JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

8 Tips Hemat Untuk Menikmati Waktu Berlibur di Kotamu!

headline-image-kanan

Berlibur tentu saja merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan dan merupakan momen yang paling ditunggu oleh kebanyakan orang.  Terlebih untuk kamu yang mempunyai rutinitas yang cukup monoton. Selain dapat merelaksasi tubuh dan pikiranmu, ternyata berlibur dapat menghilangkan penat dan stres yang mungkin menekan diri selama berminggu-minggu.

Banyak orang yang menabung berbulan-bulan untuk menyiapkan liburan impian mereka. Hal ini tentu saja karena liburan impian seperti wisata mewah atau berlibur keluar negeri identik dengan budget yang besar. Lalu bagaimana dengan kamu yang memiliki budget terbatas namun menginginkan liburan menyenangkan yang tak terlupakan?

Yap! Liburan di kota sendiri adalah jawabannya! Hal ini tentu saja akan memangkas banyak sekali biaya berlibur seperti biaya penginapan dan biaya makan. Jangan mengernyitkan dahi terlebih dahulu dan menganggap liburan ini jauh dari bayangan kamu tentang liburan impian. Berikut tips agar liburan di kota sendiri dapat menjadi menyenangkan dan terasa berbeda jika kamu mencobanya.

 

1. Membuat Daftar Destinasi Semua Tempat Wisata di Kotamu!

Membuat Daftar Destinasi Semua Tempat Wisata

Membuat Daftar Destinasi Semua Tempat Wisata via assets.entrepreneur.com

Ini adalah hal pertama yang wajib kamu lakukan jika ingin memulai low budget holiday ini.

Mengapa membuat daftar destinasi sangatlah penting?

Ya, ini memang akan menjadi liburan di kota tempat tinggalmu sendiri sehingga membuat daftar tujuan wisata seolah berlebihan atau tidak berguna karena tentu saja kamu mengenal kotamu sendiri.

Hal ini bisa jadi salah besar. Membuat daftar dapat membuatmu lebih bersemangat dalam merencanakan liburan murah. Perencanaan sederhana dapat meningkatkan mood untuk melaksanakan liburan ini.

Lalu bagaimana cara membuat daftar liburan di kotamu sendiri?

Pertama, tulislah daftar tempat wisata yang ada di kotamu secara rinci termasuk mengenai rute pergi ke sana, jalan terdekat yang bisa ditempuh, jarak tempuh hingga biaya masuk tempat wisata tersebut. Jangan ragu untuk meminta referensi dari orang terdekatmu yang senang melakukan perjalanan wisata atau mencari daftarnya melalui internet. Lalu tidak ada salahnya membaca blog-blog traveling yang sudah me-review tempat-tempat wisata di kotamu.

Jangan mencoret museum atau kebun binatang dari daftar tempat liburanmu dan menganggapnya sebagai tempat wisata membosankan. Jika biasanya tempat-tempat itu kamu hindari, cobalah untuk mengunjunginya kali ini. Hasilnya pasti akan membuat dirimu terkejut. Karena ini adalah liburan dalam kota, tentu saja kamu bisa memilih lebih dari satu tujuan tempat wisata.

 

2. Mengunjungi Tempat yang Belum Pernah Kamu Datangi dan Rasakan Hal Baru yang Kamu Dapatkan

Tempat Wisata yang Belum Pernah Dikunjungi

Tempat Wisata yang Belum Pernah Dikunjungi via anekatop10.com

Kamu sudah memiliki daftar tujuan wisata? Inilah saatnya membaca list tersebut dan memilih tujuan wisatamu. Cobalah mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Restoran atau toko souvenir yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan untuk dikunjungi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Hal itu dapat membuat kamu merasa sedang berada di tempat baru yang jauh dari rutinitas. Suasana baru dan asing dapat memberikan efek relaksasi dan menjauhkan pikiran kamu dari kepenatan.

Kebun buah, taman kota, situs-situs sejarah, museum, pasar tradisional dan masih banyak sekali tujuan wisata yang bisa kamu coba kunjungi. Jangan pesimis dulu sebelum mencoba mengunjungi tempat-tempat tersebut, siapa tahu akan ada kejutan berupa pengalaman baru yang menyenangkan di sana. Feel the new taste!

 

3. Mengajak Teman atau Keluarga Untuk Berbagi Canda Tawa Tidak Ada Salahnya

Mengajak Teman atau Keluarga

Mengajak Teman atau Keluarga via 2.bp.blogspot.com

Liburan tentu saja tidak lengkap jika tidak dilakukan bersama dengan orang-orang yang kamu kasihi. Baik itu keluarga, rekan kerja ataupun teman-temanmu. Lebih ramai lebih baik. Banyak sekali kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama-sama sehingga waktu liburanmu dijamin tidak akan pernah membosankan.

Mungkin kamu akan malu untuk mengajak keluarga atau rekan-rekanmu untuk liburan dengan low budget ini karena terdengar tidak begitu menyenangkan atau membosankan. Maka dari itu, kamulah yang harusnya menjadi pelopor yang paling bersemangat untuk pergi berlibur dengan anggaran yang terjangkau ini. Percaya atau tidak, semangatmu itu pasti akan menular kepada keluarga atau rekan-rekan yang kamu ajak.

 

4. Tempat Baru Kenalan Baru? Why Not?

Mencari Kenalan Baru

Mencari Kenalan Baru via images.huffingtonpost.com

Liburan memang sangat identik dengan menikmati waktu bersama keluarga atau teman-temanmu. Bermain, bercanda dan melewati waktu yang menyenangkan. Namun, pernahkah terlintas di pikiranmu untuk mencoba berkenalan dengan seseorang yang benar-benar asing?

Berkenalan dengan orang asing tentu saja terdengar sangat aneh bahkan memalukan, namun tidak ada salahnya juga untuk dicoba. Siapa tahu kamu bisa berkenalan dengan orang yang menyenangkan dan berbagi pengalaman tentang hal-hal yang menarik.

Tapi, bukan berati kamu harus memaksakan diri untuk berkenalan dengan seseorang selama liburan. Biarkan saja semuanya berjalan mengalir. Misalnya, ketika kamu sedang menunggu sesuatu atau duduk di suatu tempat menikmati waktu, cobalah ajak berbicara orang yang ada di sampingmu saat itu.

Sangka tak disangka untuk kamu yang sedang single, siapa tahu dapat yang memikat hati kamu!

 

5. Lupakanlah Tanggung Jawab Pekerjaan atau Hal-Hal yang Membuat Pikiranmu Lelah! Enjoy Your Time!

Menikmati Waktu Liburan

Menikmati Waktu Liburan via usiaffinity.typepad.com

Bersungguh-sunggulah dalam menikmati waktu berliburmu. Ingatlah bahwa saat ini adalah saat yang sudah kamu rencanakan untuk melepaskan dirimu dari kepenatan dan merupakan waktu untuk mendekatkan diri bersama keluarga atau rekan-rekanmu. Jadi tidak ada salahnya jika kamu melupakan sejenak tentang masalah-masalahmu, pekerjaan, rutinitas dan sumber-sumber lainnya yang membuatmu stres.

Jauhkan telepon genggam kecuali jika sangat diperlukan dan mintalah orang lain melakukan hal yang sama dalam liburan kali ini. Jika sedang menikmati waktu secara berkelompok, pilihlah topik pembicaraan yang ringan dan bisa dinikmati setiap orang. Sehingga tidak ada yang merasa terganggu atau tidak nyaman karena topik pembicaraan terasa tidak pas.

Membawa permainan yang menyenangkan dan bisa dimainkan secara berkelompok juga merupakan hal yang bagus. Dalam permainan berkelompok, sudah pasti akan banyak kekonyolan dan canda gurau yang terjadi sehingga akan sangat menyenangkan.

Ketika kamu ingin menikmati waktu senggang seorang diri sambil menikmati suasana, bawalah buku favorit dan cemilan kesukaan kamu untuk dinikmati.

Usahakan tidak menggunakan laptop atau gadget yang dapat membuat mata kamu menjadi lelah atau terlalu ketagihan. Hal ini dapat membuatmu terfokus pada gadget dan tidak menikmati suasana lagi. Sehingga liburan yang dirancang untuk relaksasi tubuh akan menjadi tidak bermanfaat.

 

6. Membeli “Buah Tangan” Saat Traveling

Membeli Souvenir Saat Traveling

Membeli Souvenir Saat Traveling via cdn-image.travelandleisure.com

Liburan di kota sendiri membuat kamu berpikir tidak perlu membeli oleh-oleh? Salah besar jika kamu berpikir demikian. Lihatlah makanan khas yang beragam dari daerah kamu atau kerajinan tangan unik yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Kebanyakan dari turis lokal seringkali merasa tidak perlu membeli oleh-oleh khusus dari kota mereka sendiri. Padahal alangkah baiknya jika kamu memberikan oleh-oleh untuk para kolega atau tetangga kamu ketika selesai berlibur nanti.

Kenapa hal ini sangat penting? Seringkali, makanan atau kerajinan tangan khas daerah masing-masing, justru jarang dinikmati oleh penduduk lokal itu sendiri dan barangkali termasuk kamu yang sedang berlibur. Selain itu, bisa jadi oleh-oleh yang kamu berikan akan membuat orang lain juga berpikir untuk merencanakan liburan low budget ini.

 

7. Mencoba Mengikuti Paket Wisata Dalam Kota Untuk Menghemat Anggaran

Paket WIsata Dalam Kota

Paket WIsata Dalam Kota via 2.bp.blogspot.com

Ini merupakan salah satu cara kalau kamu ingin menikmati liburan murah. Karena dengan jasa paket wisata, kamu tidak perlu repot untuk mencari daftar destinasi, travelmate, ataupun biaya akomodasi, karena semuanya sudah termasuk dalam paket.

Tentunya itu akan sangat membantu kamu jika ingin berlibur tapi memiliki budget yang terbatas.

 

8. Istirahat yang Cukup Adalah Sebuah Kunci agar Tubuh Kembali Bugar

Istirahat yang Cukup dan Kembali Bugar

Istirahat yang Cukup dan Kembali Bugar via www.nextavenue.org

Setelah liburan kamu selesai. Pastikan kamu beristirahat dengan cukup. Jangan terlalu menguras tenaga untuk membereskan perlengkapan setelah liburan selesai. Lakukan hal ini secara bertahap karena fisikmu sudah kelelahan selama liburan. Jangan memaksakan diri untuk membenahi semuanya.

Liburanmu akan percuma jika kamu harus kembali menjalani rutinitas dengan fisik yang kelelahan. Jika istirahatmu cukup dan stamina sudah kembali, kamu akan kembali pada rutinitas dengan perasaan dan semangat baru.

Ambil waktu dua sampai tiga hari setelah liburan telah usai dan tubuhmu sudah terbiasa dengan rutinitas yang biasanya. Barulah kamu membereskan perlengkapan liburanmu. Tapi tetap lakukan semuanya perlahan dan jangan sampai merasa kelelahan.

 

Nah, siapa bilang liburan dalam kota tidak bisa menyenangkan? Coba saja praktekkan hal-hal di atas dan buktikan sendiri bahwa liburan tidak harus mahal! Kamu masih dapat menikmati liburan dan merasakan pengalaman berbeda dari kota tempat tinggalmu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *