Simak 10 Tips Penting Ini Buat Kamu Yang Mau Traveling Ke Luar Negeri!

headline-image-017

Traveling saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian orang. Terlebih lagi untuk para remaja yang notabene punya banyak waktu longgar walaupun kantong pas-pasan sehingga “murah dan nyaman” merupakan aspek utama yang harus dipegang.

Bergabung dengan agen perjalanan adalah hal yang buang uang selain harganya mahal, waktunya juga akan terbatas. Tapi keuntungannya adalah kamu tak perlu repot-repot menyusun jadwal perjalanan, tak perlu repot cari tiket, penginapan dan lainnya. Pokokknya dijamin mulus tapi gak enak deh.

Berbeda halnya apabila kamu menyusun jadwal perjalanan atau yang sering di sebut itinerary sendiri. Itinerary dibuat untuk mempermudah perjalanan. Walaupun banyak rintangan menghadang seperti beli tiket, booking hotel tapi traveling ini dijamin akan berkesan. Terkadang banyak traveler yang failed karena itinerary yang dibuat tak lengkap dan matang.

Kegagalan itu akan membuat waktu perjalanan kamu semakin singkat dan pada akhirnya ada beberapa tempat wisata yang kamu targetkan tak terpenuhi. Jadi membuat itinerary adalah hal wajib baik perjalanan pendek atau panjang agar traveling kamu berjalan mulus. Inilah 10 tips penting traveling buat kamu. Yuk, simak!.

 

1. Tentukan Travelmate

Tentukan Travelmate
Tentukan Travelmate via blogspot.com

Jika kamu menghendaki untuk berpergian tak seorang diri tentukan travelmate kamu. Ingat travelmate beda dengan soulmate ya! Bahkan kadang pacar sendiri bukanlah travelmate yang oke bagi kamu. Travelmate merupakan orang yang sejalan pikirannya dengan kamu saat melaksanakan traveling. Seperti yang penting tidur gak selalu di hotel, irit, sama-sama suka jalan kaki jauh, gak rempong, gak gampang ngeluh dan lainnya.

Kalau udah cocok gini kaya nginep di penginapan paling murah pun oke saja bahkan jalan kaki puluhan kilo pun tak akan jadi masalah. Kesamaan ini akan membuat perjalanan kamu lebih mudah. Satu lagi yang sangat penting, usahakan kamu tau latar belakang, tau seluk beluk keluarga yang jadi travelmate kamu, jadi kalo ada apa-apa lebih enak.

 

2. Budget

Budget
Budget via www.osbm.nc.gov

Setelah menemukan travelmate, tentukan budget. Cobalah terbuka berapa budget yang kamu miliki agar nantinya kamu tau gimana tindakan yang harus kamu ambil. Tempat mana yang mau kamu tuju dan alat transportasi apa yang akan dipilih.

Uang adalah sesuatu yang sangat sensitif jadi jangan memaksakan diri apalagi memaksa partner kamu. Cobalah untuk transparan biar sama-sama tak ada beban dan semua berjalan sesuai dengan keinginan bersama.

 

3. Tiket Perjalanan

Tiket Perjalanan
Tiket Perjalanan via travelkebumen.com

Setalah travelmate dan budget hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mencari tiket. Tiket adalah kunci utama kamu untuk menuju tempat tujuan. Carilah tiket murah, jika kamu berencana menggunakan pesawat, kamu bisa cek menggunakan web pembanding harga seperti skycanner. Apabila tiket yang kamu dapat harganya murah. Sudah dipastikan bahwa budget kamu bisa ditekan.

Apabila kamu ingin berpindah tempat semisal dari Kualalumpur ke Bangkok, bandingkan harga bus dengan harga tiket pesawat. Tak selamanya harga tiket pesawat akan lebih murah daripada harga tiket bus atau kereta.

 

4. Cari Informasi Tempat Wisata

Cari Informasi
Cari Informasi via bisnis.com

Kini saatnya untuk hunting tempat wisata yang recommend. Sayang banget kan udah sampai tempat tujuan tapi bingung mau kemana aja. Tambah sayang kalo gak sempet mengunjungi tempat-tempat yang jadi icon. Seperti Singapore dengan patung Merlion, Istanbul dengan Hagia Sophia, Hongkong dengan Disneyland dan lainnya.

Kumpulkan semua tepat yang recommend lalu seleksi satu persatu. Seleksi yang paling pertama berdasarkan budget. Seperti bila berkunjung ke Macau dan budget gak cukup untuk naik gondola, kamu tak perlu memaksakan diri buat naik. Atau apabila travelmate kamu ngotot naik biarkan dia naik, dan kamu bisa menunggu dengan berkeliling Venetian atau melakukan aktivitas lainnya.

 

5. Tempat Makan

Tempat Makan
Tempat Makan via sebandung.com

Makanan adalah hal wajib yang harus masuk setelah tempat wisata. Karena biasanya makanan khas ini gak akan kamu temui di negara kamu. Walaupun kamu temui tapi rasanya dijamin sudah beda dengan yang aslinya. Seperi kalau lagi ke Jepang jangan lupa cobain wasabi. List makanan tentunya juga harus disesuaikan sama budget. Gak lucu kan uang habis cuma buat makan terus gak bisa kemana-mana.

 

6. Penginapan

Mencari Penginapan
Mencari Penginapan via wisatajogjamurah.com

Ketika kamu ingin berlibur lebih dari satu hari, tentu kamu memerlukan tempat untuk tidur. Budget kalian menentukan juga tempat tidur kamu. Apabila budget kamu “nol”, kamu bisa memanfaatkan Bkamura atau McD setempat (beberapa Bkamura seperti di KL, Singapore, Soeta mempunyai area yang bisa buat selonjorin kaki).

Tapi apabila kamu sisihkan budget untuk penginapan, kamu tinggal mencari. Beberapa situs web menyediakan layanan untuk booking baik hotel, hostel ataupun apartemen. Jika kamu memilih untuk menginap di penginapan, carilah yang dekat dengan obyek wisata untuk menghemat pengeluaran kamu di trasportasi.

Jangan lupa untuk mengecek penginapan itu melalui beberapa review pelanggan sebelumnya. Ini catatan penting, karena terkadang informasi yang diberikan pengelola terkadang tak sama dengan senyatanya.

 

7. Transportasi

Karena jauh dari rumah, sudah dipastikan alat transportasi merupakan hal yang vital. Tempat in adalah tempat baru, how to get there adalah pertanyaan yang selalu muncul. Gimana cara ke tempat ini gimana cara ke tempat itu. Dengan ini kamu harus cari informasi berapa jarak dari kota A ke B melalui map.

Jangan lupa untuk pasang beberapa aplikasi yang ada di HP seperti Singapore MRT map train jika ingin pergi ke negara Singa ini. Hal ini akan jauh lebih memudahkan kamu mencari transportasi yang akan membawa kamu menuju tempat yang sudah ditargetkan.

 

8. Itinerary

Setelah semuanya sudah terasa lengkap, cobalah membuat jadwal perjalanan (itinerary) secara bersama-sama. Ingat, secara bersama-sama adalah ketika kamu ingin pergi dengan yang lain. Ini untuk menghindari saling menyalahkan apabila ditengah jalan kamu menemukan masalah. Masukkan segala informasi yang ada dan tambahkan beberapa informasi penting seperti nomor penting salah satunya no telfon kedutaan, polisi dan yang lainnya.

 

9. Plan B

Tak selamanya apa yang kamu rencanakan akan berjalan mulus. Jadi ada baiknya kamu buat plan B kalau perlu hingga sampai plan D. Hal ini dimaksudkan apabila plan utama (plan A) tak berjalan sesuai dengan rencana maka kamu tak perlu panik dan tak perlu mengeluarkan waktu banyak untuk mencari informasi, kamu tinggal lihat plan B, C, D atau yang lainnya.

 

10. Restu Orangtua

Minta Restu Orantua
Minta Restu Orantua via vemale.com

Banyak orang yang melewatkan hal ini padahal sejatinya restu orangtua adalah wajib dan sakral. Restu orangtua tak boleh ditinggalkan dalam setiap perjalanan. Setelah semua sudah ready mintalah restu orangtua, minta doa agar perjalanan kamu selalu dalam lindungan-NYA. Karena restu orangtua akan membuat perjalanan kamu lancar.

Selamat mengkoleksi stamp dari berbagai negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *