9 Air Terjun Paling Menyejukkan di Tasikmalaya Yang Wajib Kamu Kunjungi!

Air Terjun Paling Menyejukkan di TasikmalayaSiapa sangka ternyata beberapa wisata alam juga dapat kamu temukan di daerah Tasikmalaya.

Salah satu kabupaten di Jawa Barat kini tengah mengembangkan sayapnya disektor wisata.

Tak kalah dengan beberapa daerah lainnya di Jawa Barat,

kini Tasikmalaya mencoba memanjakan traveler dengan beberapa destinasi wisata alamnya, terutama wisata air yang merupakan wisata paling tepat saat musim hujan.

Curug atau dalam bahasa Indonesia kita kenal sebagai air terjun menjadi destinasi wisata alam yang tak kalah ngehits di tahun 2016 ini.

Berikut adalah beberapa rekomendasi wisata air terjun yang dapat membuat anda terpukau. Yuk, simak guys!


1. Curug Ciparay

Curug Ciparay
Curug Ciparay via tilulas.com

Belum banyak wisatawan yang menjejakkan kaki hingga ke Curug Ciparay ini.

Curug Ciparay terletak di Dusun Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang ini memang cukup jauh dari jalan utama kota (sekitar 30 km dari Tasikmalaya kearah Singaparna).

Akses jalan yang cukup sulit menjadi alasan mengapa tempat wisata ini masih jarang dikunjungi.

Namun tak akan merugikan bagi anda untuk singgah dan merefleksikan diri dengan alam dan merasakan kesejukan yang diberikan dari Curug Ciparay ini.

Pasalnya dalam satu lokasi ini, sebenarnya terdapat dua curug yang saling berdekatan dengan ketinggian sekitar 55 m dan 75 m.


2. Curug Dengdeng

Curug Dengdeng
Curug Dengdeng via advjourney.com

Tak kalah menakjubkan dengan Curug Ciparay, kali ini lokasi Curug Dengdeng di Desa Cikawung gading, Kecamatan Cipatujah menyajikan keharmonisan antara laut dan pegunungan.

Curug Dengdeng ini terletak tidak jauh dari daerah pesisir pantai selatan, dengan perjalanan sekitar 3 jam dari pusat kota Tasikmalaya.

Keunikan lain dari Curug Dengdeng ini adalah bentuknya yang berundak, hal yang jarang ditemukan pada air terjun lainnya.

Pada tingkatan pertama memiliki ketinggian sekitar 13 m, kemudian tingkatan kedua dengan tinggi 11 m, dan terakhir pada tingkatan ketiga memiliki ketinggian sekitar 9 m.

Akses yang sulit menjadi tantangan tersendiri bagi traveler yang ingin menikmati keindahannya.


3. Curug Batu Blek

Curug Batu Blek
Curug Batu Blek via edwiniskan.blogspot.com

Tak ada aral yang terbentang untuk melihat keindahan panorama asri Curug Batu Blek.

Untuk kamu yang gemar berwisata alam, terlebih wisata air terjun pasti sudah sangat paham akan beberapa medan yang membentang didepan sana.

Hutan, ladang, dan semak pasti akan mewarnai setiap perjalanmu menuju lokasi air terjun. Tapi sebenarnya disanalah letak perjuangannya.

Diakhir perjalanan nanti akan disambut ramah oleh terpaan kesejukan dari Curug batu blek ini.

Curug Batu blek yang berlokasi di kampung Cipeteuy dimana kamu masih harus menempuh jalanan setapak sejauh 4 km lagi untuk sampai ke sana.

Tapi tidak usah khawatir, karena kamu tidak akan medasa bosan ataupun lelah dalam menempuh perjalanan ini.

Pasalnya jalanan yang akan kamu tempuh tidak melulu jalanan lurus dan mudah, jadi disana kecekatan fisik kamu akan diuji. Jalan terjal bebatuan,

bahkan sedikit licin akan mewarnai langkahmu.

Adapun keunikan dari Curug Batu Blek ini dimulai dari pemberian nama yang diambil dari bentuk batu dalam air terjun tersebut yang menyerupai bentuk Blek (kaleng kerupuk).


4. Curug Koja

Curug Batu Blek
Curug koja via ngabolangngabolang.blogspot.co.id

Curug Koja berada di Desa Pakemitan, Kecamatan Cikatomas menjadi daftar destinasi wisata air yang dapat anda kunjungi selanjutnya.

Curug ini tergolong sebagai tempat wisata yang masih sangat alami, karena belum banyak pengunjung yang datang ke tempat tersebut.

Hal ini disebabkan karena kurangnya akses yang memadai untuk mencapai lokasi wisata ini.

Tak kalah indahnya dengan Curug lainnya di Tasikmalaya, Curug Koja juga memiliki keunikan yang tidak ditemukan pada wisata air terjun lainnya, yaitu struktur batu kapur yang membentang sepanjang aliran air yang jernih.


5. Curug Cimedang

Curug Batu Blek
Curug Cimedang via twitter.com/novisitifatimah

Curug yang berjarak 12 km dari pusat kota Singaparna dengan akses yang mencukupi dan bisa dijangkau dengan cepat.

Curug Cimedang berlokasi di kampong Malaganti, Desa Raharja, Kecamatan Sariwangi menyuguhkan keindahan alami.

Penamaan Curug Cimedang ini berasal dari nama sungai yang mengalir tepat timur aliran air terjun ini, yaitu sungai Cimedang.

Adapun ketinggian air terjun hanya berkisar 5 m, namun demikian panorama yang asri dan suasana sejuk pegunungan dapat menyalurkan semangat kehidupan.


6. Curug Paseh

Curug Batu Blek
Curug Paseh via ngabolangngabolang.blogspot.com

Curug Paseh terletak tidak jauh dari Kecamatan Jatiwaras, tepatnya di kampong Cikajang, Desa Kersagalih.

Untuk menempuh lokasi air terjun ini wisatawan dituntut untuk berjalan kaki sekitar 200 m (15 menit) dari Desa Mandala Mekar.

Karena akses yang cukup sulit dengan melewati semak, ranting dan parit, maka anda harus tetap berhati-hati dalam menempuh perjalanan ini.

Kemudian bagi anda yang ingin berkunjung ke lokasi Curug Paseh ini saat musim hujan, agar meningkatkan kehati-hatiannya dalam menempuh akses jalan yang cukup licin.

Pasalnya banyak batu dengan permukaan cukup licin dan rawan menyebabkan tergelincir.


7. Curug Gado Bangkong

Curug Gado Bangkong
Curug Gado Bangkong Curug Gado Bangkong via instagram.com/nawalriyadi

Curug Gado Bangkong sebenarnya belum resmi menjadi destinasi wisata kota Tasikmalaya, namun keindahannya sudah banyak dilirik oleh traveler.

Lokasi persisnya berada di lereng Gunung Galunggung yaitu di Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong. Nilai jual yang tinggi terletak pada keindahan air terjun yang menjulang setinggi 76 meter.

Akses menuju Curug Gado Bangkong ini cukup mudah dengan menggunakan kendaraan roda dua yang ditempuh dengan jarak 4.5 km dari Kantor Desa Santana Mekar.

Selanjutnya 100 meter perjalanan ditempuh dengan berjalan kaki. Keunikan lainnya terletak pada mitos yang beredar dalam masyarakat sekitar dalam pemberian nama Curug Gado Bangkong ini.

Konon masyarakat sekitar Curug sering menemukan adanya katak besar disekitar lokasi Curug tersebut.


8. Curug Cipinaha

Curug Cipinaha
Curug Cipinaha via touristtarget.blogspot.co.id

Kali ini giliran dusun Sukasirna, Desa Malatisari, Kecamatan Gunung Tanjung yang memiliki wisata air terjun yang indah, yaitu Curug Cipinaha.

Wisata air terjun ini sudah cukup banyak dikenal oleh masyarakat luas, terbukti dengan semakin banyaknya pengunjung setiap harinya.

Perjalanan dapat ditempuh sepanjang 9 km dari pusat desa. Perjalanan yang cukup berisiko karena 2 km sebelum sampai di Curug Cipinaha ini merupakan jalanan curam dan berbatu.

Wisatawan yang mengunjungi Curug Cipinaha hendaknya selalu berhati-hati.


9. Curug Sawer

Curug Sawer
Curug Sawer Tasikmalaya via ngabolangngabolang.blogspot.com

Untuk mencapai Curug Sawer ini, anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan medan yang cukup sulit karena harus melewati paritan sawah dan medan yang terjal.

Namun hal itu akan segera terbayarkan dengan keindahan yang tak terkalahkan.

Aliran air yang cukup deras dari ketingguan sekitar 50 meter dan lebar sekitar 10 meter Curug Sawer memberikan nilai tersendiri untuk membangkitkan semangat kembali.

Keunikan Curug Sawer dibandingkan dengan curug lainnya adalah lebarnya aliran air yang lebih dari rata-rata lebar air terjun pada umumnya.

Selain itu Curug Sawer terlihat seakan-akan air tersebut jatuh akibat ditaburkan, menyebar dan merata.

Karena dalam bahasa sunda sawer berarti menaburkan atau menyiramkan suatu benda secara sedikit demi sedikit dan merata.

Jadi, untuk kamu yang masih bingung menentukan destinasi wisata alam yang mana yang paling bagus, Tasikmalaya bisa menjadi jawabannya.

Tidak ada salahnya jika anda mencoba wisata air terjun tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *