai dari gunung, pantai, candi, danau, hingga taman rekreasi.

Berikut tempat terbaik di Pulau Sumatera yang jangan sampai terlewatkan saat kamu berkunjung ke sana!

 

1. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas via poskotanews.com

Wisata Way Kambas cocok buat kamu yang suka flora dan fauna, jaraknya 110 km dari Kota Bandar Lampung. Merupakan salah satu cagar alam tertua. Di Taman Nasional ini diyakini ada sekitar 200 gajah Sumatera. Di sini gajah-gajah telah dijinakan dan dilatih.

Jika kamu ingin menghabiskan waktu di akhir pekan, di Pusat Pelatihan Gajah (PPG) terdapat atraksi gajah setiap sore dan pertunjukan sepak bola gajah. Kamu juga dapat menunggang gajah dengan wahana safari yang tersedia.

 

2. Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas

Kepulauan Anambas via 1.bp.blogspot.com

Kepulauan Anambas? Yap! Kepulauan Anambas belakangan ini sering disebut-sebut menjadi tujuan wisata para penikmat keindahan alam. Pantai tropis dan pasir putihnya ini masih sangat alami dengan sejuta pesona yang tak akan bisa kamu lupakan. Di sini kamu bisa mendapatkan suguhan terumbu karang hanya dengan duduk di tepi dan melihat ke bawah, bahkan tak perlu menyewa alat snorkeling ataupun menyelam.

 

3. Jam Gadang

Jam Gadang

Jam Gadang via westsumatratours.files.wordpress.com

Sebuah bangunan bersejarah yang terletak di pusat kota Bukittinggi dan merjadi ikon utama bagi masyarakat sekitar. Bangunan ini tingginya 26 meter yang dihiasi dengan pemandangan jam dinding besar di setiap sisinya.

Biasanya simbol romawi untuk angka 4 adalah IV, tapi angka romawi yang tertera pada jam gadang adalah IIII. Ini menjadi keunikan tersendiri sekaligus masih merupakan misteri yang belum terpecahkan. Dan juga di sini kamu bisa menyaksikan panorama indah Kota Bukittinggi dapat disaksikan melalui puncak menara jam gadang.

 

4. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman Rekreasi Alam Mayang via ksmtour.com

Di taman rekreasi ini kamu bisa menikmati suasana alam dengan konsep alam terbuka. Kamu juga bisa menghabiskan waktu dengan mencoba wahana outbond dan flying fox atau hanya bersantai menikmati pemandangan jembatan Leighton yang melintasi sungai Siak sambil melihat pertunjukan badut sulap yang selalu siap menghiburmu. Selain itu, kamu pun bisa memuaskan kegemaran memancing atau bermain sepeda air.

 

5. Panorama Danau Toba

Danau Toba

Danau Toba via anekatempatwisata.com

Danau ini dikelilingi oleh hutan pinus dan beberapa air terjun dan juga pemandian air hangat di dalam hutan. Pemandangan yang sangat indah dengan udara yang sejuk membuatmu betah berlama-lama di sini. Di Danau Toba kamu juga bisa berlayar, mengenal sejarah suku Batak dan berbelanja.

Yang menarik di sini adalah Boneka Sigale-gale menjadi salah satu ciri khas dari tempat wisata di Sumatera ini. Boneka kayu setinggi 1,5 meter lengkap dengan pakaian adat Batak ini dapat menari tor-tor bersama wisatawan.

 

6. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri via bangkabelitungtourism.com

Keindahan tempat wisata di Bangka Belitung terletak pada pesona wisata bahari dengan ciri khas selalu terdapat batu granit besar yang bertebaran sepanjang pantai yang masih alami dan permukaan pantai yang landai. Pantai dengan hamparan pasir putih menambah kesan eksotiknya yang bersih membuat rasa lelahmu seketika lenyap.

Pantai Tenggiri merupakan pantai yang paling popular dan ekslusif di provinsi Bangka Belitung. Selain menikmati keindahan alam dan suasana pengunjung juga dapat melakukan rekreasi bahari yang menarik lainnya seperti bermain banana boat, snorkeling, memancing, hingga berlayar.

 

7. Pantai Panjang

Pantai Panjang

Pantai Panjang via christmiosezra.files.wordpress.com

Keistimewaan pantai ini adalah memiliki garis pantai yang sangat panjang mencapai 7 km. Berlokasi di kawasan yang sangat strategis dan selalu ramai oleh para wisatawan dengan banyaknya fasilitas mulai dari restoran, penginapan, pusatnya perbelanjaan, fasilitas untuk olahraga seperti volley pantai hingga berselancar.

Pantai yang sangat luas yang menciptakan pemandangan yang indah dipadukan dengan adanya ombak pantai yang sangat memukau. Di pantai ini juga terdapat beberapa pohon cemara dan pinus yang tumbuh subur di sepanjang area pantai yang semakin menjadi pemandangan yang luar biasa menakjubkan, terlebih di pantai ini juga dilengkapi dengan indahnya panorama matahari tenggelam.

 

8. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser via libregraphics.asia

Taman Nasional Gunung Leuser, destinasi ekowisata kawasan hutan hujan tropis dengan suguhan pemandangan alam yang serba hijau, aneka macam satwa yang membuat matamu enggan untuk mengalihkan pandangan. Gapailah puncak tertinggi di tanah rencong ini sebagai pengalaman seru yang tak terlupakan dengan medan tracking yang cukup menantang.

Di sini kamu juga bisa melihat langsung para penghuni hutan tropis di kawasan konservasi dan rumah bagi orang utan. Tempat ini juga telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Cagar Biosfer. Taman ini pun dikelola untuk penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan, budidaya, pariwisata, dan rekreasi.

Jadi, segeralah persiapkan liburanmu yang menyenangkan di pulau Sumatera. Bersiaplah matamu akan dimanjakan oleh suguhan pemandangan alam yg luar biasa. Sedikit referensi, tempat wisata di atas mungkin bisa membantumu untuk menghabiskan liburan panjangmu. Happy Holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *