JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

Berwisata ke Belitung, Jangan Lupa Kunjungi 9 Tempat Wisata Alam Laskar Pelangi Ini!

headline-image-040

“Menarilah dan terus tertawa walau dunia tak seindah surga. Bersyukurlah pada Yang Kuasa, cinta kita di dunia selamanya”

Laskar Pelangi, sebuah karya fenomenal dari seorang penulis, Andrea Hirata. Kisah tentang sekumpulan anak yang berjuang mengejar mimpinya di sebuah pulau kecil di Indonesia, Pulau Belitung.

Tidak hanya kisah Laskar Pelangi yang memukau, wisata alam Pulau Belitung juga tidak kalah memesona. Buat kamu yang suka traveling wajib mengunjungi pulau satu ini. Nah, apa saja sih pesona wisata alam Negeri Laskar Pelangi ini?

 

1. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri via ksmtour.com

Berjarak sekitar 40 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang, Pantai Parai Tenggiri adalah pantai paling indah di Bangka Belitung dengan karakter ombak yang lembut dan permukaan yang lkamui. Pantai Bangka yang satu ini memiliki panorama yang eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Seperti pantai Bangka lainnya, pantai Parai Tenggiri juga memiliki bebatuan granit yang berukuran besar dalam aneka bentuk yang unik dan berjumlah banyak.

Panorama pantai yang indah dapat Kamu saksikan tatkala menaiki bebatuan granit tersebut, menyuguhkan Kamu keindahan Laut Cina Selatan yang teduh. Ada banyak kegiatan wisata menarik yang dapat dilakukan wisatawan, di antaranya banana boat, parasailing, hingga snorkel di Parai Tenggiri.

Selain itu, jika Kamu suka memancing di pantai ini, tersedia penyewaan perahu pancing yang lengkap dengan peralatannya. Salah satu tempat wisata di Bangka Belitung ini juga dilengkapi dengan fasilitas akomodasi yang lengkap, tersedia hotel hingga ressort yang dapat Kamu tempati serta fasilitas permainan air.

Untuk dapat masuk, Kamu harus membayar tiket masuk Pantai Parai Tenggiri sebesar Rp 25 ribu per orang dan tiket ini nanti dapat ditukarkan dengan makanan atau minuman yang ada di restoran yang terletak di pinggir pantai.

 

2. Gunung Menumbing

Gunung Menumbing

Gunung Menumbing via 3.bp.blogspot.com

Terletak di daerah Mentok pada arah Barat Laut Pulau Bangka, Gunung Menumbing ini memiliki ketinggian sekitar 355 meter dpl. Di Gunung Menumbing jugalah merupakan tempat pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta oleh Belkamu pada tahun 1948-1949 di Pulau Bangka.

Ada sebuah wisma yang masih terawat hingga kini yang menjadi tempat di mana Proklamator RI tersebut diasingkan.

Wisma pengasingan ini dijaga oleh keluarga yang adalah pula Abdi Dalem Keraton Yogyakarta dari generasi ke generasi yang dari awal memiliki tanggung jawab untuk menjaga Bung Karno dan Bung Hatta selama pengasingan di Bangka.

 

3. Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang via alimbelitungtour.com

Pantai Tanjung Kelayang berada tidak jauh dari Pantai Tanjung Tinggi. Kamu bisa mengikuti papan petunjuk arah untuk mencapainya. Tidak sulit kok untuk menemukan pantai yang satu ini.

Di pantai ini kamu bisa menyaksikan jajaran kapal-kapal berwarna warni. Perahu-perahu ini siap mengantarmu menuju ke pulau-pulau yang ada di sekitar pantai Tanjung Kelayang.

Perahu ini bisa disewa seharga Rp 450.000 per kapal. Dengan perahu ini kamu bisa berkeliling pulau-pulau sekitar Tanjung Kelayang sepuasmu. Sebaiknya kamu menggunakan perahu ini secara berombongan. Semakin banyak orang yang naik ke kapal, maka semakin sedikit jumlah uang yang perlu kamu perlukan.

Kamu juga bisa menyewa baju pelampung dan alat selam jika kamu ingin snorkeling di pulau-pulau di sekitar Tanjung Kelayang. Kamu juga bisa membawa biskuit atau pakan ikan untuk mengundang ikan-ikan kecil di pulau-pulau tersebut.

 

4. Pulau Pasir

Pulau Pasir

Pulau Pasir via 3.bp.blogspot.com

Pulau Pasir adalah salah satu pulau yang ada di sekitar pantai Tanjung Kelayang. Kamu bisa mengunjunginya dengan menyewa perahu.

Pulau ini sangat kecil. Saking kecilnya, pulau ini tidak akan nampak jika sedang pasang. Yang tersisa hanyalah dataran kecil pasir dengan batu-batu raksasa di sekitarnya. Jika kamu beruntung, kamu bisa menemukan banyak bintang laut di pulau kecil ini.

 

5. Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas

Pulau Lengkuas via piknikdong.com

Pulau Lengkuas juga berada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Pulau ini awalnya dikenal dengan Long House, namun karena penduduk sekitar yang tidak bisa mengucapkan kata tersebut dengan benar, lama kelamaan pulau ini disebut dengan Pulau Lengkuas.

Seperti asal mula namanya, pulau ini memiliki sebuah mercusuar sebagai ciri khasnya. Jika ingin sampai ke puncak mercusuar yang berdiri gagah di tengah pulau ini kamu harus melewati 18 lantai. Jangan lupa siapkan air minum agar kamu tidak kehausan di tengah perjalanan.

Rasa capekmu tidak akan sia-sia kok. Semua letih dan usahamu menaiki tangga akan terbayar dengan indahnya pemkamungan dari puncak mercusuar. Deretan perahu yang parkir, batu-batu besar, dan perpaduan biru langit dan laut akan membuatmu berdecak kagum atas indahnya ciptaan Tuhan yang satu ini.

Di pulau ini juga terdapat Hutan Asmara. Hutan ini tidak terlalu luas, namun memiliki suasana yang rimbun dan tenang.

Nah, di pulau ini kamu juga bisa snorkeling sepuasnya. Keindahan batu karang dan ikan-ikan yang berenang akan membuatmu enggan untuk beranjak dari pulau ini. Kamu yang tidak ingin snorkeling pun bisa menyaksikan terumbu karang dari atas perahu. Kamu juga bisa menabur remahan biskuit untuk mengundang ikan-ikan kecil ke sekitar perahumu.

 

6. Pulau Gede Kepayang

Pulau Gede Kepayang

Pulau Gede Kepayang via borukaro.com

Pulau Gede Kepayang atau yang biasa disebut Pulau Kepayang ini juga termasuk salah satu pulau yang ada di sekitar Pantai Tanjung Kelayang. Pulau ini termasuk salah satu favorit tempat wisata Indonesia. Seperti namanya, pulau ini akan membuatmu mabuk kepayang dengan keindahan alam yang dimilikinya.

Batu-batuan besar berjajar di sepanjang pantai. Batu-batu besar ini tersusun dengan indah. Entah bagaimana alam membentuknya hingga sedemikian rupa. Kamu pastinya akan merasa kagum setelah melihat pesonanya.

Di pulau ini juga terdapat penangkaran penyu. Kamu bisa melihat budidaya penyu di pulau ini. Mulai dari telur, bayi penyu, hingga penyu yang sudah berusia puluhan tahun ada di pulau ini. Kamu juga bisa berfoto dengan penyu yang besar. Dan ingat, jangan coba-coba memegang penyu-penyu yang masih kecil ya. Hal ini disebabkan karena mereka rawan stress dan masih rentan mati.

 

7. Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi

Pantai Burung Mandi via dspecialisttour.com

Pantai Burung Mandi terletak di Kabupaten Belitung Timur, tepatnya di Burung Mandi, Kecamatan Damar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung. Perlu waktu sekitar 2 jam dari Tanjung Pendam untuk mencapai lokasi ini.

Tidak seperti pantai-pantai di kawasan Tanjung Pendam yang identik dengan batu granit yang berukuran besar, pantai ini justru khas dengan perahu-perahu nelayan berwarna-warni yang berjajar di sekitar pantai.

Tidak jauh dari pantai ini ada sebuah vihara yang cukup besar yaitu Vihara Dewi Kuan Im. Konon, vihara ini adalah yang tertua di Pulau Belitung. Kamu bisa mampir dan berfoto di vihara yang didominasi dengan warna merah ini.

 

8. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi via 1.bp.blogspot.com

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu pantai yang terkenal di Pulau Belitung. Tanjung Tinggi menjadi populer semenjak digunakan sebagai salah satu lokasi dalam film “Laskar Pelangi”.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Tanjung Pkamun. Lokasinya cukup jauh dari Tanjung Pendam. Kamu perlu berkendara kurang lebih 30 menit dari Tanjung Pendam menuju ke Tanjung Tinggi. Meskipun jalannya sepi sebaiknya kamu tidak seenaknya mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi ya! Karena tidak hanya akan membahayakan dirimu, tapi juga orang lain.

Pesona Tanjung Tinggi ada pada batu-batuan besar yang berada di sepanjang pantai. Selain itu birunya pantai begitu serasi berpadu dengan cerahnya langit biru. Kamu pasti akan terpukau dengan lukisan alam di pantai ini.

Tanjung Tinggi tidak hanya pas dikunjungi pada siang hari. Coba deh kamu datang ke pantai ini menjelang malam. Jangan sampai kamu melewatkan kesempatan untuk menyaksikan matahari terbenam. Kamu pasti tidak akan pernah lupa dengan indahnya sunset di pantai ini.

 

9. Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam

Pantai Tanjung Pendam via server9.merahpoetih.com

Letaknya tidak jauh dari pusat kota Tanjung Pkamun. Di sekitar pantai ini terdapat kawasan hotel dan motel. Jika kamu menginap di kawasan ini bisa berjalan kaki menuju Pantai Tanjung Pendam.

Ombak pantai ini tidak begitu besar dan tenang. Pantai ini cukup luas. Di bagian barat, terdapat bangku-bangku untuk menikmati pemkamungan pantai. Di bagian timur pantai, kamu bisa menikmati jajaran pohon-pohon cemara yang menyerupai hutan mini. Kamu bisa lho berpose ala film “Twilight” di sini.

Di bagian barat pantai, tidak jauh dari jalan utama terdapat taman bermain anak. Taman bermain ini dilengkapi dengan arena bermain seperti ayunan dan perosotan. Uniknya, perosotan di taman ini memiliki bentuk bermacam-macam karakter, seperti dinosaurus, perahu, jamur, dan sebagainya.

Tanjung Pendam tidak pernah sepi, bahkan di malam hari. Kawasan kuliner Tanjung Pendam selalu ramai dengan pengunjung. Di kawasan ini kamu bisa menikmati keindahan malam kota Tanjung Pkamun sembari minum teh tarik dan mendengarkan lantunan live music.

 

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk berwisata ke Pulau Belitung? Segera siapkan perlengkapan traveling kamu! Dan jangan lupa seorang traveler yang baik tidak akan merusak alam dan meninggalkan sampah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *