JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

Kalau Kamu Pecinta Surfing, Wajib Cobain Ombak yang Menantang di 5 Pantai Ini! Segera!

headline-image-024

Buat kamu para pecinta surfing, gelombang ombak yang besar dan tinggi sangatlah menggiurkan untuk ditaklukkan. Berbicara mengenai ombak besar dan menawan ini kamu pasti langsung teringat dengan Hawaii bukan? Padahal untuk merasakan serunya menunggangi gelombang ombak tinggi dan besar ini kamu tidak perlu pergi ke tempat nan jauh di sana.

Di Indonesia banyak potensi wisata surfing yang harus banget kamu coba! Berikut adalah 5 tempat surfing terbaik di Indonesia.

 

1. Yuk, Taklukkan Ombak Setinggi 7 Sampai 10 Meter di Pulau Lagundri dan Pantai Sorake!

Lagundri Beach

Lagundri Beach via indonesiatraveldb.com

Pulau lagundri dan Pantai Sorake ini terletak di Desa Botohilitano, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatra Utara. Kedua pantai ini berjarak dua kilometer. Pantai yang berada dalam satu garis pantai ini memang sudah tersohor di kalangan peselancar domestik maupun mancanegara.

Keduanya memiliki karakteristik ombak yang panjang dan besar. Di pantai ini, kamu bisa menikmati ombak setinggi 7 hingga 10 meter dengan 5 tingkatan pada bulan April hingga September. Wow, fantastis bukan? Pantai ini disebut-sebut sebagai tempat selancar terbaik setelah Hawaii, bahkan hampir menggalahkan ombak di pantai Hawaii lho!

Pantai Sorake

Pantai Sorake via 2.bp.blogspot.com

Ketinggian ombak kedua pantai tersebut disebabkan karena lokasinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia yang merupakan tempat bertemunya teluk, sehingga ombaknya mengalir besar.

Selain ombak yang tinggi, pantai Lagundri memiliki daya dorong mencapai 200 meter, sehingga para peselancar juga bisa menaiki ombak sejauh 200 meter. Maka tak heran jika di pantai ini banyak berkumpul para peselancar Internasional.

Setiap tahunnya pantai Lagundri ini sudah beberapa kali menjadi tempat lomba selancar baik Nasional maupun Internasional. Nias Open adalah salah satu kejuaraan rutin yang digelar ratusan peselancar mancanegara terutama Australia. Nah, bagi kamu para peselancar tentu tertarik untuk mengunjungi kedua pantai ini bukan? Kedua pantai ini akan lebih menantang jika menikmati ombak saat bulan purnama lho!

 

2. Surga Para Peselancar? Mana Lagi Kalau Bukan Pantai Plengkung

G-land Salah Satu Ombak Terbaik Dunia

G-land Salah Satu Ombak Terbaik Dunia via www.yukpegi.com

Plengkung adalah salah satu destinasi wisata yang menjadi surganya Surfer. Pantai ini memiliki ombak terbaik dunia setelah Hawaii. Dahsyatnya ombak di pantai Plengkung, Banyuwangi ini membuatnya masuk dalam jajaran “The Seven Giant Waves Wonder” yang mana sebagai salah satu ombak terbesar dunia.

Pantai yang berada di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi Jawa Timur lebih populer dengan nama G-land.

G-Land menawarkan ketinggian ombak yang mencapai 6-8 meter dengan formasi 7 gulungan gelombang bersusun. Di sini kamu bisa menikmati ombak menawan yang lebih lama dan panjang, sebab ombak di G-Land ini baru pecah setelah 1 hingga 2 Km dari arah timur ke barat.

Ombak yang dibentuk oleh pantai Plengkung ini pun sangat unik. Gulungan ombaknya membentuk tabung ombak yang hampir sempurna, sehingga menjadi favorit para pecinta surfing.

Untuk mendapatkan ombak yang tinggi dan besar tersebut, kamu bisa datang pada bulan April hingga Agustus. Pada bulan ini, ombak yang tinggi datang secara bertahap, masing-masing berlansung selama beberapa hari dengan jarak beberapa hari diantara tiap ombak.

 

3. Pulau Sipora, G-land Versi Mentawai

Pulau Sipora Mentawai

Pulau Sipora Mentawai via session.efekgila.com

Pulau Sipora merupakan pulau terkecil di kepulauan Mentawai, Sumatra Barat. Posisi pulau ini tepat berada diantara kepulauan Pagai dan kepulauan Siberut. Pulau ini memiliki titik selancar kelas dunia seperti Hellow trees dan lance’s left.

Hellow trees atau disebut HT atau lance’s Right adalah ombak yang berbentuk silinder atau dikenal dengan right tube. Ombak ini kerap muncul di video-video dan majalah-majalah selancar dunia 10 tahun terakhir dan tidak dianjurkan untuk peselancar pemula.

Sedangkan Lance’s left adalah ombak yang kuat dan paling konsisten. Jika didukung dengan kondisi yang sempurna, dapat menjadi ombak yang paling indah sehingga tak heran banyak yang membandingkan Hellow Trees ini dengan Money Tress dari G-land versi Mentawai. Saat tidak terlalu besar Lance’s Left ini cocok untuk peselancar dengan kemampuan menengah.

Berkunjung ke pulau Sipora ini, bagi para surfer memiliki daya tarik tersendiri, sebab di pulau ini, para surfer dapat memilih sendiri jenis ombak yang menantang untuk ditaklukkan. Apakah itu Hellow trees,Lance’s Left, Telescopes atau ombak yang sangat panjang, the surgeon table atau ombak yang seolah-olah mengangkat peselancar dan semi hellow atau ombak yang bergulung-gulung di bagian tengah berlubang yang nyaris sempurna.

 

4. Buat kamu yang suka dengan panorama pantai asri nan indah, surfing di Pantai Tanjung Setia bisa menjadi pilihan.

Pesona Wisata Tanjung Setia

Pesona Wisata Tanjung Setia via www.wisatatiga.com

Berlibur ke pantai bagi para surfer, mungkin tidak hanya sekedar penasaran dengan keganasan ombak yang meliuk-liuk tinggi dan besar. Panorama sekitar pantai yang indah mungkin juga menjadi bahan pertimbangan untuk berkunjung ke suatu tempat tersebut.

Sebagai pecinta surfing, kamu bisa mencoba berkunjung ke salah satu pantai yang terletak di Sepanjang Pantai Barat, Lampung. Namanya adalah Pantai Tanjung Setia, pantai ini terletak dekat dengan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan.

Pantai ini menjadi tujuan para surfer dunia, selain memiliki ombak dengan ketinggian 6-7 meter, biasanya ombak ini terjadi saat bulan Juni hingga Agustus. Ombak di pantai Tanjung Setia ini tidak hanya memiliki ombak tinggi, tetapi juga panjang yang mencapai hingga 200 meter.

Di banding pantai Kuta di pulau Bali, pantai ini jauh lebih mempesona. Lataknya yang strategis dan terpencil, membuat lingkungan alam disekitar pantai tersebut masih terjaga. Sehingga para peselancar bisa menikmati sepanjang tepian pantai dengan pepohonan Palem yang rimbun dan terlihat indah.

 

5. Para Profesional Surfer Biasanya Datang ke Pantai Uluwatu Bali

Lokasi Pantai Uluwatu

Lokasi Pantai Uluwatu via www.nationalgeographic.co.id

Siapa sih yang tidak kenal dengan Pulau Bali? Pulau yang paling terkenal di Indonesia dengan karya seninya dan keindahan pantai yang mempesona.

Pulau yang juga menjadi favorit turis lokal maupun macanegara. Dan pulau yang memiliki banyak julukan nama seperti pulau Dewata, pulau Seribu-pura bahkan ada pula yang menyebutnya pulau surga. Tak heran jika pulau Bali ini menjadi tempat terbaik Dunia (World’s Best Island) versi majalah Travel pada tahun 2009.

Tak perlu binggung memilih mana yang harus kamu kunjungi terlebih dahulu ketika menginjakkan kaki di Bali. Meski banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi, Uluwatu bisa jadi tempat terbaik bagi kamu para pecinta surfing. Pantai ini memiliki ombak yang cukup besar dan sangat cocok untuk peselancar domestik ataupun mancanegara. Gelombang ombak tersebut bisa mencapai 6 hingga 10 kaki.

Gelombang ombak di pantai ini, memang sangat menarik untuk ditaklukkan oleh para profesional surfer. Para peselancar dari berbagai belahan dunia seperti Australia, Eropa, Amerika dan Asia ini tak jarang datang untuk menaklukkan gelombang Samudra dari pantai eksotik ini. Para wisatawan datang silih berganti, hal ini membuat pertumbuhan pembangunan resort berarsitek Bali, berkembang pesat di sekitar Pura Uluwatu maupun di pantai Uluwatu dengan berbagai variasi harga.

Uluwatu yang terletak di wilayah paling utara pulau Bali dan dekat dengan pura Uluwatu. Pantai ini letaknya sangat strategis, karena untuk menuju pantai tersebut hanya butuh waktu 30 menit dari bandara Internasional Ngurah Rai Bali. Sedangkan jika kamu berangkat dari Pura Uluwatu hanya butuh 5 menit untuk menuruni anak tangga untuk sampai ke pantai ini.

Indonesia memang benar-benar awesome! Jangan heran jangan bimbang para surfer, untuk memilih ombak di pantai mana yang akan terlebih dahulu kamu taklukan. Karena sejumlah pantai di Indonesia yang cocok untuk surfing sangat recommended! Let’s take your surfboards!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *