9 Spot Pesona Wisata Lombok Yang Membuat Liburanmu Tak kan Terlupakan!

headline-image-kanan-075

Siapa sih yang gak kenal dengan Lombok? “Lombok sama dengan cabe dalam artian Bahasa jawa”, tapi bukan itu ya traveler! Lombok merupakan salah satu pulau dari sekian banyak pulau di Indonesia yang terletak di NTB (Nusa Tenggara Barat).

Lombok ini, sekarang sudah menjadi tempat wisata Indonesia yang recommended untuk dikunjungi setelah pulau Bali loh! Dan kamu harus tau, banyak banget wisata di Lombok yang cocok untuk memanjakan hari libur kamu, yuk mari kita telusuri satu-persatu!

 

1. Pesona Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via miner8.com

Gunung Rinjani adalah gunung dengan panorama yang sangat menawan dan bagi kamu yang hobi mendaki gunung, Gunung Rinjani adalah gunung yang sangat tepat untuk menguji keberanian dan ketangkasan kamu sebagai pendaki. Why? Karena gunung ini merupakan gunung tertinggi ke-2 di Indonesia setelah Gunung Jayawijaya, dan membutuhkan waktu 4 sampai 5 hari untuk mencapai puncak.

Tapi dijamin gak akan terasa lelah, karena selama perjalanan kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang indah, ditambah lagi jika kita sudah sampai di puncak kamu akan menemukan segara anak (sebuah danau dari kawah di puncak gunung).

 

2. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi via anekatempatwisata.com

Pantai Senggigi merupakan salah satu objek wisata yang terkenal di Pulau Lombok, panorama laut yang indah dan air laut yang bersih serta jernih sering kali menghipnotis pengunjung yang dating.

Kamu juga dapat menikmati pemandangan Gunung Agung yang terletak di Bali, ditemani dengan deburan ombak yang tenang dan juga pantai yang landai, ditambah lagi kehidupan terumbu karang yang masih terjaga sehingga tidak sedikit pengunjung yang tertarik untuk ber-snorkeling ria di kawasan Pantai Senggigi ini.

 

3. Gili Trawangan

Gili Trawangan
Gili Trawangan via www.giligilifastboat.com

Gili Trawangan merupakan salah satu objek wisata yang gak boleh lupa dikunjungi kalau kamu sudah menginjakkan kaki ke pulau Lombok. Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di sebelah barat laut Lombok.

Keindahan alam yang ditawarkan dari Gili Trawangan adalah pantai yang putih bersih serta taman lautnya yang sangat indah, dan hal lain yang membuat Gili Trawangan terlihat lebih istimewa dibandingkan pantai lainnya adalah kamu dapat menikmati sunset dan juga sunrise sekaligus di pantai ini loh!

Hal ini dikarenakan Gili Trawangan memiliki pantai yang menghadap timur dan menghadap barat, dan jaraknya tidak terlalu jauh. Sehingga baik sunrise maupun sunset dapat kamu nikmati di pantai ini.

 

4. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong
Pantai Sekotong via 3.bp.blogspot.com

Pantai yang satu ini juga gak boleh terlupakan loh traveler! Pantai Sekotong terletak di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Salah satu tempat wisata di Lombok ini mudah dijangkau dari berbagai rute.

Rute ke Pantai Sekotong dari Kota Mataram akan memakan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 60 km melewati Pelabuhan Lembar. Saat berada di pantai ini kamu bisa melihat perbukitan – perbukitan yang mengelilingi pantai sekotong, indah bukan?

Ditambah lagi udaranya yang sejuk akan semakin menambah kenyamanan kamu berlibur di pantai ini. Keindahan pantai dengan pasir putih yang berkilau, air laut yang membiru, dan keindahan panorama alam nan mempesona bisa dinikmati di sini. So, jangan pulang sebelum berkunjung ke pantai ini ya!

 

5. Rumah Adat Dusun Sade

Rumah Adat Dusun Sade
Rumah Adat Dusun Sade via www.wego.co.id

Selain wisata alam, di Pulau Lombok kamu juga bisa menikmati tradisi masyarakat yang sudah ada sejak jaman dahulu loh! Salah satunya melalui wisata rumah adat Dusun Sade, dusun yang menjadi salah satu cagar budaya ini berpenghuni tak kurang dari 100an kepala keluarga.

Masyarakat yang menghuni dusun ini adalah penduduk dari Suku Sasak, yakni komunitas yang masih memegang teguh adat tradisi Lombok hingga kini, hal menarik dari rumah-rumah yang ada di Dusun Sade adalah tanahnya terbuat dari campuran kotoran kerbau dan tanah liat.

Disini kamu juga bisa melihat karakteristik rumah penduduk yang dibangun dari bambu dengan atap yang berasal dari daun alang-alang,  dan hingga saat ini rumah adat khas Sasak ini masih berdiri kokoh dan terawat dengan baik loh traveler, amazing!

 

6. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit
Tanjung Ringgit via images.fineartamerica.com

Pesona alam dari objek wisata yang satu ini juga ga kalah memukau loh traveler! Apalagi buat kamu yang doyan jadi fotografer atau yang suka selfie. Tempat ini pas banget buat kamu!

Tanjung Ringgit ini terletak di ujung Tenggara Pulau Lombok dan letaknya yang cukup jauh dari kota Mataram, akan menyuguhkan kamu petualangan serta pemandangan yang sempurna, seperti pantulan warna yang indah dari perairan karena sinar terik matahari dan dibalik air yang berwarna hijau kebiruan kamu bisa melihat deretan terumbu karang dari puncak tebing, penasaran? Let’s go to Tanjung Ringgit!

 

7. Taman Narmada

Taman Narmada
Taman Narmada via www.transportwisatalombok.com

Selain wisata air, Lombok juga mempunyai objek wisata yang berbau nuansa hijau, Taman Narmada namanya. Taman ini merupakan salah satu peninggalan zaman kerajaan loh traveler!

Di taman yang berlokasi di Desa Lembuak ini, kamu bisa menikmati pemandangan dari keindahan taman-taman yang ada disini, dan kamu juga bisa menemukan sumber mata air yang sudah terbukti berasal dari Gunung Rinjani, dan usut punya usut sumber mata air ini dipercaya penduduk sekitar mampu membuat awet muda!

Yang paling terkenal di tempat wisata ini selain keindahan tamannya adalah peninggalan kerajaan yang dikenal sebagai kolam pemandian raja dan dengan disertai bangunan-bangunan megah yang ada di Taman Narmada ini, akan semakin membuat wisata kamu semakin asik dan berkesan.

 

8. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile
Air Terjun Sendang Gile via picture.triptrus.com

Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani, tepatnya di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun ini muncul dari atas tebing dengan ketinggian sekitar 30 m dengan debit air yang cukup besar.

Di bawahnya terdapat sungai-sungai kecil sehingga kamu yang mau berenang atau mandi ditengah sejuknya udara pegunungan yang masih segar juga bisa. Oh iya traveler,  ada dua jalur yang bisa kamu gunakan untuk mencapai ke Air Terjun Sendang Gile ini yaitu jalur Senggigi atau jalur Pusuk yang notabane membutuhkan waktu yang cukup lama.

 

9. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong via www.footrips.com

Objek wisata yang satu ini merupakan salah satu dari sekian banyak wisata yang ada di Lombok, yang kamu bisa nikmati di daerah Senggigi. Pura kecil dan gabungan suara desiran angin serta ombak yang terdapat dikawasan ini seperti menyatukan aura religius yang teduh dengan suasana keindahan alam yang semakin membuat setiap orang yang berkunjung ke tempat wisata ini berdecak kagum.

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Pura Batu Bolong ini gak terlalu jauh, karena objek wisata yang satu ini masih satu area dengan pantai Senggigi, jaraknya hanya setengah jam dengan berjalan kaki.

Pura Batu Bolong ini terletak di atas batu hitam pantai Senggigi yang memiliki lubang atau lubang di tengah, dengan posisi yang menjorok ke laut, terlihat Pura ini memiliki keindahan tersendiri dan tempat ini juga merupakan salah satu objek wisata yang recommended buat kamu yang hobi fotografi.

So, buat kamu yang ingin berpergian masih bingungkah mau kemana? Ga usah bingung, yuk segera atur jadwal liburan kamu, kunjungi pulau Lombok dan rasakan nuansa liburan yang menyenangkan di pulau ini. Happy Vacation!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *