Kamu Hobi Jalan-Jalan? Berikut 8 Tips Penting Agar Traveling-mu More Comfortable!

headline-image-014

Traveling sepertinya sudah menjadi kebutuhan. Lihat saja di sosmed, ada banyak banget orang yang mengeluh karena “kurang piknik”. Yah inilah salah satu gambaran kenapa traveling seakan sudah menjadi kebutuhan. Tapi gak bisa dipungkiri juga, setiap orang memang butuh waktu untuk menyenangkan dirinya sendiri dengan berlibur.

Kegiatan traveling ini sekarang juga semakin merebak dan mulai nge-trend. Kalau dulu paling cuma orang kaya dengan penghasilan berlimpah yang bisa menikmati gimana rasanya traveling. Tapi sekarang, mau punya banyak uang atau cuma uang pas-pasan, pokoknya traveling tetep jalan. Selalu ada cara buat traveling. Kalau cuma masalah uang masih bisa diakal-akalin lah dengan low budget traveling.

Tapi sayangnya banyak orang yang pengennya bisa benar-benar merasakan liburan pas traveling, tapi ujung-ujungnya malah cuma penyesalan. Bukannya senang-senang malah harus dihadapkan dengan berbagai masalah. Hal ini tak lain dan tak bukan ya karena kurangnya persiapan.

Nah, biar kamu bisa nyaman pas traveling dan tidak dihadapkan pada hal-hal ribet, ada baiknya kamu memperhatikan tips-tips berikut ini.

 

1. Jangan sampai menjadi traveler yang buta. Riset dulu tujuan traveling-mu.

Traveling
Traveling via pixabay.com

Kalau kamu masih baru pertama kali mau menyinggahi sebuah kota, ada baiknya kamu riset dulu. Kamu bisa mencari info di berbagai forum atau artikel di internet. Pastikan juga informasi yang kamu dapatkan itu up-to-date. Hal ini perlu dilakukan supaya kamu bisa mempersiapkan berbagai hal dengan tepat.

Riset berbagai hal mulai dari ketersediaan penginapan, transportasi dan berbagai hal. Hasil riset ini nantinya akan kamu gunakan sebagai panduan untuk melakukan berbagai persiapan. Misalnya daerah yang akan kamu kunjungi itu udaranya dingin, jadinya kamu harus menyediakan pakaian hangat. Atau misalnya daerah yang pengen kamu tuju itu tidak ada akses transportasi umum, kamu bisa mencari informasi tempat penyewaan kendaraan bermotor.

Pokoknya kurang lebih begitulah. Kamu bisa mencari berbagai informasi yang sekiranya penting, jadi waktu traveling, kamu sudah siap dengan segala sesuatunya.

 

2. Jangan sia-siakan waktu liburanmu. Maksimalkan kegiatan traveling-mu dengan mengelola waktu secara tepat.

Clock
Clock via pixabay.com

Dari hasil riset tadi, kamu bisa memanfaatkannya sebagai patokan untuk mengatur waktu ber-traveling-mu. Jangan sampai waktu liburmu malah jadi sia-sia dan kamu malah gak maksimal dalam menikmati aktivitas traveling tersebut. Buat daftar lokasi-lokasi mana saja yang bisa kamu jangkau selama waktu libur tersebut.

Jangan memaksakan diri mengunjungi tempat atau lokasi yang jangkauannya terlalu jauh dari tujuan utamamu. Makanya pastikan daerah yang kamu tuju itu memiliki beberapa lokasi wisata. Jadi dalam sekali perjalanan kamu bisa terpuaskan dengan mengunjungi banyak lokasi wisata sekaligus.

 

3. Kamu tentu tidak mau dibuat ribet dengan barang bawaan. Lakukan packing dengan tepat dan bawa barang seperlunya.

Travel Bag
Travel Bag via pixabay.com

Traveling tentu akan sangat menyebalkan jika harus membawa barang bawaan yang terlalu banyak. Bawa barang-barang yang secukupnya saja. Tidak usah membawa barang yang tidak terlalu berguna. Tapi ingat, kamu harus memastikan barang yang kamu butuhkan itu dibawa.

Lakukan packing dengan tepat sehingga bisa memberikan space lebih ditasmu. Oia, kamu juga perlu memilih tas yang tepat. Usahakan kamu tidak membawa lebih dari 2 tas. Jika memang barang-barangmu cukup banyak, kamu bisa menggunakan tas dengan kapasitas lebih besar daripada membawa tambahan tas, karena itu akan lebih ribet.

 

4. Kelihatannya memang sepele. Tapi kamu juga perlu memikirkan pakaian yang tepat.

Travel Clothes
Travel Clothes via pixabay.com

Kamu harus benar-benar bisa menyiapkan pakaian yang akan kamu bawa. Jangan sampai kamu kehabisan baju waktu lagi traveling. Makanya kamu bisa menghitung waktu traveling-mu, aktivitas apa saja yang akan dijalani, dan jumlah baju yang harus dipersiapkan.

Kamu juga harus mempersiapkan pakaian yang tepat sesuai dengan kondisi tujuan traveling-mu. Misalnya kamu mengunjungi tempat yang dingin, ada baiknya kamu menggunakan celana training panjang daripada jeans. Pokoknya sesuaikan saja dengan lokasi tujuan kalian, biar gak salah kostum ajah gitu.

 

5. Uang emang bukan segalanya. Tapi pastikan kamu membawa uang yang cukup waktu traveling.

Money
Money via pixabay.com

Kebutuhan uang memang bisa diakal-akalin. Tapi kamu juga jangan sampai kehabisan uang waktu ditanah orang. Pastikan kamu membawa uang yang cukup untuk kebutuhan selama traveling. Gunakan juga uang dengan bijak. Jangan sampe kalap terus banyak beli hal-hal yang gak begitu perlu.

Perhatikan juga keluar masuknya uangmu, jadi kamu bisa sedikit berhemat. Iyah sih niatnya kan pengen seneng-seneng, tapi kalo ada sisa uang kan lumayan bisa buat traveling di lain waktu.

 

6. Pesan penginapan dan tiket jauh-jauh hari. Jadi saat kamu mau berangkat traveling kamu bisa fokus buat packing dan mempersiapkan hal-hal lain.

Ipad
Ipad via pixabay.com

Makanya rencana traveling memang sebaiknya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari, jadi kamu bisa melakukan pemesanan tiket dan penginapan lebih awal. Hal ini buat jaga-jaga biar kamu tidak kehabisan tiket saat sudah mau berangkat traveling, atau mendapati kasus penginapan penuh. Jadi lebih baik kamu memesan agak jauh-jauh hari.

Kalo memesan jauh-jauh hari biasanya kamu juga bisa mendapatkan harga yang agak miring. Lumayan kan bisa sedikit penghematan. Uangnya bisa buat tambahan jajan.

 

7. Tolak semua permintaan titipan oleh-oleh dari teman atau keluarga, jika kamu tidak mau kerepotan. Emang terkesan jahat sih, tapi itu demi kenyamananmu juga.

Saouvenirs
Saouvenirs via pixabay.com

Kalo selama ini kamu adalah seorang yang baik hati dan tidak pernah bisa menolak permintaan teman atau keluarga, mungkin ada baiknya kamu mulai belajar menolak permintaan mereka. Kalo teman-teman atau keluarga tau kamu mau pergi liburan, biasanya mereka bakalan rempong banget minta oleh-oleh. Nah, coba deh belajar menolak permintaan mereka ini.

Selain karena nantinya kamu bakalan kerepotan karena membawa barang yang lebih banyak waktu pulang, kamu juga bisa kehabisan waktu. Nyari oleh-oleh juga butuh waktu lho, apalagi mintanya oleh-oleh yang aneh-aneh dan sulit ditemukan. Sayang lho waktumu buat liburan malah habis cuma buat berburu oleh-oleh. Jadi mendingan ditolak deh.

Tapi nolaknya juga tetep dengan ngasih penjelasan yah, jadi gak terkesan jahat-jahat banget.

 

8. Liburan sama pacar emang menyenangkan. Tapi kalo niat kalian buat traveling mendingan jangan ajak pacar deh, ribet!

Couple
Couple via pixabay.com

Kalo dibayangin gitu emang asik sih. Bisa jalan-jalan bareng pacar di daerah yang baru dengan suasana yang baru. Tapi percaya deh, daripada terjadi yang enggak diharapkan, mendingan jangan! Apalagi kalau pacarmu itu adalah tipikal orang manja. Asli, percaya deh, jangan diajak kalo kamu gak pengen perjalanan traveling-mu jadi makin ribet.

Traveling memang butuh ketangguhan, segala hal harus dipersiapkan sendiri dan kalo ada masalah juga harus siap dihadapi. Mending sih kalo pacarmu itu orangnya tangguh juga dan bisa tetep calm down waktu menghadapi masalah. Lah kalo pacarmu bisanya cuma protes, lah kan malah jadi bikin bad mood.

Jangan sepelekan yang namanya persiapan. Tanpa persiapan kamu bakal kelabakan nanti pas traveling. Dengan persiapan yang tepat, kamu bakalan lebih tenang waktu traveling, dan tentu saja untuk meminimalisir masalah. Jadi gimana, kalian sudah siap menjalani traveling yang lebih nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa ajak abang yah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *