JJC – Jalan Jalan Ceria Yuk

Wisata Taman Nasional yang Selalu Jadi Primadona Traveler di Jawa Timur!

headline-image-kanan-071

Wisata Taman Nasional yang Selalu Jadi Primadona Traveler di Jawa Timur!

Padatnya rutinitas sehari-hari menambah minat traveler untuk berlibur. Terlebih Indonesia merupakan surganya wisata alam. Mau pantai, gunung, laut, bukit, hutan, taman, kebun, semuanya ada di sini! Ya kembali kepada traveler sih, kapan punya waktu dan budget untuk mengunjungi wisata alam yang negeri ini punya.

Kali ini akan menelisik lebih dalam wisata alam yang ada di pulau Jawa bagian timur ini. Ada apa aja sih di sana? Weits, jangan salah traveler ! Jawa Timur punya beberapa taman nasional yang bisa kamu kunjungi lho! Siapkan kamera, ransel, dan bekal boleh juga! Hihi!

 

1. Taman Nasional Baluran (TNB)

Savana bekol

Savana bekol via inicuma.blogspot.com

Hai, traveler ! Sudah lihat gambar di atas kan ya? Pasti sudah dong! Yakin itu ada di Indonesia? Bukan di Afrika? Wew! Itu asli di Indonesia! Tepatnya sih di desa Wonorejo daerah Situbondo, Jawa Timur. By the way, padang savanna indah yang satu ini bernama Taman Nasional Baluran (TNB).

Asal muasal nama Baluran diambil dari nama sebuah gunung yang ada di kawasan tersebut yaitu Gunung Baluran. Akses untuk mencapai lokasi tersebut sangat mudah dijangkau karena letaknya berada di jalan utama yang akan menuju ke Bali.

TNB punya padang savana yang luasnya 25.000 hektar. Wow! Luas banget ya! Maka dari itu, TNB memiliki koleksi satwa liar yang beragam jenisnya. Gak salah kalau Taman Nasional Baluran terkenal dengan julukan Africa Van Java.

Buat kalian ketahui, TNB ditetapkan sebagai perwakilan ekosistem hutan karena didalamnnya terdapat tipe vegetasi savanna, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa, dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.

Baluran juga mempunyai varietas 444 jenis tumbuhan, 26 jenis mamalia, dan juga 155 jenis burung. Dan di taman nasional ini, kamu bisa bertemu rusa, kerbau, banteng, monyet liar, dan burung merak berkeliaran bebas. Kurang lengkap apa lagi coba!

Dan saat kamu sampai di pintu gerbang Baluran, kamu akan langsung disambut dengan hamparan hutan musim sepanjang kurang lebih 5 Km. Hutan ini akan mengering ketika musim kemarau tiba dan rawan terjadi kebakaran. And then, dari hutan musim bergerak ke hutan evergreen sepanjang 6 km hingga 9 km dan membentuk lorong. Evergreen? Yap! Soalnya hutan ini selalu hijau sepanjang tahun.

Kalau beruntung, kalian bisa menjumpai kawanan rusa liar dan banteng sedang keluar mencari makan. Ingin lihat padang savana secara keseluruhan? Ada menara pandang setinggi 30 meter dan dari situ Taman Nasional Baluran terlihat seluruhnya. Wow! Keren!

Pantai Bama kala senja

Pantai Bama kala senja via www.travelmatekamu.com

Tidak bisa bermain air di TNB, siapa bilang? Masih di kawasan TNB dan spot selanjutnya adalah Pantai Bama. Pantai berpasir putih sepanjang 300 m dan terletak di perairan selatan Bali menghadap timur. Penikmat sunrise? Pantai Bama jadi pilihan tepat untuk menikmati sunrise.

Di Pantai Bama juga bisa melakukan aktivitas snorkeling. Waktu yang cocok untuk snorkeling adalah dari jam 06.00 – 09.00. Cukup dengan berjalan dari bibir pantai menuju ke tengah pantai sekitar 100 hingga 200 meter maka kamu sudah bisa merasakan sensasi snorkeling. Tapi buat kamu yang sedang malas snorkeling, naik boat keliling laut jadi pilihan yang tepat lho!

So, buat kamu yang ingin merasakan berpetualang di Afrika, yuk ke Taman Nasional Baluran!

 

2. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS)

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru via soneyh.files.wordpress.com

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang, Malang, Pasuruan dan Probolinggo. Buat kamu penikmat sunrise, ada beberapa view point yang dijadikan spot untuk melihat sunrise, yaitu Pananjakan 1, Sruni Point, Bukit Cinta, dan Bukit kingkong.

Biasanya traveler yang berburu sunrise sudah siap dari pukul 03.00. Jadi jangan bangun kesiangan ya kalau mau menikmati indahnya sunrise di Bromo ini! Dan tenang, di sana ada sarana kendaraan jeep, hardtop, atau motor lho untuk menuju ke titik view point.

Well, Taman Nasional ini mempunyai tipe ekosistem sub-montana dimana terdapat pohon-pohon besar yang usianya sudah mencapai ratusan tahun. Wow! Dan satwa yang dilindungi jumlahnya mencapai sekitar 22 jenis mamalia, 137 jenis burung dan 4 jenis reptilia.

Uniknya dari Taman Nasional ini adalah mempunyai lautan pasir yang luasnya mencapai 5.250 hektar. Dan ada pada ketinggian ± 2.100 m dari permukaan laut. Gak heran kalau lautan pasir ini pernah dijadikan tempat untuk shooting filmnya Dian Sastro.

 

3. Taman Nasional Meru Betiri

Teluk Hijau

Teluk Hijau via surgapikiran.blogspot.com

Next trip kali ini, Taman Nasional di Jawa Timur adalah Taman Nasional Meru Betiri. Meru Betiri diambil dari nama Gunung Meru (500 mdpl) dan Gunung Betiri (1.223 mpdl). Letak persisnya sih di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember.

Taman Nasional ini menjadi hutan lindung sejak tahun 1972. Di sini traveler bisa menemukan satwa langka dan tumbuhan langka ataupun tumbuhan yang dijadikan bahan obat-obatan.

Meru Betiri terkenal sebagai tempat penangkaran penyu terlebih penyu hijau. Karena penyu hijau sekarang sudah langka. Di samping untuk penangkaran penyu hijau juga terdapat jenis penyu lain juga lho! So, buat kamu pecinta penyu, ini tempat pas banget buat bermain-main dengan satwa lucu yang satu ini.

Dan sekedar info buat kamu nih traveler , taman nasional ini merupakan sebuah habitat terakhir bagi harimau loreng Jawa. Karena si gagah yang satu ini ternyata kini menjadi satwa langka dan dilindungi.

Di Taman Nasional Meru Betiri ada apa aja sih? Weits, jangan salah traveler ! Taman nasional ini mempunyai banyak objek wisata lho! Let’s scroll down!

 

a. Pantai Bandealit

Pantai Bandealit

Pantai Bandealit via pegipegi.com

Pantai eksotis ini ternyata recommended buat kamu penyuka surfing. Ombaknya yang teratur dan tidak terlalu besar cocok untuk para beginner surfer. Siap menantang ombak? Siapa takut!

Pantai Bandealit cukup unik lho traveler ! Di sini kamu juga bisa berjumpa dengan rusa timor dan green house of anggrek. Kalau kamu pecinta tanaman menawan yang satu ini, dijamin mata kamu pasti tak akan berkedip menikmati keindahan ragam jenis anggrek langka koleksi green house ini.

Tapi tenang traveler, kalau kamu bukan seorang surfer, di sini juga ada kano, speedboat dan bodyboard. Wah, komplit ya!

 

b. Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi

Pantai Rajegwesi via dusuntoday.blogspot.com

Pantai ini termasuk golongan pantai berpasir coklat. Tapi jangan salah! Pantai berpasir coklat bukan berarti pantainya kurang indah lho! Dan di sini cocok banget buat kamu yang ingin menikmati angin sepoi-sepoi di pinggir pantai sambil melahap ikan bakar.

 

c. Pantai Sukamade

Pantai Sukamade

Pantai Sukamade via triptrus.com

Ingin lihat ragam jenis penyu? Di sini tempatnya! Kalian nggak hanya ketemu seekor penyu di sini tapi puluhan! Wow! Secara, Pantai Sukamade ini adalah tempat penangkaran penyu-penyu yang dilindungi.

Kamu bisa melihat aktivitas ketika penyu bertelur dan pelepasan para tukik ke laut lepas. Namun, kamu harus datang saat malam hari untuk melihat para penyu menepi di pantai dan membuat lubang untuk tempat bertelur. Weits, tapi tetap bersama petugas taman nasional ya buat liat aktivitas penyu! Karena kamu dilarang membawa pulang makhluk lucu yang satu ini. Hihi!

 

4. Taman Nasional Alas Purwo

Kalau Baluran punya julukan Africa of Java, nah Taman Nasional Alas Purwo juga punya julukan Sunrise of Java. Buat kamu yang nggak suka ke tempat wisata yang sudah mainstream, tempat ini cocok banget buat kamu! B

Taman nasional ini memiliki beberapa spot menarik lho! Berikut ulasan spot-spotnya!

 

a. Savana Sadengan

Savana Sadengan

Savana Sadengan via telusurindonesia.com

Di sini kamu bisa bertemu dengan rusa, babi hutan, dan banteng. Mereka bebas berkeliaran mencari makan di sini. Ada gardu pandang berlantai 3 kalau kamu ingin melihat savana ini secara keseluruhan. Kalo kamu ingin melihat mereka berkeliaran mencari makan, datang  pada sore hari ya ! Sekitar pukul 4 sampai 5 sore kamu bisa melihat mereka bersama mencari makan.

 

b. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Pantai Plengkung via telusurindonesia.com

Apa sih nilai lebih dari Pantai Plengkung? Weits, ini surganya para peselancar lho! Pantai Plengkung atau disebut juga G-Land adalah tempat terbaik untuk berselancar di Banyuwangi. Pantai ini udah terkenal dikalangan para peselancar lokal dan internasional. Pantai Plengkung juga sering dijadikan tempat event internasional. Keren ya negeri tercinta ini!

 

c. Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi

Pantai Trianggulasi via intaninchan.files.wordpress.com

Pasir putih dan sepinya pantai menjadikan tempat ini istimewa. Cocok untuk kamu para traveler yang memang berniat mencari inspirasi tanpa ada gangguan orang di sekitar kamu.

 

d. Pantai Pancur

Pantai Pancur

Pantai Pancur via travel.detik.com

Nama pancur diambil dari aliran sungai yang mengarah ke pantai membentuk pancuran. Nah, pasir disini juga pasir putih lho! Di sini terdapat area camping ground. So, buat kamu yang ingin nge-camp, bisa banget! Oiya, berjarak 2 km dari pantai ini ada gua yang dianggap keramat, yaitu Gua Istana dan Sendang Srengenge.

 

e. Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan

Pantai Ngagelan via asliindonesia.net

Kalau di Meru Betiri ada Pantai Sukamade buat melihat penyu, nah kalau di Alas Purwo ada Pantai Ngagelan. Di sini kamu bisa melihat penyu bertelur dan anak penyu dilepaskan ke laut. Datanglah sekitar bulan Mei-September untuk bisa melihat para penyu bertelur.

 

f. Pantai Cungur

Pantai Cungur

Pantai Cungur via tnalaspurwo.org

Di pantai ini kamu bisa puas melihat berbagai jenis burung lokal berlalu lalang di pantai. Nah, kamu juga bisa melihat ratusan burung migran secara kebetulan di Pantai Cungur kalau sedang beruntung. Sekitar 39 jenis burung hidup di pantai ini. Nah, kalau kamu bisa mendapatkan momen itu, pasti istimewa deh rasanya!

 

g. Kawasan hutan Mangrove Bedul

Kawasan Hutan Mangrove Bedul

Kawasan Hutan Mangrove Bedul via asliindonesia.net

Masih di kawasan Alas Purwo dan kamu bisa menemui kawasan hutan mangrove yang menarik. Cukup menyewa perahu nelayan buat berkeliling kawasan hutan mangrove ini, kamu sudah bisa menikmati keindahan alam di sekitar kawasan ini.

 

h. Pura Luhur Giri Salaka

Pura Giri Salaka

Pura Giri Salaka via kaskus.co.id

Di Alas Purwo kamu juga bisa berwisata religi lho! Pura Giri Salaka. Yap! Di pura ini sering dilakukan ritual Pager Wesi, yaitu upacara sakral yang dilaksanakan setiap 210 hari sekali. Bertujuan untuk penyelamatan ilmu pengetahuan penolak ancaman raksasa bagi umat manusia yang diturunkan oleh para dewa.

 

Komplit banget bukan jika kamu memilih berwisata alam ke Jawa Timur? So, gak perlu ragu lagi ya traveler dalam menentukan destinasi wisata! Happy holiday, traveller!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *