Kuper? Nggak Lah. Berikut 11 Tips Dan Trik Traveling Ke Luar Negeri!

headline-image-021

Traveling ke luar negeri mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Tetapi bagi sebagian besar orang, masih “wah” rasanya bisa keluar negeri. Apalagi kalau untuk urusan liburan, rasa-rasanya hanya orang “berduit” saja yang bisa jalan-jalan ke luar negeri.

Ini sebenarnya hanya kesan saja, sih, tidak harus punya uang banyak untuk bisa ke luar negeri. Yang jelas, banyak keuntungan Traveling ke tempat wisata di luar negeri. Akan banyak pengalaman yang tidak akan bisa kamu lupakan di luar negeri yang belum tentu bisa kamu temui di Indonesia. Kalaupun kamu hanya punya budget pas-pasan, penguasaan bahasa asing (terutama bahasa inggris) terbatas dan kendala-kendala lain, jangan khawatir. ini tips dan trik buat kamu Traveling ke luar negeri.

 

1. Amankan Passport

Passport ibarat SIM kamu keluar negeri. Tanpa passport, kamu tidak akan bisa pergi kemanapun ke luar negeri. Kalau kamu belum punya passport, segeralah cari di kantor imigrasi terdekat. Sekarang mudah, murah dan cepat kok cari passport, ga harus lewat calo.

Saking pentingnya dokumen ini, selalu simpanlah passport kamu pada tempat yang paling aman. Untuk antisipasi kecopetan dan sebagainya, bawalah fotocopy passport kamu dan simpanlah passport aslinya. Kalaupun apes sampai kehilangan passport, segeralah hubungi KBRI terdekat.

 

2. Carilah Tiket Promo

Tiket ke negara tujuan biasanya merupakan komponen paling mahal dalam agenda Traveling kamu. Untuk berhemat, tiket promo merupakan solusi untuk menghemat biaya pengeluaran kamu. Selalu ikutilah website dan berita maskapai-maskapai yang sering menawarkan tiket promo (seperti air asia).

Biasanya masa pembelian promo sekamur 6 bulan sampai setahun sebelum jadwal penerbangan. Karena tiket promo hanya terbatas dan banyak orang yang mencari, maka siapa cepat dia dapat. Selalu usahakan cari tiket promo pada awal-awal masa promo.

 

3. Carilah Informasi Tentang Negara yang Dikunjungi

Beda bangsa, beda adat. Beda negara, beda aturan pula dalam kehidupan sehari-harinya. Sangat penting untuk mengetahui informasi negara yang akan kamu kunjungi, aturan berikut adat istiadat masyarakatnya. Hal ini tentu saja untuk memudahkan kamu nantinya ketika mengunjungi negara tersebut dan antisipasi supaya tidak terjadi masalah dalam agenda jalan-jalan kamu.

Sebagai contoh, di negara kamu mungkin biasa saja menyeberang jalan tidak pada zebra cross. Tidak ada sanksi atau teguran dari aparat keamanan. Namun kalau kamu mencoba ini di Negara Singapura, akan lain ceritanya. Kamu akan segera berurusan dengan aparat keamanan gara-gara menyeberang jalan tidak pada tempatnya.

 

4. Buatlah Rincian Perjalanan

To do List
To do List via turbinehq.com

Memang ada orang yang bertipe mengalir saja apa adanya ketika bepergian ke suatu tempat. Namun ketika ke luar negeri ada baiknya buatlah rincian perjalanan.

Dengan ini perjalanan kamu akan lebih mudah untuk memutuskan kemana dimana dan kapan. Waktu merupakan batasan kamu ketika ke luar negeri, sehingga alangkah lebih baiknya apabila rincian perjalanan yang kamu buat memperhitungkan waktu yang ada dan target ke tempat mana saja yang akan kamu kunjungi.

 

5. Mata Uang

Mata Uang Asing
Mata Uang Asing via images.detik.com

Mata uang yang berlaku di suatu negara, mungkin berbeda di negara yang lain. Sehingga kalau ingin berkunjung ke suatu negara, bawalah uang tunai mata uang negara yang bersangkutan. Memang bisa menukarkan mata uang di negara tujuan, namun biasanya pengalaman nilai tukar lebih baik bila kamu menukarkan uang dari negara kamu.

Untuk berjaga-jaga dan juga kalau ada uang yang sisa, ada baiknya kamu tukar uang ke mata uang US Dollar. Di samping diterima dimana saja di seluruh dunia, US Dollar juga memiliki nilai yang lebih stabil dibandingkan mata uang negara-negara lain.

 

6. Visa dan Imigrasi

Visa
Visa via kartupos.co.id

Visa merupakan ijin ketika kamu ingin memasuki ke suatu negara. Untuk Warga Negara Indonesia, banyak negara yang bebas visa yang bisa kamu kunjungi. Artinya kamu hanya cukup membawa passport ke negara bersangkutan, tanpa perlu mengurus ijin atau visa di perwakilan negara tersebut di Indonesia.

Negara bebas visa bagi WNI cukup banyak kok, semua negara Asean, Maroko, Peru dan beberapa negara lain sudah menjalin kerjasama bebas visa dengan Indonesia.

Ada juga negara-negara yang memakai visa on arrival, yaitu kamu hanya perlu membayar uang jaminan yang besarannya sudah ditetapkan sebelum memasuki negara tersebut. apabila kamu hendak, maka jaminan tersebut bisa dicairkan. Bagi negara-negara yang mengharuskan ada visa, maka kamu ikuti saja aturan dari negara tersebut.

Salah satu tips ketika ada di pemeriksaan imigrasi adalah bersikaplah biasa saja, jangan terlihat takut atau grogi dan juga persiapkanlah ID card kamu (SIM atau KTP). Biasanya petugas imigrasi meminta ID card lain selain passport yang kamu punya.

 

7. Makan Selama di Luar Negeri

Korean Street Food
Korean Street Food via i.ytimg.com

Makanan adalah salah satu yang menarik selama di luar negeri. Selain karena budget yang kamu sediakan, jenis makanan di suatu negara bisa jadi sangat berbeda dengan negara kamu. India misalnya, makanannya sangat terasa pedas dan berempah, mungkin tidak cocok untuk lidah kamu.

Untuk makanan di luar negeri sangat baik apabila kamu mau mencoba masakan setempat. Namun kalau tidak mau mengambil risiko, ada baiknya kamu membawa roti atau mie instant sendiri dari Indonesia. Selain mudah, tentunya juga hemat dibandingkan ketika kamu makan di restaurant.

 

8. Transportasi

Moda transportasi di luar negeri sangat bervariasi, tergantung di negara mana. Kamu bisa memakai transportasi pribadi seperti rental, taksi maupun bajaj, namun transportasi umum seperti bus dan kereta sepertinya adalah pilihan yang lebih baik.

Taksi memang nyaman, namun termasuk besar biayanya apabila kamu hanya memakai sendiri atau berdua. Apalagi kalau taksi yang bersangkutan tidak mau memakai argo (seperti juga bajaj), kamu harus pandai-pandai tawar-menawar.

Apabila kamu memakai transportasi umum seperti bus atau kereta, kamu akan mendapatkan harga pasti dan juga lebih murah. Atau bisa jadi malah kamu ingin berjalan kaki. Selain bisa lebih menikmati pemandangan sekitar.

 

9. Menginap

Selain tiket, penginapan biasanya merupakan komponen terbesar dalam biaya Traveling kamu. Untuk itu, kamu bisa memilih penginapan yang tepat sesuai kebutuhan kamu. Jika kamu lebih ketat pada faktor kenyamanan, hotel bisa menjadi pilihan. Namun bila kamu lebih ketat pada faktor budget, maka bisa mencari hostel atau mencari teman yang mau menampung seperti di couchsurfing.com.

 

10. Oleh-oleh

Oleh-oleh ini bisa dikatakan “wajib” hukumnya ketika kamu Traveling. Oleh-oleh ini bisa merupakan kenang-kenangan sekaligus bukti kalau kamu sudah ke luar negeri. Lebih baik lagi kalau bisa membelikan oleh-oleh bagi teman-teman di tanah air.

Untuk membeli oleh-oleh, biasanya di setiap kota ada tempat mencari souvenir baik yang kelas atas, menengah maupun bawah. Untuk itu, kamu bisa memilih souvenir apa yang akan kamu bawa pulang ke tanah air, sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

11. Komunikasi

Komunikasi
Komunikasi via www.beritau.net

Yang terakhir, jangan lupa alat komunikasi. Kamu bisa mengaktifkan fasilitas roaming dari kartu operator kamu, namun bisa dihemat dengan membeli kartu perdana di negara yang bersangkutan. Sebagai catatan apabila kamu membeli kartu operator seluler di negara bersangkutan, perhatikanlah aturan-aturan penggunaan kartu operator seluler di negara tersebut.

Untuk kendala bahasa, google translate bisa menjadi solusi kamu. Tinggal rekam apa yang ingin kamu katakan, dengan google translate bisa langsung menterjemahkan ke dalam berbagai bahasa yang kamu pilih. Beruntung kalau ada wifi gratis, kamu bisa internetan sepuasnya sambil mengupload foto-foto kamu di luar negeri. Ditambah lagi sambil senyum-senyum membalas komentar dari teman-teman yang ada di jaringan media sosial kamu. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *