JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

9 Tempat Wisata Dalam Negeri Ala Mancanegara Ini Wajib Kamu Kunjungi Bersama Pasanganmu!

headline-image-kiri

Bosan, penat, sumpek karena harus mengejar deadline di setiap harinya, membuat badan dan pikiran menjadi cepat lelah. Traveling pun bisa menjadi solusinya. Dan lebih beruntungnya lagi karena kamu tinggal di Indonesia yang notabene mempunyai segudang destinasi wisata yang oke punya.

Jika kamu suka berwisata sekaligus menambah pengetahuan di bidang sejarah maupun teknologi, kamu nggak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri. Dengan biaya yang cukup terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan itu semua. Indonesia ternyata memiliki berbagai destinasi wisata yang menarik dan wajib kamu kunjungi. Mulai dari wisata tempo doeloe sampai wisata modern.

Beberapa destinasi wisata ini memiliki atmosfer seperti di luar negeri namun ternyata ada di Indonesia. Selain itu destinasi wisata ini cocok digunakan untuk hunting foto dan tentu saja menambah ilmu pengetahuan kita, hanya dengan biaya terjangkau! Kira-kira di mana saja ya? Let’s scroll down!

 

1. Punthuk Setumbu, Magelang

Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu via nonikhairani.files.wordpress.com

Traveler tahu kisah romantis Rangga dan Cinta dalam film AADC2? Kalau kamu sudah menonton film itu, pastinya sekilas tahu tentang indahnya panorama di sekitar Punthuk Setumbu yang ada di Magelang.

Di Punthuk Setumbu ini cocok banget buat kamu yang suka menikmati indahnya sunrise di pagi hari. Terlebih jika kamu menikmatinya dengan pasanganmu. Hangatnya mentari ditambah sejuknya hawa pagi dijamin akan menambah romansa dalam harimu.

 

2. Lawang Sewu, Semarang

Lawang Sewu

Lawang Sewu via kenalanku.com

Jika kamu mendengar tentang lawang sewu, apa sih yang ada di benakmu? Apakah terkesan sedikit horor? Wah, jangan salah dulu ya, karena ternyata di Lawang Sewu kamu bisa mendapatkan wisata sejarah yang menakjubkan. Mengapa? Lawang sewu adalah salah satu bangunan klasik peninggalan Hindia Belanda yang terletak di tengah kota Semarang.

Dahulu, Lawang Sewu dijadikan pusat perkantoran kereta api. Dalam Bahasa Indonesia lawang bisa diartikan sebagai pintu, sedangkan sewu berarti seribu. Bangunan ini mempunyai arsitektur unik khas Belanda. Lawang Sewu tediri dari dua lantai dan memiliki dua sayap bangunan yang membentang di kanan dan kiri.

Ketika memasuki bangunan kamu akan disambut dengan lorong-lorong yang panjang dan dipenuhi pintu dan jendela-jendela kayu di kanan-kirinya. Keindahan arsitektur Lawang sewu ini cocok kamu gunakan untuk berfoto.

 

3. Kota Tua, Jakarta

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta via rendykamil.files.wordpress.com

Kawasan Kota Tua Jakarta sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang, tempat ini masih saja tetap menarik untuk dijadikan destinasi wisata. Ada beberapa alasan mengapa kota tua masih tetap menarik untuk dikunjungi, salah satunya yaitu karena jika berwisata di sini kita tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

Selain itu, Kota Tua Jakarta adalah tempat wisata sejarah yang memberikan banyak pengetahuan, apalagi jika kamu berkunjung ke Museum Fatahillah dan spot menarik lainnya. Akan ada banyak landmark unik dan menarik yang bisa kamu jadikan tempat berfoto di Kota Tua ini.

 

4. Benteng Vredeburg, Yogyakarta

Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg via upload.wikimedia.org

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga dikenal sebagai kota wisata budaya. Banyak tempat menarik di sini, salah satunya adalah Benteng Vredeburg. Bangunan klasik peninggalan Belanda yang sekarang telah berfungsi sebagai museum ini cukup bagus jika dijadikan sebagai tempat hunting foto dan menambah pengetahuan tentang sejarah. Letaknya yang strategis yaitu di Jalan Malioboro menjadikan Benteng Vredeburg sebagai destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi jika berada di Yogyakarta.

 

5. Jalan Braga, Bandung

Jalan Braga

Jalan Braga via bersapedahan.files.wordpress.com

Bandung masih menjadi kota favorit untuk kamu datangi, salah satu tempat menarik di Bandung adalah Jalan Braga. Jalan Braga adalah nama sebuah jalan utama di Kota Bandung, jalan ini di kenal sebagai maskot dan objek wisata di kota ini.

Tempat wisata Jalan Braga Bandung berkonsep One Stop Holiday yang merupakan pusat keramaian dan bisnis utama di Kota Bandung. Sejak zaman pendudukan Belanda di Indonesia jalan ini dijadikan sebagai jalan protokoler di Kota Bandung sebagai terusan jalan utama dari arah Gedung Konferensi Asia Afrika.

Di sepanjang Jalan Braga terdapat kompleks pertokoan yang memiliki ciri khas arsitektur lama Hindia-Belanda. Di Jalan Braga kamu juga bisa menikmati wisata belanja dan berbagai macam hiburan hanya dengan berjalan kaki. Dan yang paling penting, kamu bisa menemukan berbagai spot menarik (khususnya Bandung tempo dulu) untuk hunting foto!

 

6. Farmhouse Lembang, Bandung

Farmhouse Lembang

Farmhouse Lembang via 2.bp.blogspot.com

Suasana Lembang yang sejuk memang mendukung banget buat menyegarkan otak dan tubuh kita. Apalagi jika ditambah dengan suasana pedesaan Eropa tempo dulu. Nggak ada salahnya lho “Farmhouse” yang beralamat di Jalan Raya Lembang Nomor 108, Cihideung ini masuk daftar tempat yang harus kamu kunjungi.

Selain pemandangan alam pedesaan ala Eropa, kamu juga bisa menemukan Rumah Hobbit di Farmhouse ini. Jadi, kamu nggak perlu jauh-jauh ke Selandia Baru untuk melihat Rumah Hobbit karena di Indonesia juga ada kok! Asik kan? Walaupun tempat ini masih tergolong baru namun banyak sekali spot menarik ala Eropa yang bisa kamu manfaatkan untuk berfoto ria di sini.

 

7. Kampung Cina, Cibubur

Kampung Cina Cibubur

Kampung Cina Cibubur via c1.staticflickr.com

Salah satu destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Cina Cibubur atau Kampung Cina Kota Wisata yang terletak di sebelah timur Jakarta, tepatnya di Kompleks Perumahan Kota Wisata.

Di sini, kamu akan merasakan sensasi seperti berada di Negeri Tiongkok yang sebenarnya, karena arsitektur di Kampung Cina ini sangat khas dengan warna merah dan banyak terdapat kaligrafi huruf mandarin. Selain itu, kamu bisa membeli berbagai macam aksesoris khas imlek dengan harga terjangkau di Kampung Cina Cibubur ini.

Setelah puas berbelanja, kamu juga bisa mencicipi berbagai pilihan menu chinese food yang lezat. Oh iya, jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen kamu jika berkunjung ke Kampung Cina Cibubur karena banyak spot unik dan menarik di sini.

 

8. Fort Rotterdam, Makassar

Fort Rotterdam

Fort Rotterdam via upload.wikimedia.org

Bangunan megah dan menawan yaitu Fort Rotterdam yang berada di tengah keramaian Kota Makassar. Di benteng ini, pengunjung akan disuguhi nuansa kejayaan masa lampau. Benteng tersebut merupakan peninggalan sejarah dari Kesultanan Gowa yang pernah berjaya sekitar abad ke-17.

Kesultanan Gowa memiliki 17 benteng yang mengitari seluruh ibu kota. Namun, Fort Rotterdam merupakan benteng paling megah diantara benteng lainnya yang keasliannya masih terpelihara hingga saat ini. Benteng yang awalnya dinamakan Benteng Jumpandang (Ujung Pandang) ini juga sangat cocok dikunjungi sebagai wisata sejarah dan berfoto ria tempo dulu ala Kesultanan Gowa.

 

9. Museum Angkut Batu, Malang

Museum Angkut Malang

Museum Angkut Malang via anekatempatwisata.com

Udara yang sejuk khas pegunungan menjadikan Kota Malang sebagai salah satu tujuan desinasi traveling. Selain kebun buah apelnya, Malang juga mempunyai tempat wisata yang unik. Ya, Museum Angkut yang terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Atas Nomor 2, Kota Wisata Batu, Malang ini wajib kamu kunjungi.

Museum Angkut menjadi sebuah tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Di sini, kamu bisa melihat koleksi moda transportasi dunia mulai dari zaman kuno hingga zaman modern.

Bagi kamu yang punya hobi fotografi, tempat ini sangat cocok karena Museum Angkut memiliki beragam landmark yang menjadikan latar belakang fotomu jadi semakin menarik. Museum Angkut dibagi menjadi 9 zona berbeda dengan landmark yang membuat kamu serasa keliling dunia yaitu Zona Edukasi, Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona Jepang, Zona Uni Eropa, Zona Hollywood dan Zona Gangster & Broadway.

 

Kira-kira masih ada nggak ya, destinasi wisata dalam negeri rasa mancanegara yang mengundang decak kagum seperti di atas? Happy holiday, traveler!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *